Sukses

Penambang Bitcoin Kompak Jual Aset, Ada Apa?

Jumlah koin yang dikirim penambang ke bursa kripto terus meningkat sejak 7 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Para penambang Bitcoin telah dipaksa untuk menjual simpanan cryptocurrency mereka di tengah penurunan harga karena kenaikan biaya energi dan peningkatan persaingan mengurangi profitabilitas mereka. 

Jumlah koin yang dikirim penambang ke bursa kripto terus meningkat sejak 7 Juni, kata para peneliti di MacroHive, sebagai tanda penambang semakin melikuidasi koin mereka di bursa.

Sebuah analisis oleh Arcane Research menemukan, beberapa penambang bitcoin yang terdaftar di publik secara kolektif menjual lebih dari 100 persen dari seluruh output mereka pada Mei karena nilai bitcoin anjlok 45 persen.

"Turunnya profitabilitas pertambangan memaksa para penambang ini untuk meningkatkan tingkat penjualan mereka menjadi lebih dari 100 persen dari produksi mereka di Mei. Kondisinya memburuk pada Juni, yang berarti mereka kemungkinan akan menjual lebih banyak lagi," kata analis Arcane, Jaran Mellerud dikutip dari Channel News Asia, Rabu (29/6/2022). 

Penambang Bitcoin, yang menjalankan jaringan komputer untuk mendapatkan token dengan memvalidasi transaksi di blockchain, biasanya adalah penyimpan aset kripto untuk jangka panjang yang setia. Secara kolektif mereka memiliki sekitar 800.000 bitcoin, menurut data Coin Metrics.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesulitan Penambangan Meningkat

Ruang penambangan kripto berkembang pesat pada 2021 karena nilai bitcoin naik lebih dari empat kali lipat, tetapi pertumbuhan ini semakin menekan margin karena prosesnya dirancang untuk tumbuh lebih sulit karena jumlah penambang meningkat. 

"Selama enam bulan terakhir, tingkat hash dan kesulitan penambangan telah meningkat sementara harga bitcoin telah turun. Keduanya negatif bagi penambang yang ada karena keduanya bekerja untuk menekan margin," kata analis di perusahaan penambangan bitcoin Blockware Solutions, Joe Burnett.

Harga energi yang tinggi juga memukul para penambang, yang menurut beberapa perkiraan menggunakan lebih banyak listrik daripada Filipina, menurut Indeks Konsumsi Listrik Bitcoin.

Saham perusahaan penambang kripto yang terdaftar secara publik juga telah terpukul lebih dari bitcoin, dengan Valkyrie Bitcoin Miners ETF jatuh 59 persen kuartal ini dibandingkan dengan penurunan 53 persen untuk bitcoin.

3 dari 4 halaman

3.765 Token Baru Muncul di Tengah Kondisi Pasar yang Loyo

Sebelumnya, pasar kripto telah kehilangan nilainya lebih dari 50 persen pada 2022. Namun, menurut Finbold, jumlah mata uang digital yang muncul terus tumbuh mencapai rekor tertinggi baru. Pada 26 Juni, jumlah cryptocurrency yang dilacak oleh Coinmarketcap melampaui angka 20.000 untuk pertama kalinya dalam sejarah yang mencapai 20.002.

"Dengan memanfaatkan alat arsip web, Finbold telah menentukan pada 2022, pasar telah menambahkan 3.765 cryptocurrency baru, pertumbuhan sebesar 23 persen,” isi laporan Finbold, dikutip dari situs Finbold, Rabu (29/6/2022). 

Menariknya, terlepas dari banyaknya muncul token baru, bitcoin masih mendominasi pasar dengan kapitalisasi pasar mata uang kripto andalannya mencapai 42 persen. Dapat dirasakan token baru yang bergabung dengan pasar berharap mendapat manfaat dari kemungkinan reli yang mungkin timbul dari koreksi saat ini.

Pasar kemungkinan akan reli

Meskipun pasar telah kehilangan kapitalisasinya lebih dari USD 2 triliun atau sekitar Rp 29.640 triliun, tetapi beberapa analis telah mempertahankan sektor ini akan reli sambil mencatat lingkungan saat ini adalah bagian dari kedewasaan.

Secara keseluruhan, pasar telah mengalami aksi jual sepanjang 2022 di tengah sedikit pemulihan. Pada 25 Juni, Finbold melaporkan pasar memperoleh kembali sekitar 16 persen dari kapitalisasi pasar-nya, menarik lebih dari USD 100 miliar arus masuk modal.

Menurut Finbold kelangsungan hidup 20.000 token sebagian besar akan bergantung pada utilitas kripto tertentu. Ada konsensus beberapa aset digital akan turun saat pasar kripto matang.

4 dari 4 halaman

Dampak Kurangnya Regulasi

Munculnya aset baru juga mempercepat perdebatan regulasi karena otoritas bertujuan untuk melindungi investor. Sejalan dengan itu, pendiri Cardano (ADA), Charles Hoskinson, merekomendasikan sertifikasi mandiri untuk mengatur pasar yang sedang berkembang.

Menurut Hoskinson, pihak berwenang harus mengadopsi model serupa yang digunakan oleh Internal Revenue Service (IRS) AS dalam mengelola cryptocurrency. 

Dampak kurangnya regulasi

Selain itu, kurangnya regulasi saat ini adalah salah satu pendorong penting munculnya cryptocurrency. Misalnya, meluncurkan mata uang kripto ke pasar tidak memerlukan proses regulasi yang panjang mirip dengan pencatatan saham.

Meskipun beberapa aset bertujuan untuk meniru mata uang kripto yang sudah mapan seperti Bitcoin, pendatang baru terkadang didorong oleh motif penipuan yang berusaha memanfaatkan peraturan yang tersebar. Khususnya, pasar telah dilanda beberapa penipuan kripto profil tinggi, dengan kecelakaan Terra (LUNA) baru-baru ini menonjol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • penambang