Sukses

Tesla Masih Simpan Bitcoin Rp 3,3 Triliun

Tesla juga mencatat keuntungan terealisasi sebesar USD 64 juta pada konversi bitcoin.

Liputan6.com, Jakarta - Tesla mengungkapkan mereka masih memegang Bitcoin senilai USD 222 juta atau sekitar Rp 3,3 triliun dalam nilai pasar di neraca perusahaan setelah menjual 75 persen kepemilikan Bitcoinnya. Perusahaan mencatat keuntungan terealisasi sebesar USD 64 juta pada konversi bitcoin baru-baru ini menjadi mata uang fiat.

Perusahaan menjelaskan mereka mengubah sekitar 75 persen kepemilikan bitcoinnya menjadi mata uang fiat minggu lalu. Konversi BTC menambahkan USD 936 juta uang tunai ke neraca perusahaan mobil listrik tersebut.

“Kami mencatat kerugian penurunan nilai sebesar USD 170 juta sebagai akibat dari perubahan nilai tercatat bitcoin kami dan keuntungan sebesar USD 64 juta dari konversi tertentu bitcoin menjadi mata uang fiat oleh kami," kata perusahaan, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (26/7/2022). 

Tesla awalnya membeli bitcoin senilai USD 1,5 miliar pada kuartal I 2021. Pada kuartal yang sama, perusahaan menjual BTC senilai USD 272 juta. Harga bitcoin pada saat itu berfluktuasi antara level USD 32.000 dan level USD 59.000 pada Q1 2021.

Perusahaan mobil listrik menyatakan dalam pengajuan SEC mereka menyadari keuntungan sebesar USD 128 juta dari mengubah BTC menjadi mata uang fiat pada kuartal I 2021. Selain itu, perusahaan memiliki kerugian penurunan nilai sebesar USD 23 juta dan USD 50 juta pada bitcoin pada kuartal II 2021.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aset Digital Tesla

Aset Digital Tesla Sebagian Besar Terdiri dari Bitcoin

Dalam pengajuan  dengan SEC, Tesla mengklarifikasi mereka membeli bitcoin senilai USD 1,5 miliar pada Q1 2021. Selain itu, ia menerima “jumlah yang tidak material” dari aset digital selama paruh pertama 2022.

Sementara Tesla tidak menyebutkan aset kripto lain yang dipegangnya. Perusahaan telah menerima meme cryptocurrency dogecoin (DOGE) untuk beberapa barang dagangan sejak Januari.

Berdasarkan neraca perusahaan, nilai tercatat aset digital Tesla yang dimiliki adalah USD 218 juta pada akhir kuartal kedua.

CEO Tesla, Elon Musk mengatakan selama panggilan pendapatan Q2 perusahaan minggu lalu perusahaan menjual sebagian besar BTC-nya karena kekhawatiran "tentang likuiditas keseluruhan untuk perusahaan, mengingat penutupan Covid di China”.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tesla Jual 75 Persen Kepemilikan Bitcoin

Sebelumnya, perusahaan produsen kendaraan listrik milik Elon Musk, Tesla telah menjual sekitar 75 persen kepemilikan Bitcoin pada akhir kuartal 2 2022. Hal itu disampaikan Tesla dalam pernyataan pendapatan kuartal kedua pada Rabu, 20 Juli 2022.

Perusahaan mengatakan penjualan tersebut menambahkan USD 936 juta atau sekitar Rp 14 triliun tunai ke neraca.

“Pada akhir kuartal II, kami telah mengonversi sekitar 75 persen dari pembelian Bitcoin kami menjadi mata uang fiat,” kata pihak perusahaan, dikutip dari CNBC, Kamis (21/7/2022). 

CEO Tesla, Elon Musk menjelaskan alasan perusahaan menjual banyak kepemilikan bitcoin adalah karena tidak yakin kapan penguncian Covid di China akan berkurang. 

"Jadi penting bagi kami untuk memaksimalkan posisi kas kami. Ini tidak boleh dianggap sebagai vonis pada bitcoin. Hanya saja kami khawatir tentang likuiditas perusahaan secara keseluruhan, mengingat penutupan Covid di China, dan kami belum menjual dogecoin kami," ujar Musk. 

Namun, ketika ditanya tentang potensi bitcoin sebagai lindung nilai inflasi pada panggilan pendapatan, Musk mengatakan tujuan utama Tesla adalah untuk mempercepat transisi ke energi berkelanjutan, dan menyebut bitcoin sebagai "pertunjukan untuk tontonan”.

Ini adalah kemunduran yang cepat bagi Tesla dan Elon Musk, yang merupakan pendukung kripto berat selama kenaikan tahun lalu. Musk sendiri sering membuat cuitan tentang berbagai mata uang digital.

4 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Tertekan

Harga bitcoin telah kehilangan setengah nilainya dalam empat bulan terakhir selama apa yang disebut sebagai "musim dingin kripto”. Untuk Tesla, nilai pasar wajar dari kepemilikan bitcoinnya mencapai USD 2,48 miliar pada kuartal pertama 2021 dan mengakhiri tahun ini sekitar USD 2 miliar. 

Perusahaan tidak mengatakan berapa harga yang dijual atau memberikan ukuran penurunannya, tetapi bitcoin memulai kuartal kedua mendekati USD 46.000 dan berakhir di bawah USD 19.000.

Pada Mei tahun lalu, Musk mengatakan Tesla berhenti menerima bitcoin untuk pembelian mobil karena dampak lingkungan dari penambangan kripto, tetapi dia menambahkan perusahaan “tidak akan menjual bitcoin apa pun.” 

Seminggu kemudian tahun itu, dia membuat cuitan emoji yang menunjukkan perusahaan memiliki "tangan berlian" dalam hal investasi bitcoin, dan dia memuji "master koin kami”. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.