Sukses

Platform Pinjaman Kripto Celsius Minta Waktu Stabilkan Likuiditas

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pinjaman cryptocurrency, Celsius telah meminta pengguna untuk memberikan lebih banyak waktu untuk perusahaan menstabilkan likuiditas dan operasi setelah penurunan pasar. Akibat penurunan belakangan ini, perusahaan membekukan penarikan untuk pelanggannya.

Celsius menawarkan hasil tinggi kepada pengguna yang menyetorkan kripto mereka ke perusahaan dengan meminjamkannya ke institusi lain untuk menghasilkan keuntungan. Namun, minggu lalu, perusahaan menghentikan penarikan untuk pelanggan karena “kondisi pasar yang ekstrem”. 

Pada Senin, 20 Juni 2022, Celcius meminta pelanggan bersabar lebih banyak waktu untuk menghadapi situasi tersebut. 

"Kami ingin komunitas kami tahu, tujuan kami terus menstabilkan likuiditas dan operasi kami. Proses ini akan memakan waktu,” kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog, dikutip dari CNBC, Selasa (21/6/2022). 

“Seperti yang telah menjadi prioritas sejak awal perusahaan kami, kami mempertahankan dialog terbuka dengan regulator dan pejabat. Kami berencana untuk terus bekerja dengan regulator dan pejabat terkait jeda ini dan tekad perusahaan kami untuk menemukan resolusi,” lanjut pengumuman perusahaan. 

Celsius mengatakan akan menghentikan sementara Twitter Spaces dan Ask Me Anything, atau AMAs, untuk fokus menavigasi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan berusaha memenuhi tanggung jawab kepada komunitas.

Celsius telah terpukul dengan pertemuan faktor-faktor yang telah menempatkannya di ambang potensi kebangkrutan. Penurunan pasar telah mengikis nilai aset yang dimilikinya. Sementara eksposur besar ke token yang disebut Staked Ether, atau stETH, telah memperburuk masalah likuiditas Celsius.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SEC Selidiki Kasus Platform Pinjaman Kripto Celsius

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) dan beberapa regulator negara bagian dilaporkan sedang menyelidiki keputusan pemberi pinjaman kripto Celsius Network karena membekukan penarikan.

Direktur penegakan Texas Joseph Rotunda menjelaskan pejabat yang mewakili lima regulator sekuritas negara bagian bertemu Senin pagi pekan lalu untuk memulai penyelidikan menyusul pengumuman pembekuan penarikan Celsius pada Minggu malam.

"Saya sangat prihatin klien termasuk banyak investor ritel mungkin perlu segera mengakses aset mereka namun tidak dapat menarik diri dari akun mereka. Ketidakmampuan untuk mengakses investasi mereka dapat mengakibatkan konsekuensi keuangan yang signifikan," ujar Rotunda dikutip dari Bitcoin.com, Senin (20/6/2022).

Rotunda mengatakan, dia dan timnya mengetahui tentang pembekuan akun Celsius dari tweet dan posting blog perusahaan pada Minggu malam.

“Karena kondisi pasar yang ekstrem, hari ini kami mengumumkan bahwa Celsius menghentikan semua penarikan, pertukaran, dan transfer antar akun,” tulis perusahaan itu.

Direktur Komisi Sekuritas Alabama Joseph Borg mengatakan kepada publikasi SEC juga telah berkomunikasi dengan Celsius, mengatakan pemberi pinjaman kripto telah responsif terhadap pertanyaan dari regulator.

Tahun lalu, regulator di sejumlah negara bagian, termasuk Alabama, Kentucky, New Jersey, dan Texas mencapai Celcius dengan perintah penghentian dan penghentian atas produk-produk berbunga pemberi pinjaman, yang menurut mereka harus didaftarkan sebagai sekuritas.

Setelah pembekuan penarikan, Celsius dilaporkan mencari bantuan dari Akin Gump Strauss Hauer & Feld, sebuah firma hukum yang berspesialisasi dalam restrukturisasi keuangan. Pemberi pinjaman kripto juga dilaporkan mempekerjakan Citigroup sebagai penasihat.

3 dari 4 halaman

Kondisi Pasar Ekstrem, Platform Pinjaman Kripto Celsius Bekukan Penarikan

Sebelumnya, platform pinjaman cryptocurrency, Celsius mengungkapkan pada Senin (13/6/2022), pihaknya menghentikan semua penarikan.

Celsius adalah salah satu pemain terbesar di ruang pinjaman kripto yang baru lahir, dengan lebih dari USD 8 miliar atau sekitar Rp 117,5 triliun dipinjamkan kepada klien dan hampir USD 12 miliar aset yang dikelola pada Mei. 

Grup ini menawarkan kepada pengguna tingkat bunga yang lebih tinggi dari rata-rata untuk simpanan mereka.

"Karena kondisi pasar yang ekstrem, hari ini kami mengumumkan Celsius menghentikan semua penarikan, Swap, dan transfer antar akun,” kata perusahaan itu dalam memo kepada klien, dikutip dari CNBC, Senin, 13 Juni 2022.

Langkah ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang solvabilitas Celsius. Perusahaan telah melihat nilai asetnya berkurang lebih dari setengahnya sejak Oktober, ketika menangani dana klien senilai USD 26 miliar. Token kripto Celsius, yaitu CEL juga telah kehilangan 97 persen nilainya dalam jangka waktu yang sama. 

"Bertindak demi kepentingan komunitas kami adalah prioritas utama kami. Untuk memenuhi komitmen itu dan untuk mematuhi kerangka kerja manajemen risiko kami, kami telah mengaktifkan klausul dalam Ketentuan Penggunaan kami yang memungkinkan proses ini berlangsung.

Celsius memiliki aset berharga dan kami bekerja dengan rajin untuk memenuhi kewajiban kami,” lanjut pengumuman perusahaan. 

Pelaku pasar banyak menyebut Celsius memiliki eksposur ke stablecoin terra USD yang sekarang runtuh. Namun, pihak Celsius membantahnya.

 

4 dari 4 halaman

Sentimen Negatif Bayangi Pasar Kripto

Baru minggu lalu, perusahaan mengatakan tidak memiliki masalah dalam memenuhi permintaan penarikan. Celsius mengatakan memiliki cadangan dan "lebih dari cukup" cryptocurrency Ethereum, untuk memenuhi kewajiban.

Pada April lalu, bos Celsius Alex Mashinsky mengatakan kepada CNBC perusahaannya memegang agunan rata-rata 300 persen untuk setiap pinjaman yang ditawarkannya kepada investor ritel, sedangkan untuk investor institusional menerbitkan pinjaman tanpa jaminan.

Beberapa jam sebelum mengumumkan pembekuan penarikan akun, Mashinsky mengecam investor kripto yang meningkatkan kekhawatiran dengan Celsius.

"Apakah Anda tahu bahkan satu orang yang memiliki masalah menarik diri dari Celsius?" Mashinsky bertanya, sebelum menuduh investor menyebarkan "informasi yang salah."

Pinjaman kripto masih merupakan area abu-abu dalam regulasi saat ini. Regulator pasar AS. percaya banyak produk harus diperlakukan sebagai sekuritas yang tunduk pada aturan ketat untuk memastikan investor dilindungi.

Kepala internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar mengatakan keputusan Celsius untuk menghentikan penarikan telah memperburuk aksi jual cryptocurrency, yang telah berada di bawah tekanan karena kekhawatiran seputar kenaikan inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi.

"Bencana Luna/Terra berpotensi memiliki banyak kerangka tersembunyi di lemari, yang sekarang berpotensi kita lihat keluar. Kepercayaan pada produk hasil panen ini pasti terpengaruh dan kita mungkin akan melihat regulasi luas tentang produk semacam itu dalam waktu dekat,” ujar Ayyar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.