Sukses

Perangkat Keras Pertambangan Rp 28,17 Miliar Diduga Dicuri di Crypto Mining Capital

Peralatan komputasi yang kuat menghilang dari sebuah hotel penambangan kripto di Irkutsk, yang pemiliknya telah dituduh melakukan penipuan skala besar.

Liputan6.com, Jakarta - Penegakan hukum Rusia sedang menyelidiki dugaan pencurian perangkat keras pertambangan senilai sekitar USD 1,9 juta atau sekitar Rp 28,17 miliar (asumsi kurs Rp 14.829 per dolar Amerika Serikat).

Peralatan komputasi yang kuat menghilang dari sebuah hotel penambangan kripto di Irkutsk, yang pemiliknya telah dituduh melakukan penipuan skala besar.

Polisi di Oblast Irkutsk Rusia telah meluncurkan penyelidikan terhadap operator fasilitas hosting pertambangan yang dicurigai menipu klien dan mencuri perangkat keras pencetakan koin mereka yang mahal, kantor berita Tass melaporkan, mengutip Direktorat Utama Kementerian Dalam Negeri wilayah tersebut. 

Melansir Bitcoin.com, untuk mengantisipasi pendapatan cepat, para penambang menyerahkan perangkat mereka kepada mereka yang menjalankan hotel pertambangan, petugas penegak hukum menjelaskan. Pada titik tertentu, yang terakhir menghentikan semua pembayaran kepada pelanggan mereka dan gagal mengembalikan mesin mahal.

"Sebuah kasus pidana dimulai berdasarkan fakta-fakta ini berdasarkan bagian 4 pasal 159 KUHP Federasi Rusia (penipuan skala besar). Berbagai barang bukti, termasuk peralatan komputer dan dokumentasi, disita dari kantor mereka,” sebuah pernyataan rinci, Minggu (26/6/2022).

Para penyelidik telah menetapkan antara November 2021 dan Mei 2022, para tersangka memikat orang-orang yang ingin memasang perangkat keras pencetakan koin mereka di sebuah hotel pertambangan. Mereka ditawari harga sewa dan listrik yang jauh di bawah harga pasar sebenarnya.

Pada saat yang sama, mereka mendesak para penambang untuk menyerahkan peralatan mereka secepat mungkin, dengan alasan ruang sewa yang terbatas. Pemilik rig penambangan tidak diberi tahu di mana perangkat mereka akan ditempatkan dan hanya perwakilan dari layanan hosting yang memiliki akses ke koin yang ditambang.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

100 Orang Alami Kerugian

Polisi Rusia sekarang sedang mencari para penipu. Sekitar 100 orang telah menderita kerugian dari tindakan mereka. Mereka memberi penyelenggara peralatan hotel pertambangan senilai total perkiraan 100 juta rubel, hampir USD 1,9 juta.

Menawarkan beberapa tarif listrik terendah di negara ini, mulai dari hanya USD 0,01 per kWh di daerah pedesaan, wilayah Irkutsk telah mengalami lonjakan penambangan kripto, dengan peternakan sering dipasang di ruang bawah tanah dan garasi dan ditenagai dengan listrik rumah tangga bersubsidi.

Sebagian besar karena alasan ini, oblast dijuluki sebagai ibu kota pertambangan Rusia. Awal tahun ini, pemasok listrik lokal mengeluhkan lonjakan konsumsi listrik di daerah pemukiman, yang diduga berasal dari penambangan di rumah.

Laporan media Rusia telah mengungkapkan pesawat dengan peralatan pertambangan bekas dari China, yang menindak industri pada Mei 2021, terus tiba di wilayah tersebut tahun ini, sementara kasus pencurian perangkat keras pertambangan telah meningkat. Rusia berencana untuk melegalkan penambangan kripto yang dapat memanfaatkan sumber daya energinya yang melimpah dan iklim yang sejuk.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Minggu Pagi 26 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya sebagian besar masih bergerak di zona hijau pada Minggu (26/6/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas lanjutkan penguatan.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Minggu pagi, 26 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) menguat 1,26 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga bitcoin melambung 13,61 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 21.514,44 atau sekitar Rp 319,35 juta (asumsi kurs Rp 14.844 per dolar Amerika Serikat).

Ethereum (ETH) pun lanjutkan penguatan pada Minggu pekan ini. Harga ethereum naik 1,83 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga ethereum menguat 25,51 persen. Harga ethereum saat ini berada di posisi USD 1.243 atau sekitar Rp 18,45 juta.

Selanjutnya binance coin (BNB) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga BNB merosot 0,40 persen. Namun, selama sepekan, harga BNB melonjak 21,84 persen. Kini, harga BNB berada di posisi USD 239,56.

Kemudian harga Cardano melompat 0,84 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga Cardano melonjak 12,59 persen. Saat ini, harga Cardano berada di posisi USD 0,5048.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Sementara itu, harga Solana (SOL) justru melemah tipis. Harga solana turun 0,09 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga solana melambung 36,38 persen. Saat ini, harga solana berada di posisi USD 41,86.

Harga dogecoin (DOGE) menguat 1,36 persen dalam 24 jam terakhir. Harga dogecoin melesat 30,04 persen dalam sepekan.Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,06827.

Stablecoin tether menguat tipis dengan naik 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga tether melompat 0,09 persen.  Saat ini, harga tether berada di posisi USD 0,9996. Harga USD Coin (USDC) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga USD Coin turun 0,05 persen. Saat ini, harga USD Coin di posis USD 0,9999.

Selain itu, harga binance USD (BUSD) turun terbatas 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga binance USD melemah 0,14 persen. Kini, harga binance USD berada di posisi USD 0,9994.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.