Sukses

Deretan Kripto Ini Berpotensi Melemah sepanjang Pekan Pertama Juli 2022

Investor perlu hat-hati karena deretan kripto ini berpotensi melemah sepanjang pekan pertama Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto pada pertengahan pekan pertama Juli 2022 sedang bergairah. Hal itu terlihat dari jajaran 10 kripto teratas berhasil bertengger di zona hijau. 

Meskipun terjadi penguatan pada pasar kripto, Trader Tokocrypto, Afid Sugiono menjelaskan kemungkinan reli yang terjadi hanya sementara. Menurut Afid, sentimen utama pasar kripto belum kondusif. 

Investor masih mencermati dinamika makroekonomi dan efektivitas pengetatan kebijakan moneter The Fed terhadap tingkat inflasi AS. Kemudian, kegagalan platform kripto, Three Arrows Capital (3AC) dan Voyager.

"Kondisi market kripto saat ini yang belum kondisi. Masih ada banyak pukulan yang bisa menghantam lebih jauh, mulai dari ketidakpastian makroekonomi, agresivitas The Fed hingga kegagalan sistem ekosistem kripto itu sendiri. Investor meyakini tidak melihat harga naik dalam waktu dekat, kecuali perubahan tak terduga terjadi," kata Afid dalam keterangan tertulis dikutip Sabtu (9/7/2022).

Di tengah penguatan ini, Afid memberikan beberapa deretan kripto yang berpotensi melemah sepanjang pekan pertama Juli 2022. Adapun deretan kriptonya sebagai berikut.

1. Convex Finance (CVX)

Convex Finance adalah protokol pengoptimal dan otomatisasi hasil yang dibangun di Curve Finance. Protokol ini memungkinkan pengguna untuk menerima CRV dan reward mining likuiditas yang ditingkatkan dengan usaha minimal.

Sementara, CVX adalah token asli Convex Finance untuk staking, mengklaim biaya kinerja, dan voting tata kelola. Token ini menurut Afid berpotensi masuk ke fase bearish.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

ONE-LDO

2. Harmony (ONE)

Pekan ini Harmony (ONE) tampaknya masih terjebak di fase bearish. Afid menjelaskan dampak dari kabar Bridge Horizon yang ada di jaringan Harmony Protocol mengalami peretasan masih terasa di pasar.

"Investor harus menaikkan harga lebih dari USD 0,019 untuk mencegah ONE turun di bawah USD 0,014 sebagai tanggapan terhadap berita negatif. Penurunan tidak valid jika titik support USD 0,023 dilanggar. Untuk menjadi bullish dalam waktu dekat, candle harga harian atau mingguan ONE harus ditutup di atas USD 0,023," tutur Afid.

3. Lido DAO (LDO)

Lido DAO (LDO) bernasib sama dengan Harmony (ONE) yang masih "nyaman" duduk di dalam daftar aset kripto yang potensi bearish pekan ini. Penurunan nilai LDO lalgi masih dipicu oleh kekisruhan Lido yang mengusulkan skema tata kelola baru.

"Kripto LDO masih tertekan dengan kesepakatan token tata kelola jaringan yang tak kunjung usai, membuat nilainya semakin anjlok. Dari analisis teknikalnya, nilai LDO bisa turun 37 persen ke harga USD 0,416 dari USD 0,680. Sementara level resistance-nya berada di angka USD 0,947," kata Afid.

 

3 dari 4 halaman

KNC-CRV

4. Kyber Network Crystal v2 (KNC)

Kyber Network Crystal v2 (KNC) harus terkoreksi dengan penurunan nilai yang cukup signifikan. Menurut Afid, KNC akan berpotensi bearish, salah satu penyebabnya adalah karena exchange, Crypto.com pada 27 Juni lalu menghapus 15 altcoin termasuk KNC dari program Crypto Earn-nya.

"Crypto.com tidak menawarkan klarifikasi apa pun tentang mengapa ia menghapus 15 koin ini dari program hadiah Crypto Earn, tapi membuat harga KNC anjlok. Harga KNC bisa turun hingga USD 1,207 dari USD 1,402 atau anjlok 14 persen," tutur Afid.

5. Curve DAO Token (CRV)

Curve (CRV) merupakan token native dari Curve DAO, pertukaran terdesentralisasi untuk stablecoin. Tujuan CRV adalah untuk berfungsi sebagai media tata kelola, struktur insentif dan metode pembayaran biaya, serta metode pendapatan jangka panjang untuk penyedia likuiditas.

Afid melihat CRV telah menembus dari garis resistensi yang menurun, sehingga sudah ada sinyal bearish. CRV telah jatuh sejak mencapai tertinggi USD 6,40 pada Januari. Pergerakan ke bawah sejauh ini telah menyebabkan rendahnya USD 0,535 pada 18 Juni lalu.

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Sabtu Pagi 9 Juli 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya bergerak di zona hijau tetapi alami pergerakan naik tipis pada perdagangan Sabtu, (9/7/2022). Namun, mayoritas kripto jajaran teratas berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi, 9 Juli 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) menguat tipis 0,05 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga bitcoin melambung 12,10 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 21.655,37 atau sekitar Rp 324,42 juta (asumsi kurs Rp 14.974 per dolar AS).

Sementara itu, harga ethereum melemah 1,34 persen dalam 24 jam terakhir. Harga ethereum melonjak 14,81 persen dalam sepekan. Harga ethereum berada di posisi USD 1.220,57 atau sekitar Rp 18,26 juta.

Kemudian harga binance coin (BNB) berada di zona hijau. Harga BNB naik 0,32 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga BNB menguat 11,60 persen. Kini harga BNB berada di posisi USD 242,24.

Selanjutnya harga Cardano (ADA) merosot 1,83 persen dalam 24 jam terakhir. Pada sepekan, harga ADA bertambah 3,89 persen. Saat ini, harga Cardano di kisaran USD 0,4689.

Harga XRP juga berada di zona merah. Harga XRP susut 1,57 persen dalam 24 jam dan 9,27 persen selama sepekan. Kini, harga XRP di posisi USD 0,3422.

Sementara itu, harga solana menguat pada akhir pekan ini. Harga solana (SOL) naik terbatas 0,04 persen. Selama sepekan, harga solana naik 15,87 persen. Saat ini, harga solana di posisi USD 38,38.

Di sisi lain, harga dogecoin (DOGE) susut 1,46 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga dogecoin bertambah 4,48 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,06957.

Stablecoin Tether (USDT) melemah tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga USDT menguat 0,05 persen. Harga USD coin (USDC) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga USD coin turun terbatas 0,02 persen. Harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Harga binance USD (BUSD) merosot 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga BUSD susut 0,26 persen. Saat ini, harga BUSD berada di posisi USD 0,999.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.