Sukses

Harga Kripto Hari Ini Sabtu 16 Juli 2022: Ethereum Pimpin Penguatan

Mayoritas kripto jajaran teratas termasuk bitcoin dan ethereum melanjutkan penguatan pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya melanjutkan penguatan pada perdagangan Sabtu (16/7/2022). Mayoritas bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya menguat.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu, 16 Juli 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) naik 1,62 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan, harga bitcoin melemah 3,88 persen. Saat ini, harga bitcoin di posisi USD 20.794,58 atau sekitar Rp 311,64 juta (asumsi kurs Rp 14.987 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum berada di zona hijau. Harga ethereum (ETH) melonjak 3,81 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga ethereum menguat 0,66 persen. Saat ini, harga ethereum berada di posisi USD 1.229,13 atau sekitar Rp 18,41 juta.

Harga BNB naik tipis 0,96 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga BNB melemah 1,72 persen. Kini, harga BNB berada di posisi USD 238,21.

Demikian juga harga XRP yang menguat terbatas dalam 24 jam terakhir. Harga XRP naik 0,09 persen. Akan tetapi, harga XRP merosot 2,15 persen.  Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,334.

Harga Cardano (ADA) naik terbatas 0,11 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga ADA anjlok 5,28 persen. Kini, harga Cardano berada di posisi USD 0,4424.

Sementara itu, harga solana (SOL) menanjak 0,64 persen selama 24 jam terakhir. Namun, dalam sepekan, harga solana susut 2,23 persen. Saat ini, harga solana berada di posisi USD 37,39.

Demikian juga harga dogecoin (DOGE) melanjutkan kenaikan. Harga DOGE naik 0,89 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga dogecoin tersungkur 9,15 persen.

Stablecoin seperti tether (USDT) menguat 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga USDT naik 0,03 persen. Harga USDT kini di posisi USD 0,9998. Demikian juga harga USD Coin (USDC) naik tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan, harga USDC melemah terbatas 0,01 persen. Saat ini, harga USDC di posisi USD 0,9999.

Sementara itu, harga binance USD (BUSD) melemah 0,14 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga BUSD turun terbatas 0,21 persen. Saat ini, harga BUSD berada di posisi USD 0,9993.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Analis Prediksi Bitcoin Menguat pada Semester II 2022

Sebelumnya, analis komoditas senior di Bloomberg, Mike McGlone prediksi harga Bitcoin akan kembali naik pada semester dua 2022. Ini menunjukkan harga BTC mungkin bersiap untuk kembali positif tahun ini.

Dibandingkan dengan jenis aset yang lebih terkenal, harga bitcoin secara signifikan lebih sulit untuk diperkirakan dan lebih sensitif terhadap kekuatan pasar karena ketidakpastian dan penurunan harga baru-baru ini. 

McGlone membagikan pendapatnya di Twitter pada 6 Juli, menunjukkan tren yang menggembirakan dalam data Bloomberg's Galaxy Crypto Index (BGCI). 

“Dengan Indeks Crypto Galaxy Bloomberg mendekati penarikan yang sama dengan bagian bawah 2018 dan diskon Bitcoin untuk rata-rata pergerakan 50 dan 100 minggu yang serupa dengan fondasi sebelumnya, risiko vs imbalan miring ke arah investor yang responsif di 2H,” jelas McGlone dikutip dari News BTC, Rabu (13/7/2022). 

BGCI adalah tolak ukur, melacak cryptocurrency signifikan yang diperdagangkan dalam dolar. Menurut pendapat McGlone, bagian bawah pasar bearish pada 2018 diikuti oleh pemulihan yang signifikan di semester pertama 2019, mungkin sejajar dengan indikasi saat ini.

Sebelumnya pada 4 Juli, dalam tweet prediksi Bitcoin-nya, McGlone menyatakan peningkatan 75 bps Juni bisa menjadi yang terakhir jika ekuitas terus menurun pada tingkat yang sama seperti yang terjadi pada paruh pertama tahun ini.

Kemudian dalam tweet 6 Juli, dia menegaskan mengingat harga rendah saat ini dimulai pada paruh kedua tahun ini, Bitcoin mungkin mengalami salah satu pasar bull terbesarnya.

 

3 dari 5 halaman

Prediksi Analis Lain pada Bitcoin

Beberapa kritikus kripto mengantisipasi Bitcoin akan jatuh di bawah USD 10.000 atau sekitar Rp 149,8 juta pada 2022. Namun, posisi yang lebih cocok adalah percaya cryptocurrency masih dapat naik menjadi USD 100.000, seperti yang diprediksi oleh banyak ahli pada akhir tahun lalu.

Misalnya, profesor keuangan, Carol Alexander dari Sussex University memperkirakan BTC akan jatuh ke level terendah USD 10.000 pada 2022, menghapus sebagian besar keuntungannya selama 15 bulan sebelumnya.

Sampai saat ini tidak ada konsensus yang jelas dalam hal prediksi kripto. Beberapa analis pasar percaya BTC akan mencapai harga USD 100.000 pada akhir 2023, sementara yang lain mengatakan itu hanya akan memakan waktu hingga kuartal pertama = 2022. 

Namun, prediktor lain mengatakan paling banyak pada 2022, BTC tidak akan naik lebih tinggi dari USD 70.000.

4 dari 5 halaman

Ekspansi Bitbase

Sebelumnya, Bitbase, pertukaran mata uang kripto Spanyol dan operator ATM kripto, telah mengumumkan ekspansinya ke Latam dengan pendirian toko di Paraguay.

Perusahaan yang sebelumnya membuka toko di Portugal itu kini membawa operasinya ke beberapa lokasi di Paraguay, dengan membidik Venezuela sebagai tujuan selanjutnya untuk rencana ekspansinya.

Sementara pasar bearish atau menurun saat ini telah mempengaruhi beberapa perusahaan cryptocurrency secara negatif, yang lain berkembang ke garis lintang baru, mencari untuk memanfaatkan popularitas kripto. 

Dilansir dari Bitcoin.com, ditulis Sabtu (16/7/2022), Bitbase, pertukaran mata uang kripto yang menawarkan dukungan di toko fisik, telah mengumumkan pendirian toko pertamanya di luar Eropa. Perusahaan baru-baru ini membuka toko baru di Paraguay, di mana akan memberikan dukungan kepada pelanggan yang ingin masuk ke dunia kripto.

Toko ini juga akan memiliki ATM cryptocurrency sendiri, yang akan memungkinkan pelanggan untuk membeli atau menjual bitcoin dan cryptocurrency lainnya dengan imbalan mata uang fiat Paraguay. 

Menurut Bitbase, ini akan menjadi toko pertama dari jenisnya di negara ini dan akan diikuti oleh lebih banyak toko yang dibuka di kota-kota lain di Paraguay. Bitbase juga mengelola sejumlah besar ATM kripto di beberapa lokasi di Eropa, menjalankan 6 persen dari total di benua itu.

 

5 dari 5 halaman

Rencana Ekspansi

Namun, rencana ekspansi untuk pertukaran berjalan lebih jauh. Berdasarkan laporan dari perusahaan, negara berikutnya pada peta jalan pertumbuhan adalah Venezuela, di mana Bitbase bertujuan membangun lokasi yang mirip dengan yang baru saja dibuka di Paraguay. Pertukaran membuka lokasi pertamanya di luar Spanyol pada Januari, menandai awal terjun ke ekspansi internasional.

Perusahaan melaporkan minatnya untuk membawa bisnisnya ke Venezuela pada Februari. Pada saat itu, diumumkan bahwa perwakilan Bitbase sedang dalam pembicaraan dengan orang-orang di pemerintah Venezuela untuk membawa ATM cryptocurrency ke negara tersebut, karena kerangka hukum cryptocurrency yang jelas yang ditawarkan Venezuela. Namun, hasil pertemuan tersebut belum diumumkan.

Sementara Venezuela memiliki komunitas kripto yang berkembang, dengan PBB baru-baru ini mengakuinya sebagai negara dengan adopsi tertinggi ketiga, ATM kriptocurrency belum populer. 

Kemudian, Bitbase percaya pendekatannya yang aneh terhadap kripto, menawarkan toko fisik dengan dukungan, dapat membantu membawa pelanggan ke ekosistem kripto yang tidak akan terpikat dalam keadaan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.