Tanggapan Direktur Bank Sentral Brazil Terkait Bitcoin

Oleh Elga Nurmutia pada 07 Agu 2022, 20:24 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 20:24 WIB
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Perbesar
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Bank Sentral Brazil, Fabio Araujo telah memuji Bitcoin, dengan mengatakan Bitcoin adalah inovasi keuangan menggunakan teknologi baru. Bagi Araujo, Bitcoin adalah katalis untuk apa yang sekarang dikenal sebagai Web3. 

Dalam sebuah acara, Araujo juga berkomentar tentang status perkembangan real digital, yang menyatakan organisasinya berharap untuk menambahkan fungsi pintar ke mata uang.

Semakin banyak bank sentral di seluruh dunia yang berurusan dengan masalah kripto dan bagaimana berinovasi untuk mengikuti teknologi ini.

Direktur Bank Sentral Brazil, Fabio Araujo, memuji Bitcoin sebagai inovasi keuangan yang memunculkan gerakan Web3 dan berbicara tentang bagaimana real digital, mata uang digital bank sentral (CBDC) yang masih dalam penelitian, mungkin memiliki fitur yang dapat diprogram .

"Kami mulai mempercepat ini pada 2009, dengan peluncuran Bitcoin, dengan teknologi database terdistribusi yang memfasilitasi pembuatan Web3. Aplikasi Bitcoin menghadirkan solusi Proof of Work, yang merupakan hal mendasar untuk layanan yang diberikan Web3 kepada masyarakat,” kata Araujo dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (7/8/2022).

Araujo mengatakan, teknologi ini mendahului Ethereum, yang mencakup kontrak pintar yang menambahkan lebih banyak kemungkinan ke sistem keuangan.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Real Digital

Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay
Perbesar
Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay

Araujo juga menyentuh subjek real digital, mengisyaratkan kemungkinan ia memiliki kemampuan cerdas. Dalam serangkaian slide yang disajikan pada acara tersebut, mata uang digital bank sentral ditampilkan sebagai terkait dengan elemen Web3, seperti aset digital, token, protokol internet of things (IoT), dan pembayaran offline.

Direktur Bank Sentral  Brazil juga membuat perbedaan yang jelas antara real digital dan aset kripto lainnya seperti bitcoin. 

"Meskipun CBDC menggunakan teknologi yang mendukung kripto, CBDC bukanlah aset kripto. CBDC adalah ekspresi real dalam lingkungan di mana cryptocurrency beroperasi, dengan cara yang sama bahwa Real tidak bersaing dengan aset yang terdaftar,” ungkapnya.

Araujo menuturkan, real digital merupakan peluang untuk menghadirkan fungsi cerdas untuk menjembatani kesenjangan yang ada antara keuangan tradisional dan protokol Web3. 

Sementara itu, bank telah melakukan berbagai eksperimen yang melibatkan konsep real digital, keputusan untuk meluncurkan atau menghentikan proyek ini akan diputuskan pada 2024.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Brazil Bakal Setujui RUU Kripto Pekan Ini

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Perbesar
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Sebelumnya, Deputi di Brazil mungkin menyetujui RUU cryptocurrency pada pekan ini yang sudah diperkenalkan sejak awal tahun ini. Menurut pemimpin Pemerintah Federal, Ricardo Barros, RUU itu akan dibahas, tetapi masih belum ada laporan tentang kemungkinan pemungutan suara.

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat, 5 Agustus 2022, Brazil semakin dekat untuk mengatur aset cryptocurrency dan penyedia layanan aset virtual (VASP). Salah satunya soal tagihan kripto, yang diidentifikasi dengan nomor 4.401/2021, diatur untuk ditangani minggu ini, bersama tagihan sensitif waktu lainnya. 

Laporan itu dibuat oleh pemimpin Pemerintah Federal Deputi Brazil, Ricardo Barros, yang menyatakan RUU itu dapat dipilih pada minggu ini. 

Namun, saat ini Brasil berada dalam mode pra-pemilihan, dengan pemungutan suara presiden akan dilakukan pada 2 Oktober. Dengan demikian, kongres mungkin tidak membahas hal-hal rumit untuk menghindari mempengaruhi pemilih ke satu sisi atau lainnya. 

Namun, jika RUU cryptocurrency akhirnya dipilih dan disetujui, itu harus dikirim ke presiden Jair Bolsonaro untuk pekerjaan terakhirnya. Wakil Deputi juga akan membahas undang-undang penting lainnya minggu ini, termasuk RUU kerja jarak jauh.

Latar Belakang Regulasi Cryptocurrency di Brasil

Menurut media lokal, tagihan cryptocurrency mungkin akan dipresentasikan akhir pekan ini untuk ditinjau. Proyek ini memiliki sejarah yang agak rumit di institusi Brazil. RUU saat ini adalah hasil dari kombinasi dua proyek yang berbeda sebagai bagian dari pekerjaan para pendukungnya, yang ingin menyetujui undang-undang kripto-sentris tahun ini.


Latar Belakang

Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)
Perbesar
Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)

Proyek ini disetujui oleh Senat Brasil pada April 2022 dan berusaha untuk mengatur pertukaran mata uang kripto dengan membuat regulator tunggal untuk menangani masalah ini. 

Dengan cara yang sama, proyek tersebut melegalkan penambangan cryptocurrency, dan menetapkan aturan pembebasan pajak untuk lembaga pertambangan yang menghadirkan proyek hijau menggunakan 100 persen energi terbarukan untuk pendirian pertambangan.

Dalam wawancara sebelumnya, para deputi di balik proyek RUU cryptocurrency ini telah menyatakan salah satu motivasi terbesar di balik undang-undang tersebut adalah untuk menghukum penipuan cryptocurrency di negara tersebut. 

Untuk tujuan ini, proyek ini juga mendefinisikan jenis baru kejahatan terkait kripto dan menetapkan hukuman keras bagi individu dan perusahaan yang terlibat dalam kejahatan semacam ini.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya