Sukses

Harga Kripto Lesu, Bagaimana Dampaknya ke El Salvador?

Boaz Sobrado mengatakan seluruh masalah bitcoin belum benar-benar terbayar untuk El Salvador.

Liputan6.com, Jakarta - El Salvador telah mempertaruhkan keselamatan ekonominya pada Bitcoin, tetapi sejauh ini pertaruhannya tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan Presiden Nayib Bukele.

Nilai kas kripto pemerintah telah dipotong setengah karena harga Bitcoin yang terus turun. Rencana adopsi bitcoin secara nasional El Salvador tidak benar-benar lepas landas, dan yang terpenting, negara membutuhkan banyak uang tunai, cepat, untuk memenuhi pembayaran utangnya lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,8 triliun pada 2023. 

Seorang analis data fintech yang berbasis di London, Boaz Sobrado mengatakan, seluruh masalah bitcoin belum benar-benar terbayar untuk El Salvador

"Kesengsaraan ekonomi ini diperparah dengan perang baru melawan kekerasan geng, dan Anda memiliki semua bahan perhiasan sebuah negara di ambang,” kata Sobrado dikutip dari CNBC, Selasa (28/6/2022).

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi El Salvador telah anjlok, defisitnya tetap tinggi, dan rasio utang terhadap PDB negara itu, metrik utama yang digunakan untuk membandingkan utang suatu negara dengan apa yang dihasilkannya akan mencapai hampir 87 persen tahun ini, memicu ketakutan El Salvador tidak siap untuk menyelesaikan kewajiban pinjamannya.

Pemerintah memiliki kerugian kertas yang belum direalisasi pada bitcoin sekitar USD 50 juta, yang dicatat oleh menteri keuangan kurang dari 0,5 persen dari anggaran nasional. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ketidakpastian Keuangan Negara

Secara agregat, seluruh eksperimen dan semua biaya yang terkait hanya menjalankan pemerintah sekitar USD 374 juta, menurut perkiraan. Itu bukan apa-apa terutama mengingat fakta El Salvador memiliki USD 7,7 miliar obligasi yang beredar tetapi untuk ekonomi USD 29 miliar, itu relatif kecil.

El Salvador juga menghadapi negosiasi terhenti dengan pemberi pinjaman internasional sebagian karena mereka tidak mau membuang uang ke negara yang menghabiskan jutaan dolar pajak untuk cryptocurrency yang harganya rentan terhadap volatilitas ekstrem. 

Lembaga pemeringkat, termasuk Fitch, telah menurunkan skor kredit El Salvador dengan alasan ketidakpastian masa depan keuangan negara, mengingat adopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Itu berarti sekarang lebih mahal bagi Presiden Bukele untuk meminjam uang tunai yang sangat dibutuhkan.

“Dalam hal situasi keuangan mereka, El Salvador berada di tempat yang sangat sulit. Mereka memiliki banyak obligasi yang diperdagangkan dengan diskon besar-besaran,” jelas Sobrado.

 

3 dari 5 halaman

Menuju Gagal Bayar

Di sisi lain, seorang peneliti kebijakan di London School of Economics, yang memiliki pengalaman menasihati pemerintah di Amerika Latin, Frank Muci mengatakan tidak ada yang mau meminjamkan uang ke Bukele kecuali dengan “tarif yang menarik” dari 20 persen hingga 25 persen.

“Negara ini sedang berjalan dalam tidur menuju default utang,” kata Muci.

Namun, presiden milenial yang paham teknologi, yang pernah menyebut dirinya sebagai “diktator paling keren di dunia” di bio Twitter-nya telah mengaitkan nasib politiknya dengan perjudian kripto ini. 

Jadi, ada peluang untuk membuatnya berhasil dalam jangka panjang ataupun sebaliknya. Bukele juga harus menghadapi pemilihan ulang untuk masa jabatan presiden lima tahun lagi pada 2024.

4 dari 5 halaman

Harga Kripto Loyo, Presiden El Salvador Nayib Bukele Beri Saran kepada Investor

Sebelumnya, Presiden El Salvador, Nayib Bukele, akhirnya berbicara tentang investasi bitcoin di tengah aksi jual besar-besaran BTC dan memberikan sedikit saran bagi para investor kripto.

El Salvador telah membeli 2.301 bitcoin sejak negara tersebut membuat tender legal BTC bersama dolar AS pada September tahun lalu. Dengan harga bitcoin yang jatuh, investasi BTC El Salvador dilaporkan telah kehilangan 50 persen dari nilainya, atau lebih dari USD 50 juta (Rp 741,7 miliar).

"Saya melihat beberapa orang khawatir atau cemas tentang harga pasar bitcoin. Saran saya, berhentilah melihat grafik dan nikmati hidup. Jika Anda berinvestasi di BTC, investasi Anda aman dan nilainya akan tumbuh pesat setelah pasar beruang. Kesabaran adalah kuncinya,“ tulis Bukele dalam cuitan di Twitter, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (22/6/2022).

 

 

5 dari 5 halaman

Sejumlah Pihak Masih Optimistis terhadap Bitcoin

Di sisi lain, telah banyak orang dan pihak telah menyuarakan keprihatinan tentang kesehatan fiskal El Salvador karena posisi bitcoin yang besar di neraca negara. 

Namun, Menteri keuangan Salvador, Alejandro Zelaya, menepis kekhawatiran itu pekan lalu, dengan menyatakan “risiko fiskal sangat minim”.

“Ketika mereka memberi tahu saya bahwa risiko fiskal untuk El Salvador karena bitcoin sangat tinggi, satu-satunya hal yang dapat saya lakukan adalah tersenyum,” kata Zelaya waktu itu.

Bitcoin jatuh ke level yang tidak terlihat sejak 2020 akhir pekan lalu. Pada saat penulisan, BTC diperdagangkan di kisaran USD 20.000, naik 6,14 persen selama 24 jam terakhir.

Beberapa orang berbagi optimisme Bukele, termasuk pendukung fanatik kripto seperti CEO Microstrategy, Michael Saylor dan pendiri Skybridge Capital Anthony Scaramucci.

Namun, beberapa yang lain kurang optimis tentang kemana arah bitcoin. Tuan rumah Mad Money Jim Cramer memprediksi BTC turun menjadi USD 12.000. Penulis Rich Dad Poor Dad Robert Kiyosaki mengatakan bitcoin bisa mencapai USD 9.000. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.