Fitur NFT di Instagram Bakal Tersedia untuk 100 Negara

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 05 Agu 2022, 08:24 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 08:24 WIB
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Perbesar
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Mark Zuckerberg, Meta yang membukukan kerugian tajam di divisi Metaverse-nya pada Q2 2022, meluncurkan strategi baru ekspansi aset digitalnya pada 10 Mei 2022.

Menurut posting ruang berita Meta yang diperbarui pada Kamis, 4 Agustus 2022, salah satu strateginya adalah memulai ekspansi Non Fungible Token (NFT) di 100 negara di Afrika, Asia-Pasifik, Timur Tengah dan Amerika. Peluncuran awal strategi ini menargetkan aplikasi media sosial Instagram.

Dilansir dari Cointelegraph, Jumat (5/8/2022), Meta juga akan memulai dukungan untuk koneksi dompet dengan Coinbase Wallet dan Dapper serta kemampuan untuk memposting koleksi digital yang dicetak di blockchain Flow. 

Nantinya pengguna hanya perlu menghubungkan dompet digital mereka ke Instagram untuk memposting NFT, kata perusahaan itu dalam posting terbarunya. 

Integrasi dompet pihak ketiga dengan Rainbow, MetaMask, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan Dapper Wallet akan segera hadir. Blockchain yang didukung saat ini adalah Ethereum, Polygon, dan Flow. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk memposting atau membagikan koleksi digital di instagram.

Seiring dengan metaverse, aset digital tampaknya telah menjadi salah satu komponen inti Meta untuk ekspansi. Selama kuartal kedua 2022, pendapatan perusahaan turun 1 persen dari tahun ke tahun menjadi USD 28,8 miliar atau sekitar Rp 428,8 triliun sementara pendapatan operasionalnya turun 32 persen menjadi USD 8,36 miliar pada periode yang sama. 

CEO Mark Zuckerberg mengatakan dia tidak terpengaruh oleh kerugian USD 2,8 miliar di divisi Metaverse perusahaan, dan sebaliknya ada peluang untuk menghasilkan "ratusan miliar," atau bahkan "triliun," dolar saat sektor ini sudah matang. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Riset: Nilai Pasar NFT Bisa Bengkak hingga Rp 3.456 Triliun pada 2030

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Perbesar
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Sebelumnya, adopsi Non Fungible Token (NFT) semakin berkembang secara berkelanjutan di berbagai industri mulai dari video game, musik dan seni. 

Dilansir dari Cointelegraph, Kamis, 4 Agustus 2022 sebuah laporan riset pasar yang diterbitkan oleh Verified Market Research (VMR) memberikan prediksi tinggi untuk masa depan pasar NFT, dan memproyeksikan nilainya membengkak menjadi USD 231 miliar atau setara Rp 3.456 triliun pada 2030.

Perusahaan riset dan konsultan global menilai pasar NFT global sebesar USD 11,3 miliar pada 2021 sebagai langkah awal ke dalam ruang yang sedang berkembang. 

VMR memperkirakan sektor ini akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 33,7 persen selama delapan tahun ke depan. Pendorong utama permintaan NFT adalah proliferasinya di berbagai industri dan lapisan masyarakat, termasuk musik, film, dan olahraga. 

Laporan tersebut juga menyoroti beberapa bidang minat utama dan kasus penggunaan yang telah membantu mendorong penjualan NFT. 

Sektor Game Pendorong Utama

Sektor game telah menjadi pendorong utama adopsi, dengan laporan tersebut menyoroti Enjin sebagai salah satu perusahaan game besar pertama yang menggabungkan teknologi blockchain dengan infrastrukturnya dan meluncurkan tokennya sendiri (ENJ Coin). 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Sektor Olahraga

Ilustrasi NFT
Perbesar
Ilustrasi NFT. Dok: unsplash

Ekosistem mengubah aset dalam game menjadi NFT untuk memungkinkan pemain monetisasi aset mereka dalam game. Game play-to-earn juga memasuki pasar NFT, dengan Axie Infinity (AXS) menawarkan kepada pengguna di Filipina sumber pendapatan alternatif selama pandemi COVID-19.

Sektor Olahraga

Di sisi lain, dunia olahraga terus mencoba-coba penawaran NFT, dengan laporan VMR menyoroti kemitraan Dapper Labs dengan UFC untuk meluncurkan koleksi NFT. UFC Strike adalah konsep yang mirip dengan NBA Top Shots yang sangat populer, dengan NFT sorotan diatur untuk mendigitalkan dan memonetisasi sejarah UFC.

Sektor Bisnis

Di sektor bisnis, platform penjualan NFT, OpenSea mengintegrasikan layanan Adobe untuk memperkenalkan sejumlah fitur pada penawarannya saat solusi TI konvensional bertemu dengan platform berbasis blockchain.

Laporan VMR memiliki pandangan yang serupa dengan laporan tentang NFT yang dirilis oleh perusahaan konsultan pertumbuhan SkyQuest Technology pada Mei 2022. Perusahaan memproyeksikan tingkat pertumbuhan analog sebesar 34 persen untuk sektor ini antara 2022 hingga 2028 sambil menilai pasar sebesar USD 15,7 miliar pada 2021.


Rumania Bakal Simpan Dokumen Negara dalam Bentuk NFT

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)
Perbesar
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)

Sebelumnya, Institut Nasional untuk Penelitian dan Pengembangan Informatika (ICI) Rumania telah mengumumkan program nasional baru yang memanfaatkan teknologi blockchain. Teknologi ini akan dimanfaatkan untuk mengakses, mentransfer, dan menyimpan dokumentasi resmi warganya. 

Dijuluki 'Sistem Nasional untuk Penerbit dan Aset Rumania' (NSIDA), upaya ini memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan kemampuan dalam memperoleh dan mengelola dokumentasi penting pemerintah seperti akta kelahiran, surat izin mengemudi, dan akta tanah atau properti.

Dilansir dari nftplazas, Senin (1/8/2022), NFT akan menjadi media di mana dokumen tersebut disimpan, dengan masing-masing formulir diharapkan diberikan padanan yang tidak dapat dipertukarkan yang akan disimpan di blockchain Elrond. Blockchain Elrond dikenal sangat skalabel dan ramah lingkungan. 

Meskipun begitu, negara tetap memberlakukan dokumen fisik. Upaya ini juga akan mencakup peluncuran pasar NFT yang eksklusif dan aman di mana warga negara akan dapat memperoleh dokumen pemerintah yang diverifikasi tanpa harus melakukan tugas berat mengunjungi kantor resmi untuk mengambilnya secara langsung.

Pada masa depan, dan setelah peluncuran NSIDA (yang masih belum diberikan tanggal inisiasi), ICI akan mendalami cara menggunakan layanan Elrond lebih jauh lagi. Hal ini untuk membangun jaringan terdesentralisasi untuk sumber daya publik yang penting di negara tersebut.

Penggunaan teknologi blockchain seperti itu, yang selalu dibayangkan oleh banyak penggemar NFT. Ini adalah contoh utama bagaimana Web3 benar-benar merupakan tahap selanjutnya dalam evolusi teknologi dalam masyarakat manusia. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya