Sukses

Kapitalisasi Pasar Kripto Kembali Naik, Sentuh Rp 15.033 Triliun dalam Lima Minggu

Bukan langkah yang mudah untuk kripto bisa kembali menyentuh market cap USD 1 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya dalam lima minggu, total kapitalisasi pasar untuk aset kripto kembali naik di atas USD 1 triliun atau sekitar Rp 15.033 triliun pada Selasa (19/7/2022).

Kenaikan kapitalisasi pasar kripto ini terjadi di tengah proses kebangkrutan pemain utama industri dan ekspektasi investor dalam proses penggabungan Ethereum yang telah lama ditunggu-tunggu. 

Bukan langkah yang mudah untuk kripto bisa kembali mendapatkan tonggak kapitalisasi pasar di angka USD 1 triliun jika dilihat dengan banyaknya sentimen negatif terjadi pada pasar kripto. 

Bitcoin berpindah tangan di atas USD 22.000 untuk sebagian besar Senin malam, dengan pergerakannya selama seminggu terakhir mendekati 10 persen. Cryptocurrency terbesar di dunia itu turun hampir 60 persen dari di atas USD 42.000 pada akhir April ke level terendah USD 17.744 pada 18 Juni.

Meskipun begitu, Bitcoin Fear and Greed Index, indikator yang digunakan pedagang kripto untuk menilai sentimen pasar di sekitar koin terbesar kripto telah meningkat tiga kali lipat sejak 18 Juni, ketika mencatat level terendah yang terlihat dalam empat tahun terakhir. Saat ini, indeks tersebut masih berada dalam kisarant ketakutan ekstrem 

Sementara itu, sentimen positif untuk kripto untuk paruh kedua tahun 2022 mungkin bergantung pada keberhasilan transisi Ethereum ke proof-of-stake menurut kepala investasi untuk manajer aset kripto BitWise, Matthew Hougan. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Kasus di Industri Kripto

Ethereum diperdagangkan pada USD 1.481 per koin dan terlihat naik 30 persen selama minggu lalu, sebagian besar berkat tumbuhnya optimisme untuk transisi perangkat lunak yang telah lama ditunggu-tunggu.

"Ethereum akan menjadi aset institusional pilihan pada paruh kedua tahun ini dan akan dijual," kata Hougan dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (19/7/2022). 

Berbagai Kasus di Industri Kripto

Seiring dengan peningkatan harga 7 hari, sejumlah perusahaan kripto masih menghadapi masalah solvabilitas yang pertama kali dimulai pada akhir Mei setelah runtuhnya stablecoin algoritmik, Terra USD.

Dalam waktu dekat, investor akan mengamati dengan cermat perkembangan di sekitar tiga kebangkrutan kripto utama yaitu Three Arrows Capital, Voyager Digital, dan Celsius Network.

Sementara ini, keberadaan pendiri Three Arrows Kyle Davies dan Su Zhu tetap tidak diketahui, dan Three Arrows berutang sejumlah besar uang kepada kedua perusahaan tersebut, USD 650 juta kepada Voyager dan USD 40 juta kepada Celsius menurut dokumen pengadilan.

Kemampuan setiap pemberi pinjaman untuk membayar kembali pelanggan akan memiliki dampak signifikan dalam membentuk prospek jangka pendek apakah investor Amerika akan dapat mempercayai perusahaan kripto dengan dana mereka atau tidak.

3 dari 4 halaman

Dua Faktor Ini Diprediksi Bikin Bitcoin Turun ke Level Terendah

Sebelumnya harga bitcoin dan jajaran kripto teratas lainnya sampai saat ini masih bergejolak. Meskipun alami penurunan, banyak analis dan pelaku industri yang percaya level ini belum menjadi titik terendah yang bisa dicapai Bitcoin. 

Bitcoin telah anjlok lebih dari 70 persen dari rekor tertinggi pada November. Selama beberapa minggu terakhir, bitcoin telah diperdagangkan dalam kisaran ketat antara USD 19.000 (Rp 284,9 juta) dan USD 22.000 (Rp 299,9 juta) tanpa katalis utama untuk kenaikan dan pedagang mencoba mencari tahu di mana bagian bawahnya. 

Dalam situasi saat ini, analis dan pelaku industri percaya ada beberapa faktor yang dapat mendorong Bitcoin mencapai titik terbawahnya. Dilansir dari CNBC, Senin (18/7/2022), berikut faktor pendorong Bitcoin untuk mencapai titik terendah.

Makroekonomi Memburuk

Bitcoin telah dirugikan oleh situasi makroekonomi dari inflasi yang melonjak yang telah memaksa Federal Reserve AS dan bank sentral lainnya untuk menaikkan suku bunga sehingga merugikan aset berisiko seperti saham dan kripto.

Cryptocurrency telah melihat beberapa korelasi dengan pasar saham AS dan telah jatuh seiring dengan saham. Ada juga kekhawatiran resesi tetapi gambaran makroekonomi yang memburuk dapat membantu pasar kripto menemukan titik terendah.

“Saya pikir jika inflasi terkendali, ekonomi terkendali, tidak ada resesi yang benar-benar parah” maka pasar akan stabil,” kata salah satu pendiri dana lindung nilai yang berfokus pada cryptocurrency ZX Squared, CK Zheng. 

Data inflasi AS untuk Juni datang lebih panas dari perkiraan pada Rabu, memperdalam kekhawatiran Fed akan menjadi lebih agresif dalam perjuangannya untuk menjinakkan kenaikan harga. Namun, ada beberapa tanda itu bisa memuncak.

4 dari 4 halaman

Pola Perdagangan

Wakil presiden pengembangan perusahaan dan internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar menjelaskan beberapa pola perdagangan yang mungkin membantu menentukan dasar pasar. Dia mengatakan mungkin ada "lilin kapitulasi," di mana harga bitcoin bisa turun lebih jauh. 

“Jika ini terjadi, itu menunjukkan likuiditas telah ditangkap di level yang lebih rendah dan pasar sekarang siap untuk naik kembali," kata Ayyar.

Dia mencatat ini terjadi pada Maret 2020 ketika bitcoin turun lebih dari 30 persen dalam sehari sebelum terus naik selama minggu-minggu berikutnya.

Pola kedua bisa menjadi "fase akumulasi" di mana bitcoin mencapai titik terendah dan menghabiskan beberapa bulan di sana sebelum bergerak lebih tinggi.

Dalam kedua kasus, itu bisa membuat bitcoin turun lebih jauh ke antara USD 13.000 hingga USD 14.000, yang akan menjadi penurunan sekitar 30 persen dari harga cryptocurrency pada Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.