Sukses

Bitcoin Stagnan di Rp 286,8 Juta, Analis Sebut Koreksi Masih Bisa Berlanjut

Joe DiPasquale mengatakan, harga Bitcoin masih tetap lemah, dengan beberapa volatilitas terlihat.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang pekan lalu, industri kripto dipenuhi dengan berita mengecewakan mulai dari soal ekonomi hingga masalah industri. Bitcoin pada Senin (4/7/2022) berada di kisaran USD 19.200 atau sekitar Rp 286,8 juta, datar selama 24 jam terakhir karena perdagangan akhir pekan. 

CEO manajer aset kripto BitBull Capital, Joe DiPasquale mengatakan harga Bitcoin masih tetap lemah, dengan beberapa volatilitas terlihat pada waktu mendatang. 

"Saat ini, kami memperkirakan BTC akan melihat lebih banyak aksi penurunan, tetapi kami juga mengamati dengan tajam reaksi pasar untuk menilai penurunan momentum dan minat jual,” kata DiPasquale dikutip dari CoinDesk, Senin, 4 Juli 2022.

DiPasquale juga menjelaskan dalam beberapa minggu terakhir telah melihat peningkatan kemungkinan dukungan bitcoin tenggelam. Dia tetap pesimistis tentang rebound, sementara the Fed menawarkan beberapa tanda yang menggembirakan pada pertemuan Juli.

"Penutupan Juni tidak terlalu optimis, dan Juli mungkin tetap berombak kecuali pertemuan FOMC di dekat akhir bulan menghadirkan kejutan,” jelas DiPasquale.

Harga kripto melanjutkan pola yang sebagian besar telah dilalui dalam beberapa bulan terakhir. Selain itu, kripto masih berkorelasi dengan indeks ekuitas. Nasdaq dan S&P 500 yang sarat teknologi, yang memiliki komponen teknologi berat, keduanya ditutup naik sekitar 1 persen. 

Kenaikan ini adalah terobosan langka dari penurunan stabil yang telah mengirim kedua indeks ke wilayah pasar beruang, yang berarti keduanya telah kehilangan setidaknya 20 persen dari nilainya dari tertinggi terakhir mereka.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Makro Ekonomi Meresahkan

Meningkatnya inflasi, prospek resesi yang membayangi dan kerusuhan geopolitik telah memaksa investor untuk berada di posisi defensif menghindari risiko. Rabu lalu Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell menegaskan kembali komitmen bank sentral untuk menjinakkan inflasi bahkan dengan mengorbankan kontraksi ekonomi. 

Kemudian dalam laporan terpisah oleh Universitas Michigan dan Dewan Konferensi AS telah menunjukkan kepercayaan konsumen terhadap kemenangan ekonomi. 

Sentimen negatif dari dalam industri

Sementara itu, industri kripto menghabiskan sepekan ini dengan berbagai berita negatif dari industri seperti masalah likuiditas Three Arrows Capital dan acara lainnya dengan broker kripto Voyager Digital (VYGVF) untuk sementara menangguhkan semua perdagangan, setoran, penarikan, dan hadiah loyalitas. 

3 dari 4 halaman

Perusahaan Dana Lindung Nilai Kripto Three Arrows Capital Terancam Jual Aset

Sebelumnya, perusahaan dana lindung nilai cryptocurrency Three Arrows Capital Ltd sedang menjajaki berbagai opsi atas dampak penurunan pasar kripto saat ini. Berbagai opsi, termasuk penjualan aset dan bailout oleh perusahaan lain. 

Pasar kripto telah mengalami kerugian besar, dengan perusahaan seperti Coinbase, Gemini, Blockfi dan Crypto.com memberhentikan ribuan karyawan, karena investor menjual aset berisiko di lingkungan suku bunga yang meningkat.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (18/6/2022), Three Arrows Capital gagal memenuhi panggilan margin akhir pekan lalu. Hedge fund berusia 10 tahun, yang didirikan oleh Su Zhu dan Kyle Davies, telah mempekerjakan penasihat hukum dan keuangan untuk membantu mencari solusi bagi investor dan pemberi pinjaman.

Pasar Cryptocurrency diguncang bulan lalu oleh keruntuhan spektakuler terra USD dan saudaranya token luna setelah stablecoin kehilangan pasaknya terhadap dolar.

"Situasi Terra-Luna membuat kami sangat lengah," menurut laporan Wall Street Journal, menambahkan Three Arrows menginvestasikan sekitar USD 200 juta atau setara Rp 2,9 triliun di Luna.

Keruntuhan pasar kripto secara beruntun ini memang sangat berdampak pada hampir pelaku utama industri kripto. Pada Jumat, Kepala Eksekutif Perdagangan Genesis Michael Moro mentweet broker utama aset digitalnya "mengurangi kerugian kami" dengan rekanan besar yang gagal memenuhi margin call awal minggu ini.

4 dari 4 halaman

Dampak Koreksi Pasar Kripto

Moro mengatakan, Genesis yang berbasis di New York menjual dan melindungi semua agunan likuid dari rekanan yang tidak memenuhi margin call untuk meminimalkan kerugian, dan tidak ada dana klien yang terpengaruh.

"Kami akan secara aktif mengejar pemulihan pada setiap potensi kerugian sisa melalui segala cara yang tersedia, namun potensi kerugian kami terbatas dan dapat terjaring terhadap neraca kami sendiri sebagai sebuah organisasi," kata Moro. 

Kemudian, pemberi pinjaman kripto yang berbasis di New Jersey, BlockFi, termasuk di antara beberapa kelompok yang melikuidasi setidaknya beberapa posisi Three Arrows, menurut laporan FT pada Kamis, mengutip sumber tak dikenal yang mengetahui masalah tersebut.

CEO BlockFi Zac Prince membuat cuitan pada Kamis, perusahaannya melikuidasi agunan terhadap pinjaman kepada klien besar yang tidak disebutkan namanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.