Sukses

Deretan Kripto Ini Berpotensi Menguat Sepanjang Pekan Keempat Juni 2022

Pasar kripto menghijau, deretan kripto ini berpotensi menguat sepanjang pekan keempat Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi pasar aset kripto sedikit kembali mengalami penguatan memasuki pertengahan pekan keempat Juni 2022. Namun, secara keseluruhan pasar kripto masih stagnan.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatakan, pergerakan pasar kripto cenderung sideways atau datar ini sudah diprediksi sebelumnya. Kenaikan atau reli singkat pada awal pekan lalu, bukanlah pertanda reversal.

Banyak investor justru berpandangan bear market sejatinya belum usai, sehingga reli aset kripto kali ini kemungkinan berumur singkat. Investor diprediksi akan melancarkan aksi jual, ketika sentimen buruk makroekonomi kembali meningkat.

"Reli saat ini bisa jadi hanya bersifat jangka pendek. kenaikan kemarin mungkin terkait dengan investor besar atau whales yang membeli saat penurunan harga kripto akibat kebijakan the Fed, termasuk turbulensi ekonomi global dan tekanan resesi yang telah menjangkiti market kripto untuk masa depan," kata Afid, dalam keterangan tertulis, dikutip JUmat (24/6/202).

Di tengah penguatan yang terjadi di pasar, Afid menjelaskan ada beberapa kripto yang berpotensi terus menguat sepanjang pekan keempat Juni 2022. Adapun deretan kripto-nya sebagai berikut,

1. Cardano (ADA)

Membuka daftar aset kripto yang bullish pada pekan ini adalah Cardano (ADA). Kripto Cardano ada kemungkinan akan bersinar dengan rumor Hard fork atau peningkatan baru pada jaringan mereka yang kemungkinan akan dilakukan dalam waktu dekat sekitar Juni-Juli.

Afid, melihat Vasil hard fork adalah update besar lainnya dalam jaringan Cardano yang akan berdampak pada stabilitas dan konektivitas jaringan secara keseluruhan. Hal tersebut akan meningkatkan sentimen positif pada pergerakan ADA.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Axie Infinity-Harmony

2. Axie Infinity (AXS)

Aset kripto kategori metaverse, Axie Infinity (AXS) kembali masuk dalam daftar bullish pekan ini. Afid melihat nilai AXS memiliki peluang besar untuk bergerak naik. Hal ini disebabkan oleh hype terbaru tentang Lunacia Land Gameplay, yang akan segera diluncurkan oleh Axie Infinity.

Secara singkat, Land Gameplay baru dari Axie Infinity ini memungkinkan pemain untuk mengambil kepemilikan sebidang tanah dan menggunakannya guna mengembangkan sumber daya yang dapat ditingkatkan nanti dalam game. Sebenarnya, Gameplay Land ini direncanakan untuk meluncur pada akhir Juni 2022.

3. Harmony (ONE)

Harmony (ONE) berpotensi bullish pekan ini. Afid menjelaskan sentimen positif ONE dampak dari kabar peluncuran Mainnet Release 4.3.10 pada akhir Juni mendatang. Mainnet ini akan memperbaiki bugs dan tracer crash untuk memperkuat ekosistem Harmony.

"Mainnet Release 4.3.10 di jaringan Harmony sudah dinantikan untuk memperbaiki bugs yang muncul di ekosistem. Langkah pengembang Harmony ini memberikan sentimen positif untuk pergerakan harga ONE dalam beberapa hari mendatang," tutur Afid.

 

3 dari 4 halaman

Solar-COTI

4. Solar (SXP)

SXP adalah native crypto dari Solar network yang merupakan proyek blockchain berbasis komunitas terdesentralisasi yang berfokus pada penciptaan ekosistem.  SXP menjadi entitasnya sendiri ketika Binance mengakuisisi sisa saham Swipe yang beredar Desember 2021 lalu. SXP kemudian diganti namanya menjadi Solar, sebuah ekosistem dengan pengembang sumber terbuka dan keterlibatan komunitas.

Afid melihat nilai SXP bisa naik dengan sentimen dari event Wallet Update yang kemungkinan besar akan diselenggarakan pada akhir Juni mendatang. Dalam Wallet Update itu SXP akan merilis perkembang Mobile Wallet, NFT Marketplace Beta, Solar in Space, Deploy SLP on Mainnet, Solar Metaverse Alpha hingga White Paper Update.

5. COTI (COTI)

COTI kembali masuk dalam daftar aset kripto potensi bullish minggu ini. Afid menjelaskan COTI memiliki peluang untuk bergerak ke arah positif, karena peluncuran Djed Mainnet yang kemungkinan akan dilaksanakan pada akhir Juni nanti.

"Seperti yang kita ketahui Cardano dan COTI telah bekerja sama untuk merilis Djed pada akhir Q2. Bertepatan dengan peluncuran Djed, COTI juga akan merilis koin cadangan algoritmik Djed, yaitu Shen," pungkas Afid.

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 24 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang kompak pada Jumat pagi, 24 Juni 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas harus kembali menguat setelah sempat melemah satu hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (24/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 4,18 persen persen dalam 24 jam dan 1,07 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.815 per koin atau setara Rp 309 juta (asumsi kurs Rp 14.848 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 7,30 persen dan 3,55 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.134 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga kembali menghijau. Dalam 24 jam terakhir BNB pulih 6,18 persen dan 6,71 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 228,04 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini juga berhasil pulih. Dalam satu hari terakhir ADA melonjak 3,33 persen, tetapi masih melemah 2,08 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4767 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga berhasil kembali ke zona hijau hari ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 8,04 persen dan 20,67 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 37,49 per koin.

XRP juga turut menghijau pagi ini. XRP naik 2,82 persen dalam 24 jam terakhir dan 5,35 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3328 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,02 persen dan 0,05. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9992 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,08 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto menguat pada hari ini yaitu di level USD 917,8 miliar dari hari sebelumnya di level USD 886,5 miliar.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.