Sukses

Bank Sentral Rusia Sebut Stablecoin Tak Cocok untuk Pembayaran

Berbeda dengan Kementerian Keuangan, Bank Sentral Rusia (CBR) percaya stablecoin tidak dimaksudkan untuk penyelesaian, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Sentral Rusia telah berbicara menentang stablecoin, yang disebut sangat berisiko dan tidak cocok untuk pembayaran. Otoritas moneter bereaksi terhadap pernyataan pejabat tinggi kementerian keuangan yang menyarankan bahwa departemennya akan mendukung pengembangan stablecoin Rusia.

Dilansir dari Bitcoin.com, tidak seperti Kementerian Keuangan, Bank Sentral Rusia (CBR) percaya stablecoin tidak dimaksudkan untuk penyelesaian, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Otoritas moneter mengatakan, penerbitan dan penggunaan stablecoin pribadi dikaitkan dengan risiko tinggi karena aset dasar bukan milik pemegangnya. 

"Oleh karena itu, penebusan pada harga nominal aset dalam agunan tidak dijamin, dan harga stablecoin sebenarnya tidak stabil,” katanya dalam crypto news outlet Bits.media , dikutip dari  Bitcoin.com, Kamis (14/7/2022).

Sementara itu, komentar regulator pada pernyataan baru-baru ini oleh kepala Departemen Kebijakan Keuangan kementerian keuangan Ivan Chebeskov, yang bersumpah mendukung Minfin untuk pengembangan stablecoin di Rusia. Perwakilan berpangkat tinggi itu menekankan bahwa kementerian mengambil sisi bisnis Rusia, dalam hal mengatur mata uang digital.

"Jika ada kebutuhan bagi perusahaan dan investor untuk membayar atau berinvestasi dengan cara baru, jika mereka membutuhkan alat seperti itu karena mengurangi biaya, bekerja lebih baik dari instrumen sebelumnya, dan jika risiko yang terkait dengannya dapat dibatasi, maka kami akan melakukannya. selalu mendukung inisiatif seperti itu,” kata Chebeskov di forum Pekan Kreatif Rusia.

Selama “Dampak Web3 – Era Baru Kepercayaan Internet?” diskusi panel, pendiri Voronkov Ventures, Andrey Voronkov, mencatat saat ini tidak ada stablecoin yang dipatok rubel Rusia berbasis blockchain.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kurangi Tekanan

Dia menuturkan, mereka harus diciptakan karena keberadaan stablecoin yang terkait dengan dolar memperkuat mata uang fiat AS. Chebeskov memilih untuk tidak memprediksi kapan stablecoin yang dipatok ke rubel bisa dikeluarkan.

Pada Juni, para ahli dari lembaga pengembangan ekonomi nasional VEB.RF mengatakan pencetakan stablecoin yang didukung emas untuk penyelesaian internasional akan membantu mengurangi tekanan dari sanksi Barat. 

Saran mereka mengikuti pernyataan sebelumnya oleh ketua Komite Duma Negara untuk Industri dan Perdagangan Vladimir Gutenev mengatakan, kepada RIA Novosti pada Januari, Rusia dapat mengizinkan penggunaan stablecoin yang didukung emas.

Sementara itu, Bank Rusia secara aktif mengembangkan versi digital mata uang fiat nasional. Wakil Gubernur Pertama Olga Skorobogatova telah dikutip mengatakan bahwa CBR siap untuk uji coba komprehensif dari rubel digital, baik di dalam negeri maupun dalam transaksi perdagangan luar negeri. 

Kemudian, di tengah perluasan pembatasan keuangan, yang diberlakukan atas intervensi militer Moskow di Ukraina, bank sentral Rusia telah meningkatkan upaya untuk menguji dan meluncurkan CBDC-nya.

3 dari 4 halaman

Analis Prediksi Bitcoin Menguat pada Semester II 2022

Sebelumnya, analis komoditas senior di Bloomberg, Mike McGlone prediksi harga Bitcoin akan kembali naik pada semester dua 2022. Ini menunjukkan harga BTC mungkin bersiap untuk kembali positif tahun ini.

Dibandingkan dengan jenis aset yang lebih terkenal, harga bitcoin secara signifikan lebih sulit untuk diperkirakan dan lebih sensitif terhadap kekuatan pasar karena ketidakpastian dan penurunan harga baru-baru ini. 

McGlone membagikan pendapatnya di Twitter pada 6 Juli, menunjukkan tren yang menggembirakan dalam data Bloomberg's Galaxy Crypto Index (BGCI). 

“Dengan Indeks Crypto Galaxy Bloomberg mendekati penarikan yang sama dengan bagian bawah 2018 dan diskon Bitcoin untuk rata-rata pergerakan 50 dan 100 minggu yang serupa dengan fondasi sebelumnya, risiko vs imbalan miring ke arah investor yang responsif di 2H,” jelas McGlone dikutip dari News BTC, Rabu (13/7/2022). 

BGCI adalah tolak ukur, melacak cryptocurrency signifikan yang diperdagangkan dalam dolar. Menurut pendapat McGlone, bagian bawah pasar bearish pada 2018 diikuti oleh pemulihan yang signifikan di semester pertama 2019, mungkin sejajar dengan indikasi saat ini.

Sebelumnya pada 4 Juli, dalam tweet prediksi Bitcoin-nya, McGlone menyatakan peningkatan 75 bps Juni bisa menjadi yang terakhir jika ekuitas terus menurun pada tingkat yang sama seperti yang terjadi pada paruh pertama tahun ini.

Kemudian dalam tweet 6 Juli, dia menegaskan mengingat harga rendah saat ini dimulai pada paruh kedua tahun ini, Bitcoin mungkin mengalami salah satu pasar bull terbesarnya.

4 dari 4 halaman

Prediksi Analis Lain

Beberapa kritikus kripto mengantisipasi Bitcoin akan jatuh di bawah USD 10.000 atau sekitar Rp 149,8 juta pada 2022. Namun, posisi yang lebih cocok adalah percaya cryptocurrency masih dapat naik menjadi USD 100.000, seperti yang diprediksi oleh banyak ahli pada akhir tahun lalu.

Misalnya, profesor keuangan, Carol Alexander dari Sussex University memperkirakan BTC akan jatuh ke level terendah USD 10.000 pada 2022, menghapus sebagian besar keuntungannya selama 15 bulan sebelumnya.

Sampai saat ini tidak ada konsensus yang jelas dalam hal prediksi kripto. Beberapa analis pasar percaya BTC akan mencapai harga USD 100.000 pada akhir 2023, sementara yang lain mengatakan itu hanya akan memakan waktu hingga kuartal pertama tahun 2022. 

Namun, prediktor lain mengatakan paling banyak pada 2022, BTC tidak akan naik lebih tinggi dari USD 70.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.