Sukses

Perusahaan dan CEO Solana Digugat Investor, Ini Penyebabnya

Gugatan tersebut menuduh para terdakwa dengan sengaja membuat pernyataan palsu atau menyesatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gugatan diajukan kepada perusahaan dan CEO Solana pada 1 Juli 2022 di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara California, mengklaim cryptocurrency solana (SOL) adalah keamanan yang tidak terdaftar. 

Penggugat utama Mark Young, seorang penduduk California dan investor SOL, menggugat atas nama dirinya sendiri dan semua investor yang membeli token solana mulai 24 Maret 2020. 

Terdakwa yang disebutkan dalam gugatan tersebut adalah Solana Labs Inc, Yayasan Solana, CEO Solana Labs, Anatoly Yakovenko, Multicoin Capital Management LLC, Kyle Samani, dan Falconx LLC. 

“Tergugat mendapat untung besar melalui penjualan sekuritas SOL kepada investor ritel di Amerika Serikat, yang melanggar ketentuan pendaftaran undang-undang sekuritas federal dan negara bagian, dan investor menderita kerugian besar,” isi gugatan tersebut dikutip dari Bitcoin.com, Senin (11/7/2022). 

Gugatan tersebut menuduh para terdakwa dengan sengaja membuat pernyataan palsu atau menyesatkan mengenai total pasokan Solana yang beredar dan sifatnya yang terdesentralisasi. Ia menambahkan, jaringan blockchain Solana rentan terhadap "pemadaman yang menghancurkan” dan kemacetan jaringan.

Penggugat juga menuduh Multicoin Capital Management dan Kyle Samani tanpa henti mempromosikan SOL, setelah membelinya seharga USD 0,40 atau sekitar Rp 5.990 pada 2019. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cari Kompensasi

Mereka kemudian membongkar jutaan dolar Solana pada investor ritel menggunakan meja perdagangan OTC seperti Falconx untuk bertindak sebagai broker dalam penjualan. 

Penggugat mencari kompensasi untuk semua kerugian yang diderita sebagai akibat dari kesalahan tergugat dan pernyataan solana adalah jaminan dan penjualan sekuritas SOL tergugat yang tidak terdaftar melanggar hukum yang berlaku.

Bulan lalu, sebuah gugatan diajukan terhadap Binance.us yang mengklaim algoritmik stablecoin terra usd (UST) dan cryptocurrency terra (LUNA) keduanya merupakan sekuritas yang tidak terdaftar. Pada Maret, Coinbase digugat karena diduga menjual 79 sekuritas kripto yang tidak terdaftar, termasuk SOL.

Ketua SEC, Gary Gensler telah berulang kali mengatakan banyak token kripto adalah sebuah sekuritas yang tidak terdaftar. Sementara itu, regulator masih dalam gugatan yang sedang berlangsung dengan Ripple Labs dan eksekutifnya atas XRP, yang dipandang SEC sebagai keamanan yang tidak terdaftar.

3 dari 4 halaman

Perusahaan Pinjaman Kripto Celsius Digugat dengan Tuduhan Penipuan

Sebelumnya, Perusahaan pemberi pinjaman kripto, Celsius pekan lalu digugat oleh mantan manajer investasi Jason Stone, karena perusahaan terus tertekan di tengah jatuhnya harga cryptocurrency.

Gugatan di pengadilan negara bagian New York itu muncul setelah Celsius, yang menawarkan minat kepada pelanggan untuk menyimpan kripto mereka, terpaksa menghentikan penarikan bagi penggunanya karena menghadapi krisis likuiditas.

Celsius juga baru-baru ini diketahui secara artifisial menggelembungkan harga koin digitalnya sendiri, gagal melakukan lindung nilai terhadap risiko dan terlibat dalam kegiatan yang merupakan penipuan, menurut gugatan hukum. 

Celsius bertindak seperti bank karena menawarkan hasil kepada pelanggan, kadang-kadang setinggi hampir 19 persen, jika mereka menyetorkan kripto mereka ke perusahaan. 

Perusahaan kemudian meminjamkan kripto itu kepada orang lain yang bersedia membayar suku bunga tinggi untuk dipinjam. Kemudian ia mencoba mengantongi uang itu untuk memberikan hasil kembali kepada pelanggan. 

Stone mendirikan perusahaan bernama KeyFi yang berspesialisasi dalam strategi perdagangan kripto. 

Celsius dan KeyFi membuat “kesepakatan jabat tangan” di mana perusahaan yang terakhir akan “mengelola miliaran dolar dalam simpanan kripto pelanggan dengan imbalan bagian dari keuntungan yang dihasilkan dari setoran kripto tersebut,” tuduhan gugatan itu.

"Tidak ada kesepakatan tertulis formal antara para pihak," kata gugatan itu dikutip dari CNBC, Senin (11/7/2022). 

Dari Agustus 2020, Celsius mulai “mentransfer ratusan juta dolar dalam aset kripto” ke Stone dan timnya, menurut gugatan itu. Celsius menyiapkan dompet di blockchain Ethereum yang disebut sebagai “0xb1.” Di situlah perusahaan mengirim aset yang akan digunakan Stone, klaim gugatan itu.

4 dari 4 halaman

Stone Buat Sejumlah Tuduhan Terhadap Celsius dalam Gugatannya

Celsius dan Stone memutuskan untuk terlibat dalam strategi perdagangan kripto yang membutuhkan strategi lindung nilai yang efektif untuk mengelola risiko dan menjaga dari fluktuasi harga koin digital tertentu. 

Ia menambahkan Celsius memiliki pandangan penuh tentang aktivitas perdagangan apa yang dilakukan KeyFi.

Stone mengklaim eksekutif Celsius "berulang kali meyakinkan" dia perusahaan telah memasuki transaksi lindung nilai yang diperlukan untuk memastikan fluktuasi harga aset kripto tertentu tidak akan berdampak material dan negatif terhadap perusahaan atau kemampuannya untuk membayar deposan. Stone dan timnya mengandalkan representasi ini.

“Tapi janji-janji itu bohong. Meskipun jaminan berulang, Celsius gagal menerapkan strategi manajemen risiko dasar untuk melindungi dari risiko fluktuasi harga yang melekat pada banyak strategi investasi yang digunakan,” klaim gugatan itu.

Stone menuduh ada "beberapa insiden" di mana "kegagalan dalam melakukan akuntansi dasar" Celsius membahayakan dana pelanggan.

Tuduhan lain berkisar pada koin digital Celsius yang disebut CEL Coin. Itu adalah token Celsius sendiri. Celsius mengatakan jika pengguna menerima pembayaran bunga mereka dalam bentuk CEL, mereka bisa mendapatkan bunga yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.