Sukses

Survei: 50 Persen Konsumen Amerika Latin Memiliki Pengalaman Transaksi Kripto

Survei yang dilakukan oleh Mastercard ini dilakukan antara Maret dan April 2022 kepada lebih dari 35.000 orang di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - 51 persen konsumen Amerika Latin telah melakukan setidaknya satu transaksi dengan aset kripto, dan lebih dari 33 persen dari mereka telah menggunakan stablecoin untuk pembelian sehari-hari, menurut survei terbaru yang dilakukan oleh raksasa pembayaran digital Mastercard.

Berjudul "Indeks Pembayaran Baru 2022," studi ini berfokus pada inovasi keuangan antara lain cryptocurrency, solusi DeFi, blockchain, dan NFT. Survei ini bertujuan untuk mengevaluasi perilaku konsumen mengenai metode pembayaran yang muncul.

Per survei, di Amerika Latin, 54 persen konsumen Latin optimistis dengan kinerja aset digital sebagai investasi. Sementara itu, dua pertiga orang Latin menginginkan opsi pembayaran hibrida yang mencakup metode pembayaran kripto dan tradisional untuk operasi sehari-hari mereka.

Selain itu, orang Latin secara aktif didorong oleh produk keuangan yang terkait dengan cryptocurrency. Kemudian, 82 persen mengatakan mereka ingin “memiliki fungsi terkait cryptocurrency yang tersedia langsung dari lembaga keuangan mereka saat ini”.

Bahkan, mayoritas konsumen di wilayah tersebut merasa lebih nyaman berurusan dengan “organisasi terpercaya” dalam hal pembayaran dan investasi kripto.

Dibandingkan dengan orang Eropa dan Amerika Serikat, orang Latin telah menunjukkan tingkat fleksibilitas dan kemauan yang lebih tinggi untuk mengadopsi opsi pembayaran baru.

Berbeda dengan lebih dari 75 persen konsumen di Eropa dan Amerika yang lebih memilih metode pembayaran tradisional, 86 persen orang Latin menggunakan setidaknya satu metode pembayaran baru, seperti biometrik, mata uang digital, dan kode QR, tahun lalu.

Mastercard Amerika Latin dan wakil presiden eksekutif Karibia mengomentari minat yang terus meningkat pada metode pembayaran digital baru.

"Masa depan pembayaran sudah ada di sini. Semakin banyak orang Amerika Latin yang beralih ke teknologi untuk melakukan transaksi keuangan mereka dan tren ini diperkirakan akan terus meningkat, dengan 95 persen berencana untuk menggunakan metode pembayaran digital di tahun mendatang dan 29 persen mengakui telah menggunakan lebih sedikit uang tunai pada tahun lalu,” ungkapnya, dikutip melalui Cryptopotato, Minggu (26/6/2022).

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketidakstabilan Keuangan Mendorong Adopsi Kripto

Ketidakstabilan keuangan dan kenaikan inflasi mungkin menjadi penyebab utama dibalik beberapa negara Amerika Selatan yang menyelam jauh ke dalam aset digital.

Terganggu oleh peso mata uang domestik yang jatuh di tengah inflasi yang merajalela, lebih dari 73 persen orang Argentina memandang cryptocurrency sebagai mekanisme tabungan paling efisien dua tahun lalu. Perspektif ini sesuai dengan pandangan populer Bitcoin adalah lindung nilai terhadap inflasi, atau sederhananya, emas digital yang juga merupakan penyimpan nilai.

Venezuela yang mendapat sanksi keras dari pemerintah AS dan dilarang mengakses layanan pembayaran internasional utama  menganggap cryptocurrency tidak hanya sebagai penyimpan nilai tetapi juga sarana untuk mengirim dan menerima uang, melewati sanksi ekonomi. Laporan perusahaan analitik Blockchain Chainalysis tentang masalah seperti itu menyatakan sebagai berikut:

“Negara ini telah mencapai salah satu tingkat penggunaan cryptocurrency tertinggi di dunia, menempatkan ketiga pada Indeks Adopsi Crypto Global kami, karena banyak orang Venezuela mengandalkan cryptocurrency untuk menerima pengiriman uang dari luar negeri dan melestarikan tabungan mereka melawan hiperinflasi,” kata dia.

 

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Minggu Pagi 26 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya sebagian besar masih bergerak di zona hijau pada Minggu (26/6/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas lanjutkan penguatan.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Minggu pagi, 26 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) menguat 1,26 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga bitcoin melambung 13,61 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 21.514,44 atau sekitar Rp 319,35 juta (asumsi kurs Rp 14.844 per dolar Amerika Serikat).

Ethereum (ETH) pun lanjutkan penguatan pada Minggu pekan ini. Harga ethereum naik 1,83 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga ethereum menguat 25,51 persen. Harga ethereum saat ini berada di posisi USD 1.243 atau sekitar Rp 18,45 juta.

Selanjutnya binance coin (BNB) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga BNB merosot 0,40 persen. Namun, selama sepekan, harga BNB melonjak 21,84 persen. Kini, harga BNB berada di posisi USD 239,56.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian harga Cardano melompat 0,84 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga Cardano melonjak 12,59 persen. Saat ini, harga Cardano berada di posisi USD 0,5048.

Sementara itu, harga Solana (SOL) justru melemah tipis. Harga solana turun 0,09 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga solana melambung 36,38 persen. Saat ini, harga solana berada di posisi USD 41,86.

Harga dogecoin (DOGE) menguat 1,36 persen dalam 24 jam terakhir. Harga dogecoin melesat 30,04 persen dalam sepekan.Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,06827.

Stablecoin tether menguat tipis dengan naik 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga tether melompat 0,09 persen.  Saat ini, harga tether berada di posisi USD 0,9996. Harga USD Coin (USDC) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga USD Coin turun 0,05 persen. Saat ini, harga USD Coin di posis USD 0,9999.

Selain itu, harga binance USD (BUSD) turun terbatas 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga binance USD melemah 0,14 persen. Kini, harga binance USD berada di posisi USD 0,9994.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.