Grup WIR Bangun Platform Metaverse di 22 Negara Mediterania

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 21 Jun 2022, 15:07 WIB
Diperbarui 21 Jun 2022, 15:07 WIB
Panel diskusi dengan tema "Indonesia to Enter The Metaverse - What's In It For Us?" yang diselenggarakan Grup WIR, Jumat (10/6/2022). (Foto: Liputan6.com/Gagas Y.P)
Perbesar
Panel diskusi dengan tema "Indonesia to Enter The Metaverse - What's In It For Us?" yang diselenggarakan Grup WIR, Jumat (10/6/2022). (Foto: Liputan6.com/Gagas Y.P)

Liputan6.com, Jakarta - PT WIR Asia Tbk (Grup WIR) perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) telah menyepakati kerja sama dengan Mediterranean Tourism Foundation (MTF) untuk membangun “Metaverse for Mediterranean Countries”. 

Proyek ini akan dimulai dari negara Malta dan selanjutnya diikuti oleh negara negara Mediterania yang tergabung dalam anggota MTF. 

Nota Kesepahaman untuk kerja sama ini ditandatangani bersama oleh Secretary General Mediterranean Tourism Foundation. Andrew Agius Muscat dan Overseas Business Director and Government Relations WIR, Yasha Yasrin Chatab, di Malta, dengan disaksikan oleh Komisaris Utama & Co-Founder WIR, Daniel Surya, pada Selasa, 14 Juni 2022 di Malta. 

MTF merupakan lembaga nirlaba dan nonpemerintah yang didirikan berdasarkan hukum yang berlaku di wilayah Malta. Lembaga ini secara konsisten memberikan perhatian kepada pengembangan pariwisata di kawasan Mediterania.

Ditunjuknya WIR oleh MTF untuk mengembangkan metaverse di kawasan Mediterania, menunjukkan pengakuan global akan kemampuan dan keahlian WIR yang terus bekerja keras melakukan inovasi dan upaya pengembangan teknologi yang sejalan dengan tujuan WIR, yakni providing a liveable world of metaverse for everyone. 

Selama ini kawasan Mediterania dikenal sebagai salah satu ikon pariwisata global yang memegang peranan kunci dalam menggerakkan perekonomian Uni Eropa,  dengan pangsa sebesar 30 persen dari pasar pariwisata global dan kontribusi sebesar 23 persen pendapatan global dari sektor pariwisata.

Menurut artikel Over 60 Millennial Travel Statistics (2022), ketika melakukan perjalanan wisata, Gen Z dan generasi Milenial yang sangat familiar dengan penggunaan teknologi digital memiliki kecenderungan untuk fokus pada pengalaman yang terasa otentik dan kental akan nilai warisan budaya. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

Hasil Penelitian

Metaverse
Perbesar
Ilustrasi metaverse. (Pexels.com/ThisIsEngineering)

Masih menurut artikel tersebut, teknologi digunakan untuk memesan jasa atau produk travel, di mana sebanyak 66 persen Milenial memanfaatkan teknologi digital melalui smartphone.

Sementara data hasil penelitian lain yang dilakukan Advisia juga mengungkap 69,35 persen Gen Z yang disurvei menunjukkan sikap positif terhadap metaverse, dan sebanyak 65,81 persen bersedia mengeluarkan uang untuk metaverse.

“Dari data-data itu kami melihat pengembangan pariwisata melalui teknologi metaverse di negara-negara kawasan Mediterania ini dapat menjadi terobosan dan alat dalam menentukan strategi yang tepat untuk menyasar para wisatawan masa depan (NextGen tourist),” ujar Yasha dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (21/6/2022). 

Sebelumnya WIR mendapat kehormatan dengan menerima penghargaan dari Mediterranean Tourism Forum atas inovasi dan komitmennya dalam mendukung pengembangan industri pariwisata di Malta melalui pengembangan teknologi dan program edukasi yang mendorong hadirnya teknologi Augmented Reality dalam industri pariwisata. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Malta George Vella kepada Daniel Surya, dalam acara Gala Dinner yang diselenggarakan Senin, 13 Juni 2022 di Mediterranean Conference Centre, Valetta, Malta.


Raih Penghargaan dari Presiden Malta

Sebelumnya,  PT WIR Asia Tbk (Grup WIR), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) mendapat kehormatan dengan menerima penghargaan The Mediterranean Tourism Great Sea Awards.

Penghargaan itu diperoleh atas kontribusi nyata dalam bentuk pembangunan kesadaran para pemangku kepentingan serta inisiatif pariwisata yang inovatif, kompetitif, dan berkelanjutan pada ajang Mediterranean Tourism Awards 2022 yang merupakan bagian dari rangkaian acara Mediterranean Tourism Forum 2022. 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden Malta, George Vella kepada Komisaris Utama dan Co-Founder Grup WIR, Daniel Surya, dalam acara Gala Dinner yang diselenggarakan Senin, 13 Juni 2022 di Mediterranean Conference Centre Valetta, Malta.

Setiap tahun Mediterranean Tourism Foundation menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dan memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh atas pekerjaan dan kontribusi mereka dalam mempromosikan pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan di seluruh kawasan Mediterania. 

Penghargaan yang diberikan kepada Grup WIR merupakan bentuk pengakuan sekaligus apresiasi dari negara yang terletak di Laut Mediterania di Eropa bagian Selatan. 

Hal ini atas konsistensi WIR untuk membangun kesadaran seluruh pemangku kepentingan yang berada di wilayah Mediterania akan potensi penggunaaan dunia virtual dan semua elemennya, baik itu pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) maupun Artificial Intelligence (AI) untuk memajukan sektor pariwisata di negara tersebut.

Inisiatif gamifikasi MINAR yang dibangun oleh PT Mata Nilai Republik, anak perusahaan WIR yang bergerak di bidang teknologi kreatif,  digital reality dan aplikasi permainan pada 2019 sebagai salah satu aplikasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam mendorong sektor pariwisata di Malta.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya