Sukses

Tanggapan Presiden Republik Afrika Tengah Terkait Kripto

Langkah adopsi kripto di Republik Afrika Tengah sempat membuat heran berbagai pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Afrika Tengah, Faustin-Archange Touadera belum lama ini kembali menyatakan dukungannya untuk cryptocurrency. Touadera mengatakan, cryptocurrency adalah kunci untuk inklusi keuangan.

"Alternatif untuk uang tunai adalah cryptocurrency. Bagi kami, ekonomi formal bukan lagi pilihan,” kata Touadera dikutip dari Channel News Asia, Selasa (5/7/2022). 

Hal itu disampaikan Touadera pada acara peluncuran inisiatif kripto yang diselenggarakan oleh negara tersebut, setelah menjadi negara Afrika pertama yang menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran sah pada April lalu. 

Langkah adopsi kripto di Republik Afrika Tengah sempat membuat heran berbagai pihak. Hal itu karena penggunaan internet yang belum menjamur di negara tersebut. Padahal, internet menjadi salah satu infrastruktur pendukung kripto. 

Proyek Sango, termasuk Sango Coin, didukung oleh Majelis Nasional Republik Afrika Tengah dan dipelopori oleh Touadera, yang mengatakan token tersebut akan memberikan akses ke sumber daya alam negara itu, termasuk emas dan berlian.

Situs web "Sango" negara itu mengatakan akan "memfasilitasi tokenisasi sumber daya Republik Afrika Tengah untuk investor di seluruh dunia".

"Sango Coin akan menjadi mata uang generasi baru Republik Afrika Tengah," kata Touadera, tanpa memberikan rincian.

Antusiasme Republik Afrika Tengah untuk cryptocurrency tampaknya tidak terpengaruh oleh kerugian baru-baru ini dalam nilainya, dengan harga bitcoin jatuh lebih dari 58 persen dalam tiga bulan terakhir.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Pemberi Pinjaman Kripto Vauld Hentikan Penarikan dan Penyetoran

Sebelumnya, bertambah lagi deretan perusahaan kripto yang terdampak akibat penurunan harga belakangan ini. Kali ini giliran, pemberi pinjaman kripto, Vauld, pada Senin, 4 Juli 2022 waktu setempat menghentikan semua penarikan, perdagangan, dan penyetoran di platformnya. Menurut laporan, perusahaan saat ini menjajaki opsi restrukturisasi potensial.

CEO Vauld, Darshan Bathija mengatakan, dalam sebuah posting blog pada Senin perusahaan menghadapi "tantangan keuangan" karena "kondisi pasar yang bergejolak.

“Kesulitan keuangan dari mitra bisnis utama kami pasti mempengaruhi kami, dan iklim pasar saat ini yang telah menyebabkan pelanggan menarik lebih dari USD 197,7 juta (Rp 2,9 triliun) dari platform sejak 12 Juni,” kata Bathija dikutip dari CNBC, Selasa (5/7/2022).

Perusahaan yang berbasis di Singapura itu mengatakan sedang bekerja dengan penasihat keuangan dan hukumnya untuk menjelajahi dan menganalisis semua opsi yang mungkin, termasuk opsi restrukturisasi potensial, yang paling baik melindungi kepentingan pemangku kepentingan Vauld.

Langkah Vauld untuk menghentikan penarikan terjadi kurang dari tiga minggu setelah CEO Bathija mengatakan perusahaan terus beroperasi seperti biasa meskipun kondisi pasar bergejolak. 

Dalam posting blog 16 Juni lalu, Bathija mengatakan penarikan sedang "diproses seperti biasa dan ini akan terus terjadi di masa depan."

3 dari 4 halaman

Imbas Anjloknya Kripto

Namun, Vauld telah menjadi korban terbaru dari anjloknya harga cryptocurrency tahun ini. Bitcoin memiliki kinerja kuartalan terburuk sejak 2011 pada kuartal kedua 2022. Miliaran dolar terhapus dari nilai pasar cryptocurrency dalam periode tiga bulan.

Perusahaan pemberi pinjaman kripto seperti Vauld telah menghadapi masalah likuiditas. Celsius bulan lalu menghentikan penarikan untuk pelanggan dengan alasan “kondisi pasar yang ekstrem.”

Vauld mengatakan sedang dalam diskusi dengan calon investor di perusahaan. Perusahaan mengatakan telah mempekerjakan Kroll Pte Limited sebagai penasihat keuangannya, serta Cyril Amarchand Mangaldas, dan Rajah & Tann Singapore LLP sebagai penasihat hukumnya masing-masing di India dan Singapura.

Keruntuhan pasar telah mengekspos kekurangan dalam sejumlah proyek cryptocurrency dan model bisnis. Sementara itu, dana lindung nilai cryptocurrency utama Three Arrows Capital jatuh ke dalam likuidasi setelah gagal membayar lebih dari USD 660 juta pinjaman dari Voyager Digital.

 

4 dari 4 halaman

Jutawan Bitcoin Turun Hampir 70 Persen sepanjang 2022

Sebelumnya, sejak awal tahun, pasar cryptocurrency telah kehilangan nilai lebih dari USD 1 triliun atau sekitar Rp 14.953 triliun dari kapitalisasi pasarnya karena banyaknya tekanan menimpa aset digital itu. Akibatnya krisis melanda seluruh sektor aset digital dalam skala global.

Sebagai konsekuensi langsung dari ini, pemegang mata uang digital unggulan, Bitcoin (BTC) telah terkena dampak keras dari kehancuran pasar, sebagaimana dibuktikan oleh fakta jumlah jutawan BTC menurun secara signifikan hampir 70 persen di paruh pertama 2022.

Dilansir dari Finbold, Senin (4/7/2022) menunjukkan pada 29 Juni 2022, jumlah jutawan Bitcoin mencapai 30.626. Secara khusus, alamat dengan saldo BTC lebih dari USD 1 juta adalah 26.284, menurut statistik BitInfoCharts.com. Sementara itu, ada 4.342 alamat dompet yang memiliki saldo gabungan sekitar USD 10 juta atau lebih. 

Ketika menggunakan alat arsip web Wayback Machine, pada 5 Januari 2022, 99.092 alamat BTC dengan Bitcoin senilai lebih dari USD 1 juta dilaporkan, turun 69,09 persen sejak awal tahun.

Jutawan Bitcoin turun drastis

Sejak awal Januari, jumlah jutawan Bitcoin telah turun drastis, tetapi penurunan itu lebih mengesankan jika kita mengambil tanggal lebih jauh ke belakang ke Oktober 2021, ketika BTC diperdagangkan mendekati level tertinggi sepanjang masa, kerugiannya lebih spektakuler.

Faktanya, ketika 116.139 alamat Bitcoin dikonfirmasi menjadi jutawan pada 28 Oktober 2021, itu akan menunjukkan penurunan 73,62 persen antara saat itu hingga 29 Juni 2022.

Kinerja aset terus dipengaruhi secara negatif oleh sejumlah masalah, beberapa di antaranya termasuk peningkatan pengawasan regulasi, kondisi pasar yang bergejolak, gejolak geopolitik, kenaikan inflasi dan kenaikan suku bunga.

Dengan ketidakpastian pasar seperti itu, lebih banyak pedagang kripto mencari Bitcoin untuk jangka pendek. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.