Voyager Digital Bakal Pulihkan Akses ke Setoran Tunai Mulai 11 Agustus 2022

Oleh Elga Nurmutia pada 07 Agu 2022, 12:46 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 12:46 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Pemberi pinjaman Crypto Voyager Digital mengatakan pada Jumat, 5 Agustus 2022 berencana untuk memulihkan akses ke setoran tunai pada 11 Agustus 2022.

Langkah pertama perusahaan dalam mengembalikan hingga USD 270 juta atau Rp 4,02 triliun dalam mata uang fiat kepada pelanggannya. Rencana tersebut muncul setelah Voyager Digital, yang sedang melalui proses kebangkrutan, memperoleh persetujuan pengadilan Kamis untuk menghormati permintaan penarikan dolar pelanggan dari Metropolitan Commercial Bank, di mana Voyager memiliki rekening deposito. 

Dalam sebuah unggahan blog, Voyager mengatakan butuh 5 hingga 10 hari untuk memproses permintaan pengembalian.

Voyager, yang dipimpin oleh CEO Steve Ehrlich, mengajukan pada Juli untuk perlindungan kebangkrutan setelah menderita kerugian besar yang berasal dari meledaknya dana lindung nilai crypto Three Arrows Capital dan penurunan pasar crypto yang lebih luas. 

Sementara itu, pelanggannya telah meminjamkannya miliaran dolar dalam aset kripto. Token itu tetap terkunci untuk saat ini.

Dalam unggahan blog, Voyager mengatakan sedang mengejar proses restrukturisasi mandiri dalam upaya untuk memaksimalkan nilai kripto pada platform. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Regulator AS Ancam Voyager Digital, Ada Apa?

Crypto Bitcoin
Perbesar
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, regulator perbankan AS telah memerintahkan perusahaan kripto yang bangkrut, Voyager Digital untuk berhenti membuat klaim "palsu dan menyesatkan" soal dana pelanggannya dilindungi oleh pemerintah.

Dalam surat yang dikirim ke eksekutif perusahaan, regulator memerintahkan perusahaan untuk menghapus semua pernyataan menyesatkan dalam waktu dua hari kerja setelah menerima surat itu. 

Regulator menambahkan tindakan seperti itu tidak akan menghalangi agensi untuk mengambil tindakan lebih lanjut terhadap perusahaan di masa depan.  Federal Reserve dan Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) mengirim surat kepada perusahaan pada Kamis, 28 Juli 2022 menyatakan mereka percaya Voyager Digital telah menyesatkan pelanggan dengan mengklaim dana mereka dan perusahaan akan dilindungi pemerintah.

Regulator mengatakan perusahaan, yang menyatakan kebangkrutan awal bulan ini, dan eksekutifnya telah membuat berbagai pernyataan yang menunjukkan Voyager diasuransikan oleh FDIC. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kata Regulator AS

Crypto Bitcoin
Perbesar
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Pelanggan yang berinvestasi dalam platform cryptocurrency akan memiliki dana yang diasuransikan, dan FDIC akan mengasuransikan dana pelanggan, jika terjadi kegagalan Voyager.

“Pada kenyataannya, perusahaan hanya memiliki rekening deposito di Metropolitan Commercial Bank, dan pelanggan yang berinvestasi melalui platform perusahaan tidak memiliki asuransi FDIC,” kata regulator, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (29/7/2022). 

"Berdasarkan informasi yang dikumpulkan hingga saat ini, tampaknya representasi ini kemungkinan menyesatkan dan diandalkan oleh pelanggan yang menempatkan dana mereka dengan Voyager dan tidak memiliki akses langsung ke dana mereka," lanjut regulator dalam pernyataan bersama.

Voyager adalah salah satu dari beberapa perusahaan kripto yang berjuang di tengah gejolak pasar kripto yang luas. Dalam pengajuan kebangkrutan Bab 11 awal bulan ini, Voyager memperkirakan ia memiliki lebih dari 100.000 kreditur dan aset antara USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,8 triliun dan USD 10 miliar (Rp 148,5 triliun).


Regulator AS Selidiki Perusahaan Kripto Voyager Digital atas Klaim Palsu

Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Perbesar
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Sebelumnya, Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) dan pihak regulator AS sedang menyelidiki pemberi pinjaman kripto Voyager Digital atas klaim palsu mereka yang mengaku perusahaan diasuransikan oleh FDIC. 

Voyager Digital sebelumnya menjelaskan melalui hubungan strategisnya dengan Metropolitan Commercial Bank, semua USD pelanggan yang dipegang dengan Voyager diasuransikan oleh FDIC.

FDIC adalah lembaga independen yang dibentuk oleh Kongres untuk menjaga stabilitas dan kepercayaan publik terhadap sistem keuangan negara. Ini mengatur dan menjamin simpanan sejumlah bank komunitas dan lembaga keuangan lainnya.

Sementara pemberi pinjaman kripto Voyager bukan bank yang diasuransikan FDIC, ia mengklaim diasuransikan FDIC melalui mitra perbankan. Tim Voyager menulis dalam posting blog pada Desember 2019.

Akun Twitter resmi pemberi pinjaman kripto juga membuat cuitan berkali-kali, berbohong tentang asuransi FDIC perusahaan. 

“Pernahkah Anda mendengar? USD yang dipegang dengan Voyager diasuransikan oleh FDIC hingga USD 250.000 (Rp 3,7 miliar). Keamanan pelanggan kami adalah prioritas utama kami. Mulai kembangkan portofolio kripto Anda hari ini,” salah satu cuitan Voyager Digital dikutip dari Bitcoin.com, Senin (18/7/2022). 

Cakupan asuransi FDIC hanya tersedia untuk melindungi dari kegagalan Metropolitan Commercial Bank. Asuransi FDIC tidak melindungi dari kegagalan Voyager. Pada Rabu beberapa pekan lalu, Voyager mengatakan mereka telah mengajukan kebangkrutan Bab 11. 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya