Sukses

Pendiri Three Arrows Capital Dilaporkan Kabur

Pengacara yang mewakili kreditur mengatakan keberadaan fisik Zhu Su dan Kyle Davies tidak diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pendiri dana lindung nilai kripto yang bangkrut, Three Arrows Capital, tampaknya sedang dalam pelarian dari kreditur, menurut dokumen pengadilan yang baru-baru ini diajukan di New York.

Dilansir dari CNBC, Rabu (13/7/2022), pengacara yang mewakili kreditur mengatakan keberadaan fisik Zhu Su dan Kyle Davies, yang memulai Three Arrows Capital pada 2012, "saat ini tidak diketahui," menjelang sidang yang dijadwalkan pada Selasa waktu setempat untuk membahas langkah selanjutnya dalam proses likuidasi. 

Dokumen yang diajukan Jumat malam, juga menuduh para pendiri belum mulai bekerja sama dengan proses likuidasi "dengan cara apa pun yang berarti." Pada Senin, 11 Juli 2022, pengacara meminta pengadilan merahasiakan identitas kreditur.

Three Arrows, juga dikenal sebagai 3AC, mengelola aset sekitar USD 10 miliar atau sekitar Rp 149,8 trilin. 3AC baru-baru ini mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 15 dari kreditur AS di Distrik Selatan New York, setelah jatuhnya cryptocurrency dan runtuhnya proyek stablecoin terra USD (UST) menghapus asetnya.

Sekarang, 3AC berada di pengadilan kebangkrutan, menghadapi pemberi pinjaman yang marah yang menginginkan uang mereka kembali. Perusahaan penasihat global Teneo dipekerjakan untuk membantu mengelola likuidasi, dimulai dengan mencoba menentukan apa yang tersisa.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Permintaan Pengacara

Ketika likuidator dana tiba di kantor 3AC di Singapura pada akhir Juni dalam upaya untuk bertemu dengan para pendiri, kantor tampak kosong. 

Pengarsipan mencatat ketika pintu kantor terkunci, perwakilan dapat melihat surat yang belum dibuka yang ditujukan kepada Three Arrows, yang "tampaknya didorong ke bawah pintu atau disandarkan ke pintu." 

Tetangga di sekitar kantor mengatakan mereka terakhir melihat orang-orang di kantor 3AC pada awal Juni. Dalam pengajuan Jumat, kreditur meminta pengadilan menangguhkan hak 3AC untuk mentransfer atau membuang aset apa pun.

Pengacara juga meminta pengadilan memanggil para pendiri atau orang lain yang mungkin memiliki informasi tentang aset 3AC. Itu bisa termasuk bank, pertukaran kripto dan rekan perusahaan.

3 dari 6 halaman

Perusahaan Kripto Ini Dapat Kehilangan Rp 4 Triliun Akibat Three Arrows Capital

Sebelumnya, pertukaran cryptocurrency Blockchain.com bisa kehilangan USD 270 juta atau sekitar Rp 4 triliun atas pinjamannya untuk perusahaan kripto Three Arrows Capital (3AC). Hal itu dikatakan oleh sumber yang mengetahui masalah tersebut pada Jumat waktu setempat. 

Perkembangan terjadi beberapa hari setelah 3AC mengajukan kebangkrutan Bab 15, dan mencari perlindungan dari kreditur di Amerika Serikat setelah menjadi perusahaan paling terdampak atas penurunan harga kripto baru-baru ini. 

"Three Arrows dengan cepat menjadi bangkrut dan dampak defaultnya adalah sekitar USD 270 juta cryptocurrency dan pinjaman dolar AS dari Blockchain.com,” kata Chief Executive Officer Blockchain.com, Peter Smith dalam sebuah surat kepada pemegang saham, menurut juru bicara perusahaan dikutip dari CoinDesk, Selasa (12/7/2022). 

Awal pekan ini, pertukaran aset digital, Genesis Trading juga mengatakan telah terkena dampak dari 3AC, tetapi telah mengurangi kerugiannya setelah hedge fund gagal memenuhi margin call.

Kenaikan suku bunga agresif oleh Federal Reserve AS dan kekhawatiran resesi telah menyebabkan gejolak dalam ekuitas dan memicu aksi jual dalam mata uang kripto. 

Musim dingin kripto telah melanda beberapa perusahaan di sektor ini termasuk platform pinjaman Celsius Network dan Voyager Digital. 

4 dari 6 halaman

Perusahaan Kripto Three Arrows Capital Ajukan Kebangkrutan

Sebelumnya, perusahaan dana lindung nilai kripto Three Arrows Capital (3AC) mencari perlindungan dari kreditur di Amerika Serikat di bawah Bab 15 dari Kode Kepailitan di AS. yang memungkinkan debitur asing untuk melindungi aset AS, menurut pengajuan pengadilan pada Jumat, 1 Juli 2022.

Dilansir dari CNBC, Senin (4/7/2022), perusahaan non AS menggunakan Bab 15 untuk memblokir kreditur yang ingin mengajukan tuntutan hukum atau mengikat aset di Amerika Serikat. 

Tujuan utama dari kebangkrutan Bab 15 adalah untuk mempromosikan kerja sama antara pengadilan AS, perwakilan mereka yang ditunjuk, dan pengadilan asing dan untuk membuat proses hukum kebangkrutan internasional lebih dapat diprediksi dan adil bagi debitur dan kreditor.

3AC yang berbasis di Singapura adalah salah satu korban terbesar dari apa yang disebut "crypto winter". Informasi terakhir mengenai perusahaan ini yaitu telah memasuki fase likuidasi. 

Perwakilan untuk 3AC mengajukan petisi di Pengadilan Kepailitan AS untuk Distrik Selatan New York pada Jumat, menurut dokumen pengadilan. Sebelumnya, pada Kamis, regulator keuangan Singapura menuduh 3AC melebihi ambang batas asetnya dan memberikan informasi palsu.

3AC, yang didirikan bersama oleh Zhu Su dan Kyle Davies, adalah salah satu dana lindung nilai kripto yang paling menonjol (yang berfokus pada investasi dalam aset digital seperti mata uang kripto) dan dikenal dengan taruhannya yang sangat leverage. Zhu memiliki pandangan yang sangat bullish tentang bitcoin.

Namun, penurunan harga mata uang digital, yang telah menyebabkan miliaran dolar terhapus dari pasar dalam beberapa pekan terakhir, telah merugikan 3AC dan mengekspos krisis likuiditas di perusahaan.

 

5 dari 6 halaman

Perusahaan Dana Lindung Nilai Kripto Three Arrows Capital Terancam Jual Aset

Sebelumnya, perusahaan dana lindung nilai cryptocurrency Three Arrows Capital Ltd sedang menjajaki berbagai opsi atas dampak penurunan pasar kripto saat ini. Berbagai opsi, termasuk penjualan aset dan bailout oleh perusahaan lain. 

Pasar kripto telah mengalami kerugian besar, dengan perusahaan seperti Coinbase, Gemini, Blockfi dan Crypto.com memberhentikan ribuan karyawan, karena investor menjual aset berisiko di lingkungan suku bunga yang meningkat.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (18/6/2022), Three Arrows Capital gagal memenuhi panggilan margin akhir pekan lalu. Hedge fund berusia 10 tahun, yang didirikan oleh Su Zhu dan Kyle Davies, telah mempekerjakan penasihat hukum dan keuangan untuk membantu mencari solusi bagi investor dan pemberi pinjaman.

Pasar Cryptocurrency diguncang bulan lalu oleh keruntuhan spektakuler terra USD dan saudaranya token luna setelah stablecoin kehilangan pasaknya terhadap dolar.

"Situasi Terra-Luna membuat kami sangat lengah," menurut laporan Wall Street Journal, menambahkan Three Arrows menginvestasikan sekitar USD 200 juta atau setara Rp 2,9 triliun di Luna.

Keruntuhan pasar kripto secara beruntun ini memang sangat berdampak pada hampir pelaku utama industri kripto. Pada Jumat, Kepala Eksekutif Perdagangan Genesis Michael Moro mentweet broker utama aset digitalnya "mengurangi kerugian kami" dengan rekanan besar yang gagal memenuhi margin call awal minggu ini.

6 dari 6 halaman

Dampak Koreksi Kripto

Moro mengatakan, Genesis yang berbasis di New York menjual dan melindungi semua agunan likuid dari rekanan yang tidak memenuhi margin call untuk meminimalkan kerugian, dan tidak ada dana klien yang terpengaruh.

"Kami akan secara aktif mengejar pemulihan pada setiap potensi kerugian sisa melalui segala cara yang tersedia, namun potensi kerugian kami terbatas dan dapat terjaring terhadap neraca kami sendiri sebagai sebuah organisasi," kata Moro. 

Kemudian, pemberi pinjaman kripto yang berbasis di New Jersey, BlockFi, termasuk di antara beberapa kelompok yang melikuidasi setidaknya beberapa posisi Three Arrows, menurut laporan FT pada Kamis, mengutip sumber tak dikenal yang mengetahui masalah tersebut.

CEO BlockFi Zac Prince membuat cuitan pada Kamis, perusahaannya melikuidasi agunan terhadap pinjaman kepada klien besar yang tidak disebutkan namanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.