Sukses

FBI Peringatkan Aplikasi Kripto Palsu yang Rugikan Investor Rp 641 Miliar

FBI mengidentifikasi satu kasus di mana individu yang beroperasi di bawah nama perusahaan YiBit.

Liputan6.com, Jakarta - FBI baru-baru ini mengeluarkan peringatan kepada konsumen tentang berbagai aplikasi kripto palsu yang telah menipu 244 korban sekitar USD 42,7 juta atau setara Rp 641 miliar sejak Oktober 2021. 

Hal itu disampaikan FBI dalam sebuah surat peringatan, yang diterbitkan pada Senin, 18 Juli 2022 waktu setempat.  "FBI telah mengamati penjahat cyber yang menghubungi investor AS, dengan curang mengklaim menawarkan layanan investasi cryptocurrency yang sah, dan meyakinkan investor untuk mengunduh aplikasi seluler palsu, yang telah digunakan oleh penjahat untuk menipu investor cryptocurrency,” isi surat peringatan FBI, dikutip dari CNBC, Rabu (20/7/2022). 

FBI mengidentifikasi satu kasus di mana individu yang beroperasi di bawah nama perusahaan YiBit menipu korban sebesar USD 5,5 juta, dan kasus lainnya di mana individu yang berpura-pura menjadi lembaga keuangan AS berhasil menipu investor sebesar USD 3,7 juta.

YiBit meyakinkan penggunanya untuk mengunduh aplikasi YiBit dan menyetor kripto. Setelah penyetoran ini, 17 korban menerima email yang menyatakan mereka harus membayar pajak atas investasi mereka sebelum menarik dana. Empat korban tidak bisa menarik dana.

FBI mengatakan aplikasi lain, yang disebut Supayos, atau Supay, juga menipu investor dengan meminta setoran dan kemudian membekukan dana satu pengguna setelah memberi tahu dia persyaratan saldo minimum adalah USD 900.000. 

Lebih dari 99 persen Gen Z dan 98 persen milenial menggunakan aplikasi mobile banking secara teratur, dan FBI mendorong investor dan lembaga keuangan untuk waspada terhadap permintaan yang tidak diminta untuk mengunduh aplikasi investasi.

FBI merekomendasikan untuk memverifikasi aplikasi dan perusahaan itu sah sebelum memberikan informasi keuangan pribadi apapun kepada mereka.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bank Sentral Inggris: Kripto Rentan terhadap Sentimen dan Berpotensi Runtuh

Sebelumnya, Wakil gubernur Bank sentral Inggris untuk stabilitas keuangan, Sir Jon Cunliffe, memperingatkan kripto sangat rentan terhadap sentimen dan berpotensi untuk runtuh. Dia mendesak regulator untuk “melanjutkan pekerjaan” dan segera mengatur kripto.

“Aset keuangan tanpa nilai intrinsik hanya sepadan dengan apa yang akan dibayar pembeli berikutnya. Oleh karena itu mereka secara inheren mudah berubah, sangat rentan terhadap sentimen dan cenderung runtuh,” kata Cunliffe dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (19/7/2022). 

Dia menjelaskan beberapa aset kripto murni spekulatif, tanpa dukungan, menyatakan bitcoin, misalnya, tidak memiliki apa-apa di belakangnya. Dia juga mengulangi peringatan sebelumnya jika seseorang berinvestasi dalam aset kripto, maka harus bersiap untuk kehilangan semua uang.

Bank sentral Inggris menambahkan volatilitas baru-baru ini di pasar kripto tidak menimbulkan risiko bagi sistem keuangan secara keseluruhan, karena kripto tak cukup terintegrasi dalam sistem keuangan lainnya. 

Meskipun begitu, Cunliffe menegaskan batas antara kripto dan sistem keuangan tradisional akan “semakin menjadi kabur”. 

Dia menuturkan, tanpa tindakan, risiko sistemik akan muncul, terutama jika aktivitas kripto dan hubungannya dengan bank dan pasar lain terus tumbuh. Dia menekankan regulator perlu “melanjutkan pekerjaan” dan membawa kripto ke dalam “perimeter peraturan.”

3 dari 5 halaman

Risiko Sangat Tinggi

"Pertanyaan menarik bagi regulator bukanlah apa yang akan terjadi selanjutnya dengan nilai aset kripto, tetapi apa yang perlu kita lakukan untuk memastikan inovasi prospektif dapat terjadi tanpa menimbulkan peningkatan dan potensi risiko sistemik," ujar Cunliffe.

Wakil Ketua Federal Reserve Lael Brainard juga mengatakan minggu lalu sistem keuangan kripto “rentan terhadap risiko yang sama” dengan keuangan tradisional. 

“Ketahanan keuangan masa depan akan sangat ditingkatkan jika kami memastikan batas peraturan mencakup sistem keuangan kripto dan mencerminkan prinsip risiko yang sama, pengungkapan yang sama, hasil peraturan yang sama,” kata Brainard waktu itu.

Pekan lalu, Gubernur Bank sentral Inggris, Andrew Bailey juga mengatakan kepada anggota parlemen Inggris, cryptocurrency tidak memiliki nilai intrinsik, memperingatkan aset kripto yang tidak didukung adalah “risiko sangat tinggi.”

4 dari 5 halaman

Dua Faktor Ini Diprediksi Bikin Bitcoin Turun ke Level Terendah

Sebelumnya harga bitcoin dan jajaran kripto teratas lainnya sampai saat ini masih bergejolak. Meskipun alami penurunan, banyak analis dan pelaku industri yang percaya level ini belum menjadi titik terendah yang bisa dicapai Bitcoin. 

Bitcoin telah anjlok lebih dari 70 persen dari rekor tertinggi pada November. Selama beberapa minggu terakhir, bitcoin telah diperdagangkan dalam kisaran ketat antara USD 19.000 (Rp 284,9 juta) dan USD 22.000 (Rp 299,9 juta) tanpa katalis utama untuk kenaikan dan pedagang mencoba mencari tahu di mana bagian bawahnya. 

Dalam situasi saat ini, analis dan pelaku industri percaya ada beberapa faktor yang dapat mendorong Bitcoin mencapai titik terbawahnya. Dilansir dari CNBC, Senin (18/7/2022), berikut faktor pendorong Bitcoin untuk mencapai titik terendah.

Makro Ekonomi Memburuk

Bitcoin telah dirugikan oleh situasi makroekonomi dari inflasi yang melonjak yang telah memaksa Federal Reserve AS dan bank sentral lainnya untuk menaikkan suku bunga sehingga merugikan aset berisiko seperti saham dan kripto.

Cryptocurrency telah melihat beberapa korelasi dengan pasar saham AS dan telah jatuh seiring dengan saham. Ada juga kekhawatiran resesi tetapi gambaran makroekonomi yang memburuk dapat membantu pasar kripto menemukan titik terendah.

“Saya pikir jika inflasi terkendali, ekonomi terkendali, tidak ada resesi yang benar-benar parah” maka pasar akan stabil,” kata salah satu pendiri dana lindung nilai yang berfokus pada cryptocurrency ZX Squared, CK Zheng. 

Data inflasi AS untuk Juni datang lebih panas dari perkiraan pada Rabu, memperdalam kekhawatiran Fed akan menjadi lebih agresif dalam perjuangannya untuk menjinakkan kenaikan harga. Namun, ada beberapa tanda itu bisa memuncak.

5 dari 5 halaman

Pola Perdagangan

Wakil presiden pengembangan perusahaan dan internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar menjelaskan beberapa pola perdagangan yang mungkin membantu menentukan dasar pasar. Dia mengatakan mungkin ada "lilin kapitulasi," di mana harga bitcoin bisa turun lebih jauh. 

“Jika ini terjadi, itu menunjukkan likuiditas telah ditangkap di level yang lebih rendah dan pasar sekarang siap untuk naik kembali," kata Ayyar.

Dia mencatat ini terjadi pada Maret 2020 ketika bitcoin turun lebih dari 30 persen dalam sehari sebelum terus naik selama minggu-minggu berikutnya.

Pola kedua bisa menjadi "fase akumulasi" di mana bitcoin mencapai titik terendah dan menghabiskan beberapa bulan di sana sebelum bergerak lebih tinggi.

Dalam kedua kasus, itu bisa membuat bitcoin turun lebih jauh ke antara USD 13.000 hingga USD 14.000, yang akan menjadi penurunan sekitar 30 persen dari harga cryptocurrency pada Rabu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.