Harga Kripto Rontok, Microstrategy Beli Bitcoin Rp 148,6 Miliar

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 30 Jun 2022, 17:02 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 17:02 WIB
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Perbesar
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan perangkat lunak yang terdaftar di Nasdaq, Microstrategy, kembali melakukan pembelian saat harga bitcoin turun. Dalam pengajuan pada Rabu (29/6/2022) dengan Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC), perusahaan menyatakan selama periode antara 3 Mei dan 28 Juni, memperoleh sekitar 480 bitcoin dengan harga USD 10 juta (Rp 148,6 miliar) tunai. 

Pembelian itu dilakukan dengan harga rata-rata sekitar USD 20.817 per bitcoin, termasuk biaya dan pengeluaran. Hingga 28 Juni 2022, Microstrategy, bersama dengan anak perusahaannya, memiliki total sekitar 129.699 bitcoin.

Menurut laporan, secara keseluruhan, BTC perusahaan diakuisisi dengan harga pembelian agregat sekitar USD 3,98 miliar dan harga pembelian rata-rata sekitar USD 30.664 per bitcoin, termasuk biaya dan pengeluaran.

Belakangan ini di tengah penurunan pasar kripto, banyak pihak yang memperingatkan tentang risiko yang mungkin bisa menimpa Microstrategy. Namun, perusahaan, baru-baru ini menghilangkan desas-desus soal menghadapi margin call pada pinjaman yang didukung bitcoin dari Silvergate Bank.

CEO Microstrategy, Michael Saylor mengatakan pada Mei perusahaannya berada di dalam Bitcoin untuk jangka panjang.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ikuti Pernyataan Ketua SEC

Crypto Bitcoin
Perbesar
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

“Strategi kami adalah membeli bitcoin dan menahan bitcoin, jadi tidak ada target harga. Saya berharap kita akan membeli bitcoin di top lokal selamanya. Saya berharap bitcoin akan mencapai jutaan. Jadi, kami sangat sabar. Kami pikir ini adalah masa depan uang,” kata Saylor dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (30/6/2022). 

Pengumuman pembelian bitcoin terbaru Microstrategy mengikuti pernyataan Ketua SEC Gary Gensler yang mengklarifikasi bitcoin adalah komoditas. Pasca klarifikasi itu, Saylor menulis cuitan sebagai tanggapan. 

“Bitcoin adalah komoditas, yang penting untuk aset cadangan perbendaharaan. Ini memungkinkan politisi, agensi, pemerintah, dan institusi untuk mendukung bitcoin sebagai teknologi dan aset digital untuk menumbuhkan ekonomi dan memperluas hak properti dan kebebasan untuk semua,” tulis Saylor dalam cuitannya. 

Dengan disebutnya bitcoin, sebagai komoditas maka aset digital itu akan berada di bawah lingkup Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC). 


Harga Kripto Kamis Pagi 30 Juni 2022

Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay
Perbesar
Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay

Sebelumnya, menjelang akhir Juni 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang kompak pada Kamis (30/6/2022) pagi. Mayoritas kripto jajaran teratas masih terjebak di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis pagi, 30 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 0,60 persen persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 1,41 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.253 per koin atau setara Rp 301,1 juta (asumsi kurs Rp 14.868 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih ambles pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 4,16 persen, tetapi masih menguat 5,39 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.114 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga tertahan di zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB melemah 4,21 persen. Namun BNB masih menguat 3,18 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 221,60 per koin. 

 


Harga Kripto Lainnya

Crypto Bitcoin
Perbesar
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini juga harus masih terkoreksi. Dalam satu hari terakhir ADA terkoreksi 1,35 persen, tetapi masih menguat tipis 1,82 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4698 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga masih terpuruk. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 4,91 persen dan 1,32 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 34,25 per koin.

XRP tetap melemah pagi ini. XRP turun 3,03 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 2,72 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3324 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9989 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto kembali melemah cukup besar pada hari ini yaitu di level USD 904,1 miliar dari hari sebelumnya di level USD 917,1 miliar. 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya