Sukses

Bitcoin Sentuh Rp 340,7 Juta, Tertinggi Sejak 16 Juni 2022

Sentimen bullish dibantu oleh reli di pasar saham Eropa dan Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin berhasil melambung di atas USD 22.000 atau sekitar Rp 329,4 juta pada Senin (18/7/2022), mencapai level tertinggi dalam lebih dari sebulan. Investor saat ini berharap guncangan di pasar kripto selama beberapa minggu terakhir segera berakhir. 

Cryptocurrency terbesar di dunia berakhir pada hari Senin di USD 21.610 naik 2,76 persen, menurut CoinMetrics. Bitcoin mencapai level tertinggi USD 22.757 atau setara Rp 340,7 juta level tertinggi sejak 16 Juni. 

Sentimen bullish dibantu oleh reli di pasar saham Eropa dan Asia. Saham berjangka AS juga lebih tinggi. Kripto, khususnya bitcoin, telah berkorelasi erat dengan perdagangan pasar ekuitas. Seringkali, kenaikan saham juga akan mengangkat sentimen di pasar kripto.

Namun, investor juga masih mengamati apakah pembantaian selama beberapa minggu terakhir, yang telah membuat bitcoin turun mendekati 70 persen dari level tertinggi sepanjang masa dan miliaran dolar dihapus dari pasar, mungkin sudah berakhir.

Analis riset di CryptoCompare, David Moreno mengatakan, meskipun reli, pasar kripto masih menderita. Baik bitcoin dan Ether turun lebih dari 50 persen tahun ini. Bitcoin mengalami kuartal terburuk dalam lebih dari satu dekade di kuartal kedua.

“Mengingat kinerja yang sangat negatif di Kuartal 2, tidak mengherankan bahwa pemantulan 'pembebasan' telah terjadi. Kami percaya pasar akan terus terikat pada kisaran selama beberapa bulan mendatang,” kata Moreno dikutip dari CNBC, Selasa (19/7/2022).

Jatuhnya harga telah membawa kejatuhan beberapa perusahaan terkenal di industri kripto, terutama hedge fund Three Arrows Capital dan pemberi pinjaman kripto Celsius, yang keduanya telah mengajukan kebangkrutan.

Keruntuhan ini telah menyebabkan penularan di seluruh industri dan melihat perusahaan terkait lainnya berada di bawah tekanan. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua Faktor Ini Diprediksi Bikin Bitcoin Turun ke Level Terendah

Sebelumnya harga bitcoin dan jajaran kripto teratas lainnya sampai saat ini masih bergejolak. Meskipun alami penurunan, banyak analis dan pelaku industri yang percaya level ini belum menjadi titik terendah yang bisa dicapai Bitcoin. 

Bitcoin telah anjlok lebih dari 70 persen dari rekor tertinggi pada November. Selama beberapa minggu terakhir, bitcoin telah diperdagangkan dalam kisaran ketat antara USD 19.000 (Rp 284,9 juta) dan USD 22.000 (Rp 299,9 juta) tanpa katalis utama untuk kenaikan dan pedagang mencoba mencari tahu di mana bagian bawahnya. 

Dalam situasi saat ini, analis dan pelaku industri percaya ada beberapa faktor yang dapat mendorong Bitcoin mencapai titik terbawahnya. Dilansir dari CNBC, Senin (18/7/2022), berikut faktor pendorong Bitcoin untuk mencapai titik terendah.

 

3 dari 4 halaman

Makro Ekonomi Memburuk

Bitcoin telah dirugikan oleh situasi makroekonomi dari inflasi yang melonjak yang telah memaksa Federal Reserve AS dan bank sentral lainnya untuk menaikkan suku bunga sehingga merugikan aset berisiko seperti saham dan kripto.

Cryptocurrency telah melihat beberapa korelasi dengan pasar saham AS dan telah jatuh seiring dengan saham. Ada juga kekhawatiran resesi tetapi gambaran makroekonomi yang memburuk dapat membantu pasar kripto menemukan titik terendah.

“Saya pikir jika inflasi terkendali, ekonomi terkendali, tidak ada resesi yang benar-benar parah” maka pasar akan stabil,” kata salah satu pendiri dana lindung nilai yang berfokus pada cryptocurrency ZX Squared, CK Zheng. 

Data inflasi AS untuk Juni datang lebih panas dari perkiraan pada Rabu, memperdalam kekhawatiran Fed akan menjadi lebih agresif dalam perjuangannya untuk menjinakkan kenaikan harga. Namun, ada beberapa tanda itu bisa memuncak.

4 dari 4 halaman

Pola Perdagangan

Wakil presiden pengembangan perusahaan dan internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar menjelaskan beberapa pola perdagangan yang mungkin membantu menentukan dasar pasar. Dia mengatakan mungkin ada "lilin kapitulasi," di mana harga bitcoin bisa turun lebih jauh. 

“Jika ini terjadi, itu menunjukkan likuiditas telah ditangkap di level yang lebih rendah dan pasar sekarang siap untuk naik kembali," kata Ayyar.

Dia mencatat ini terjadi pada Maret 2020 ketika bitcoin turun lebih dari 30 persen dalam sehari sebelum terus naik selama minggu-minggu berikutnya.

Pola kedua bisa menjadi "fase akumulasi" di mana bitcoin mencapai titik terendah dan menghabiskan beberapa bulan di sana sebelum bergerak lebih tinggi.

Dalam kedua kasus, itu bisa membuat bitcoin turun lebih jauh ke antara USD 13.000 hingga USD 14.000, yang akan menjadi penurunan sekitar 30 persen dari harga cryptocurrency pada Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.