Sukses

Bitcoin Bertahan di Atas Rp 343,2 Juta, Kehilangan 50 Persen Nilai Sejak Awal 2022

Bitcoin telah kehilangan lebih dari 50 persen nilainya sejak awal tahun, anjlok dengan saham.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin berhasil bertahan di atas USD 23.000 atau sekitar Rp 343,2 juta sepanjang akhir pekan. Hal ini diduga karena sebagian besar investor mulai mencerna dengan baik laporan Departemen Tenaga Kerja AS yang sangat kuat pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini diperdagangkan sekitar USD 23.300 (Rp 347,7 juta), naik sedikit selama 24 jam terakhir dan kira-kira di mana ia memulai akhir pekan. 

Bitcoin sempat turun sejenak di bawah USD 23.000 pada Jumat menyusul laporan Departemen Tenaga Kerja AS. Sejauh ini, Bitcoin telah kehilangan lebih dari 50 persen nilainya sejak awal tahun, anjlok dengan saham, karena investor khawatir tentang ancaman inflasi dan kontraksi ekonomi. 

Namun, aset digital telah menguat bersama dengan saham selama tiga minggu terakhir, di tengah tanda-tanda harapan ekonomi yang mulai sedikit membaik. 

Analis Pasar Senior Oanda America, Edward Moya mengatakan jika Bitcoin dapat bertahan di level USd 23.000, itu bisa sangat menjanjikan untuk prospek jangka menengah.

"Bitcoin telah stabil di sini dan bisa melihat momentum bullish lebih lanjut pada penembusan level USD 25.000,” ujar Moya dikutip dari CoinDesk, Senin (8/8/2022). 

Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, baru-baru ini diperdagangkan sekitar USD 1.700. Kripto besar lainnya beragam dengan Theta dan ATOM masing-masing naik lebih dari 7 persen dan 6 persen pada satu titik.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korelasi Kripto dan Saham

Korelasi Kripto dan Saham

Kripto kembali selaras dengan pasar ekuitas utama pada Jumat, yang turun mengikuti angka pekerjaan sebelum mendapatkan kembali kekuatan di sore hari untuk berakhir datar. 

Nasdaq yang berbasis teknologi turun 0,5 persen pada Jumat sementara S&P 500, yang memiliki komponen teknologi kuat, turun 0,2 persen. Namun demikian, kedua indeks menguat untuk minggu ketiga berturut-turut, tidak hanya didukung oleh tanda-tanda pertumbuhan yang lambat tetapi juga prakiraan optimis dari sejumlah merek teknologi dan jasa keuangan global.

Berita di Industri Kripto

Sementara itu, industri kripto mengalami campuran berita baik dan buruk. Pada Senin pekan lalu, eksploitasi protokol pesan lintas rantai Nomad alami peretasan senilai USD 200 juta. 

Di sisi lain, berita baik muncul dari inisiatif terbaru yang melibatkan investor institusi besar. Manajer aset Brevan Howard telah menyelesaikan peluncuran dana lindung nilai kripto terbesar yang pernah ada, dengan lebih dari USD 1 miliar aset yang dikelola.

Kemudian, BlackRock membentuk kemitraan dengan pertukaran kripto Coinbase untuk membuat kripto tersedia langsung bagi investor institusi. 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 8 Agustus 2022

Sebelumnya, mengawali pekan kedua Agustus, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Senin, 8 Agustus 2022. Beberapa kripto berhasil menguat tipis dan sisanya harus kembali melemah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi,8 Agustus 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 0,43 persen, tetapi masih melemah 0,94 persen selama sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.290 per koin atau setara Rp 348 juta (asumsi kurs Rp 14.946 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut menguat tipis pada pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 0,02 persen dan 1,04 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.717 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih melanjutkan penguatan. Dalam 24 jam terakhir BNB melesat 1,57 persen dan 13,63 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 323,66 per koin. 

Kemudian Cardano kembali menguat. Dalam satu hari terakhir ADA melesat 3,24 persen dan 1,57 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5339 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) berhasil kembali pulih dari koreksi. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 1,17 persen, tetapi masih melemah 4,09 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 41,13 per koin.

XRP turut menguat pada perdagangan pagi ini. XRP naik 0,32 persen dalam 24 jam terakhir. Namun masih melemah 2,96 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3753 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,1 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya turun sedikit ke level USD 0,9998.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir berhasil menguat dan menyentuh USD 1,1 triliun dari sebelumnya hanya di kisaran USD 1 triliun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.