Mengenal Platform Blockchain Publik Serbaguna Milik Klaytn

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 05 Jul 2022, 13:02 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 13:02 WIB
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Perbesar
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Diluncurkan pada Juni 2019, Klaytn adalah platform blockchain publik yang menyediakan pengalaman pengguna yang dapat diakses dan lingkungan pengembangan untuk memberikan nilai teknologi blockchain. 

Platform ini menggabungkan fitur terbaik dari blockchain publik (data dan kontrol terdesentralisasi, tata kelola terdistribusi) dan blockchain pribadi (latensi rendah, skalabilitas tinggi) melalui desain 'hibrida' yang efisien.

Dilansir dari Coinmarketcap, Klaytn bertujuan membawa teknologi blockchain ke semua jenis pengguna, mulai dari perusahaan rintisan mikro hingga divisi perusahaan. 

Misi perusahaan adalah membuat desentralisasi melalui blockchain tersedia dalam skala global. Selain itu, proyek ini telah menarik minat banyak merek terkenal di seluruh dunia.

Tak hanya sebagai blockchain, Klaytn juga memiliki token kripto utilitas jaringannya sendiri yang disebut dengan KLAY atau KLAY Coin.

Klaytn mengakui mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) dan proof-of-stake (PoS) memiliki kelemahan, itulah sebabnya jaringan ini bergantung pada  Practical Byzantine Fault Tolerance (PBFT). 

Klaytn juga memperkenalkan bukti kontribusi (PoC), yang dirancang untuk memberi kompensasi kepada semua peserta dalam ekonomi token Klaytn yang memberikan kontribusi yang berarti.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pendiri dan Keunikan Klaytn

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Siapa Pendiri Klaytn?

Jaesun Han adalah pendiri dan CEO GroundX, perusahaan di balik blockchain Klaytn. Han memiliki gelar Ph.D. dalam teknik elektro dan ilmu komputer dari Korea Advanced Institute of Science and Technology. 

Karier profesionalnya dimulai sebagai peneliti postdoctoral untuk KAIST, di mana ia melakukan penelitian ekstensif dalam komputasi terdistribusi.

Lompatan pertamanya ke dunia wirausaha adalah pada 2007, ketika Jaesun Han mendirikan NexR, komputasi awan besar pertama dan startup teknologi data di Korea. Pada 2008, 

Han mengambil posisi ketua dewan Konsorsium Penelitian Cloud Computing. Pada November 2011, Jaesun Han menjadi CTO KT Cloudware, sebuah perusahaan yang secara teknis mendukung layanan KT Ucloud.

Apa yang Membuat Klaytn Unik?

Pengguna dapat dengan mudah menempatkan rantai sendiri atau bergabung dengan rantai lain di Klaytn tanpa pengetahuan teknis yang diperlukan. Pengguna juga tidak perlu menjadi ahli dalam kriptografi atau memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi blockchain. 

 


Harga Klay

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Tanpa perlu berkonsultasi dengan penasihat teknis yang sangat terspesialisasi, siapa pun dapat meluncurkan ekosistem token ekonomi mereka sendiri di Klaytn.

Sebagai ekosistem beragam aplikasi terdesentralisasi (DApps), Klaytn memberi pengguna kesempatan untuk menemukan atau mengembangkan jenis aplikasi yang tepat untuk kebutuhan mereka. Karena sifat platform yang terdesentralisasi, pengguna memiliki kasus penggunaan yang hampir tidak terbatas, karena aplikasi penerbitan tidak dibatasi.

Klaytn mendukung DApps di banyak bidang, termasuk manajemen aset digital, koleksi dan perdagangan seni, pengembangan game, dan pertukaran terdesentralisasi.

Harga KLAY

Berdasarkan data Coinmarketcap, Selasa (5/6/2022), harga KLAY Coin adalah Rp 3.546 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 399,2 miliar.

KLAY menguat 2,35 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 61 dengan kapitalisasi pasar Rp 10,3  triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 2,9 miliar KLAY Coin dari maksimal suplai tidak tersedia.


Harga Kripto Selasa Pagi 5 Juli 2022

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau kompak menguat pada perdagangan Selasa, 5 Juli 2022. Kripto yang sebelumnya melemah, pagi ini berhasil menguat.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa pagi 5 Juli 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 2,84 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah  4,82 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 19.883 per koin atau setara Rp 298,1 juta (asumsi kurs Rp 14.994 per dolar AS). 

Ethereum(ETH) juga berhasil menguat pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 5,12 persen, tetapi masih melemah 6,45 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.131 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali merangkak naik ke zona hijau. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 4,04 persen. Namun masih loyo 3,01 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 228,29 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini juga berhasil pulih. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 1,16 persen, tetapi masih ambles 5,89 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4633 per koin.

 


Harga Kripto Lainnya

Aset Kripto
Perbesar
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Adapun Solana (SOL) kembali menguat pagi ini Sepanjang satu hari terakhir SOL naik 7,78 persen, tetapi masih terkoreksi 7,39 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 36,06 per koin.

XRP masih menguat sejak kemarin. XRP naik tipis 1,36 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 8,58 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3255 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,03 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9991 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,11 persen dalam 24 jam terakhir yang membuat harganya kembali naik ke level USD 1,00

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto kembali menguat cukup besar pada hari ini yaitu di level USD 899 miliar dari sebelumnya di level USD 875,2 miliar.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya