Harga Kripto Hari Ini 5 Agustus 2022: Bitcoin Cs Kembali Melemah

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 05 Agu 2022, 06:25 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 08:54 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Jumat (5/8/2022). 10 Kripto teratas kompak bertahan di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (5/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) merosot 3,16 persen dalam 24 jam terakhir dan 5,75 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 22.537 per koin atau setara Rp 335.5 juta (asumsi kurs Rp 14.889 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali melemah sejak kemarin. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 2,81 persen dan 8,42 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.591 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih melanjutkan penguatan sejak kemarin. Dalam 24 jam terakhir BNB melesat 2,58 persen dan 11,87 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 309,95 per koin. 

Kemudian Cardano kembali melemah. Dalam satu hari terakhir ADA ambles 2,33 persen dan 3,33 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4982 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih terkoreksi akibat peretasan yang terjadi beberapa waktu lalu. Sepanjang satu hari terakhir SOL turun 2,91 persen dan 11,44 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 38,36 per koin.

XRP masih melanjutkan penurunan pagi ini. XRP turun 1,55 persen dalam 24 jam terakhir dan 0,80 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3688 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini kembali melemah 0,01 persen. Namun harga keduanya masih berada di level USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) juga melemah 0,1 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir masih berada di level USD 1 triliun.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sederet Sentimen Bayangi Kripto pada Awal Agustus 2022

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Sebelumnya, pasar kripto tak henti-henti disengat berbagai sentimen negatif sejak beberapa bulan terakhir yang membuat harga kripto terkoreksi beberapa kali. Belum genap satu pekan pada Agustus 2022, pasar kripto sudah disambut dengan berbagai kejadian besar.

Mulai dari peretasan, hingga Michael Saylor yang meninggalkan jabatan CEO di perusahaan MicroStrategy. 

Perkembangan tersebut menambah tahun yang sudah berat untuk pasar kripto yang telah mengalami penurunan besar karena kekhawatiran seputar pengetatan kebijakan moneter dan kurangnya likuiditas.

Dilansir dari CNBC, Kamis (4/8/2022), berikut deretan peristiwa yang terjadi pada industri kripto sejak awal Agustus 2022. 

Skema Ponzi Kripto

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Senin (1/8/2022) mengajukan keluhan perdata yang menuntut 11 orang dalam pembuatan dan promosi skema piramida yang berfokus pada kripto yang diduga telah mengumpulkan lebih dari USD 300 juta (Rp 4,4 triliun) dari investor.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Skema Ponzi Kripto

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Skema, yang disebut Forsage, diklaim sebagai platform kontrak pintar terdesentralisasi, yang memungkinkan jutaan investor ritel untuk melakukan transaksi melalui kontrak pintar yang beroperasi di blockchain ethereum, tron dan binance. 

SEC menuduh selama lebih dari dua tahun, pengaturan berfungsi seperti skema piramida standar, di mana investor memperoleh keuntungan dengan merekrut orang lain ke dalam skema.

Startup Kripto Nomad Diretas 

Startup kripto Nomad kehilangan hampir USD 200 juta dalam eksploitasi keamanan. Nomad dikenal sebagai “jembatan”, di mana pengguna dapat mentransfer token dari satu blockchain ke blockchain lainnya. 

Peretas mengeksploitasi kelemahan keamanan yang memungkinkan pengguna memasukkan nilai apapun ke dalam sistem dan menyedot dana, bahkan jika tidak ada cukup aset yang tersedia di basis deposit Nomad.


CEO MicroStrategy Mundur

Crypto Bitcoin
Perbesar
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Mundurnya Michael Saylor dari CEO MicroStrategy

Pada Selasa, 2 Agustus 2022, MicroStrategy mengumumkan Michael Saylor meninggalkan perannya sebagai CEO untuk menjadi ketua eksekutif perusahaan. Presiden perusahaan, Phong Le, akan mengambil alih kendali dari Saylor. 

Saylor telah menjadi CEO sejak ia meluncurkan perusahaan pada 1989. MicroStrategy go public pada 1998.

Sebagai Ketua Eksekutif Saylor akan dapat lebih fokus pada strategi akuisisi bitcoin dan inisiatif advokasi bitcoin terkait, sementara Phong akan diberdayakan sebagai CEO untuk mengelola operasi perusahaan secara keseluruhan.

Peretasan Dompet Solana

Hampir 8.000 dompet digital telah terkuras lebih dari USD 5,2 juta dalam bentuk koin digital, termasuk token Solana (SOL) dan USDC, menurut perusahaan analitik blockchain Elliptic. 

Mulai Selasa malam, banyak pengguna mulai melaporkan aset yang disimpan di dompet alamat yang terhubung ke internet, termasuk Phantom, Slope, dan Trust Wallet telah dikosongkan dananya

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya