Mengenal Lebih Dekat Jaringan Prometeus, Pemilik Kripto PROM Coin

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 30 Jun 2022, 13:09 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 13:09 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Prometeus Network menggambarkan dirinya sebagai ekosistem yang aman dan terdesentralisasi yang dirancang untuk memecahkan masalah dunia nyata dalam perantara data. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Prometeus dibuat untuk industri pasar data Influencer Marketing, Medis dan Asuransi. Prometeus Network dikembangkan oleh Prometeus Labs, sebuah perusahaan ilmuwan data dan pengusaha. Prometeus memiliki token kripto utilitas jaringannya sendiri yang disebut sebatai PROM Coin

Pada awalnya Prometeus dibangun hanya sebagai pasar untuk data perdagangan, tetapi seiring berjalan waktu platform ini secara signifikan memperluas layanannya. Sistem pertukaran khusus Prometeus disebut sebagai Stoa yang memungkinkan orang mendapatkan hadiah dari hasil menjual data. 

Contoh penerapannya dalam dunia seni, seorang seniman bisa mendapatkan imbalan hadiah dari platform Prometeus dengan cara menjual hasil karya mereka. Ini berfungsi sebagai hub lintas-horizontal terdesentralisasi untuk data besar (Perawatan Kesehatan, Keuangan, Publik, Penelitian, Ritel, Pemasaran) dan menghubungkan penyedia data dari industri apa pun ke konsumen data.

Orang-orang di Prometeus  datang dari berbagai bidang dan industri, bersatu di bawah gagasan komunikasi yang terdesentralisasi dan bebas sensor. Prometeus mengklaim iim profesional mereka berketerampilan tinggi dengan latar belakang luas dalam blockchain dan kriptografi, AI, data besar, adtech, dan pialang data.

Prometeus mempunyai misi untuk memberdayakan orang dalam mengekspresikan diri mereka dan bertukar atau berbagi data melintasi batas dan batasan apa pun, dengan menggunakan teknologi blockchain publik untuk membangun kerangka kerja yang terdesentralisasi dan tahan sensor.

Harga PROM

Berdasarkan data Coinmarketcap, Kamis (30/6/2022), harga PROM Coin adalah Rp 100.701 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 2,5 triliun.

PROM meroket tinggi 72,16 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 171 dengan kapitalisasi pasar Rp 1,6 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 16,4 juta PROM dari maksimal suplai tidak tersedia.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kenalan dengan Jaringan Protokol Ren Pengembang REN Coin

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Sebelumnya, Ren (REN) adalah protokol jaringan terbuka yang dibangun untuk menyediakan interoperabilitas dan likuiditas antara berbagai platform blockchain. 

Dilansir dari Coinmarketcap, REN Sebelumnya dikenal sebagai Republic Protocol, Ren meluncurkan RenVM, mesin virtual mainnetnya, pada Mei 2020, setelah menyelesaikan penawaran koin (ICO) awal senilai USD 4 juta atau sekitar Rp 59,2 miliar pada 2018.

Token asli protokol, REN, REN Coin berfungsi sebagai ikatan untuk node yang menjalankan daya RenVM, yang dikenal sebagai Darknodes. Ren bertujuan untuk memperluas interoperabilitas dan aksesibilitas, keuangan terdesentralisasi (DeFi) dengan menghilangkan rintangan yang terlibat dalam likuiditas antara blockchain.

Siapa Pendiri Ren?

Ren didirikan oleh Taiyang Zhang, pada 2017. Awalnya disebut Protokol Republik, Ren pertama kali diumumkan pada Januari 2018, dengan Zhang menggambarkan kasus penggunaan awalnya sebagai "kolam gelap terdesentralisasi".

Zhang sendiri memiliki pengalaman di bidang cryptocurrency karena turut mendirikan manajer investasi kripto, Virgil Capital. Sebelumnya, Zhang mendirikan Neucode, sebuah perusahaan rintisan dalam pengembangan perangkat lunak dan web, pada 2014. 

Jaz Gulati, salah satu pendiri Neucode, sekarang bekerja sebagai pengembang perangkat lunak untuk Ren.


Keunikan Ren

Aset Kripto
Perbesar
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Apa yang Membuat Ren Unik?

Ren adalah platform yang kompleks dengan banyak kasus penggunaan, tetapi pada akhirnya dirancang untuk mengatasi hambatan masuk dan investasi untuk proyek DeFi. 

Sebagai plug-in, ini memungkinkan proyek DeFi untuk membawa aset cryptocurrency asing seperti Bitcoin (BTC) dan Zcash (ZEC) ke penawaran mereka. Secara lebih luas, pengguna pada dasarnya dapat menukar token apa pun antara dua blockchain tanpa jalan tengah seperti menggunakan apa yang disebut versi token "wrapped", misalnya Wrapped Bitcoin (WBTC) dan Wrapped Ethereum (WETH).

RenVM adalah jaringan komputer virtual yang membentuk mesin virtual. Mesin yang memberi daya pada jaringan yang membentuk RenVM disebut Darknodes.

Ren membebankan berbagai biaya untuk operasi internal, tetapi kebanyakan dari mereka tidak menghasilkan keuntungan langsung, melainkan dibayarkan kepada penambang. Sebagai token ERC-20, REN juga menarik berbagai biaya gas untuk mendorong transaksi.

Harga REN Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Senin (27/6/2022), harga REN Coin adalah Rp 1.772 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 868,6 miliar.

REN melemah 2,83 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 166 dengan kapitalisasi pasar Rp 1,7 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 999 juta REN Coin dari maksimal 1 miliar REN Coin.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya