Sukses

FBI Sebut LinkedIn Digunakan untuk Penipuan Kripto

Penipu memanfaatkan kepercayaan yang diperoleh selama berbulan-bulan untuk mengarahkan pengguna investasi.

Liputan6.com, Jakarta - FBI dan LinkedIn (LNKD) saat ini tengah bekerja sama untuk memerangi para jaringan penipu yang menggunakan platform pencarian kerja untuk memikat investor ke dalam skema penipuan cryptocurrency.

Agen khusus FBI, Sean Ragan mengatakan pelaku jahat menimbulkan "ancaman signifikan" bagi LinkedIn dan konsumennya. Ragan sendiri bertanggung jawab atas kantor lapangan San Francisco dan Sacramento, California.

"Aktivitas penipuan jenis ini signifikan, dan ada banyak calon korban, dan ada banyak korban di masa lalu dan saat ini,” kata Ragan dikutip dari CoinDesk, Sabtu (18/6/2022). 

Ragan menjelaskan sedikit skenario yang dilakukan para penjahat. Seorang penipu akan berpura-pura sebagai profesional dengan profil palsu dan menghubungi pengguna LinkedIn, dimulai dengan obrolan ringan sebelum beralih ke tawaran untuk menghasilkan uang melalui investasi kripto. 

Akhirnya, penipu memanfaatkan kepercayaan yang diperoleh selama berbulan-bulan untuk mengarahkan pengguna menginvestasikan uang ke situs yang dikendalikan oleh pelaku, dan kemudian menguras akun.

Sekelompok korban mengatakan kepada CNBC kerugian mereka berkisar dari USD  200.000 atau sekitar Rp 2,9 miliar hingga USD 1,6 juta (Rp 23,7 miliar).

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Penipuan Investasi Khusus

FBI telah melihat peningkatan penipuan investasi khusus ini, kata Ragan, membenarkan juga mereka memiliki penyelidikan aktif tetapi tidak dapat berkomentar karena itu adalah kasus terbuka.

LinkedIn mengakui dalam sebuah pernyataan kepada CNBC, telah terjadi peningkatan penipuan baru-baru ini di platformnya. 

"Kami bekerja setiap hari untuk menjaga keamanan anggota kami, dan ini termasuk berinvestasi dalam pertahanan otomatis dan manual untuk mendeteksi dan menangani akun palsu, informasi palsu, dan dugaan penipuan," kata perusahaan itu.

Sementara itu, LinkedIn mengatakan tidak memberikan perkiraan tentang berapa banyak uang yang telah dicuri dari anggota melalui platformnya, ia mengatakan telah menghapus lebih dari 32 juta akun palsu dari platformnya pada 2021, menurut laporan tengah tahunan tentang penipuan, tambah laporan itu. 

Laporan tersebut mengungkapkan mayoritas pelaku telah dilacak oleh Organisasi Anti-Scam Global, sebuah kelompok advokasi dan pendukung korban.

3 dari 4 halaman

Pasar Kripto Kembali Melemah Usai di Zona Hijau

Sebelumnya, kripto sempat menguat pada Kamis, 16 Juni 2022 setelah Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell mengumumkan kenaikan suku bunga acuan sebesar 0,75 persen.

Kenaikan itu mengembalikan sedikit keuntungan investor di tengah kekhawatiran tentang kenaikan harga, gejolak global dan resesi yang membayangi.

Namun, tak sampai satu hari, pasar kripto kembali terjadi koreksi yang membuat Bitcoin dan alternatif coin (Altcoin) teratas lainnya tertahan di zona merah. Bitcoin baru-baru ini diperdagangkan tepat di atas USD 20.300 atau sekitar Rp 310,2 juta, turun lebih dari 10 persen selama 24 jam sebelumnya. 

Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar setelah bitcoin, sedang menguji pertahanan di level USD 1.050 turun lebih dari 15 persen dalam periode yang sama. 

Analis senior FxPro, Alex Kuptsikevich mengatakan investor harus siap dengan rebound yang hanya sesaat dan tersendat. 

"Investor harus siap karena cryptocurrency dan aset berisiko di pasar keuangan tidak mungkin bisa diandalkan untuk bangkit kembali sebelum ada sinyal ekonomi telah berhenti melambat,” kata Kuptsikevich dikutip dari CoinDesk, Jumat (17/6/2022). 

Untuk industri cryptocurrency, pengamat celsius terus memantau dampak terbaru dari keputusan platform pinjaman untuk menghentikan penarikan dan berita lainnya. CoinDesk melaporkan Texas, Alabama, dan negara bagian lain sedang menyelidiki keputusan Celsius sehubungan dengan kebutuhan investor. 

Pengusaha dan pembawa acara Shark Tank, Kevin O'Leary mengatakan dalam sebuah wawancara bersama CoinDesk, strategi Celsius terbukti salah. 

“Sepertinya ketika tiba saatnya untuk likuiditas, mereka tidak dapat menyediakan likuiditas. Konsep gerbang, penutupan sepenuhnya bertentangan dengan konsep keuangan terdesentralisasi. Jika saya memiliki akun di sana, saya akan menjadi koboi yang sangat marah,” ujar O'Leary. 

4 dari 4 halaman

Berkorelasi dengan Saham

O'Leary juga melihat bitcoin terus turun, mungkin 20 persen, tetapi dia membuat catatan optimistis tentang masa depan kripto. Dia mencatat ada perkembangan dan adopsi lain di industri kripto, salah satunya WonderFi Technologies menjadi bursa kripto pertama yang terdaftar di bursa saham institusional utama di Kanada, Bursa Efek Toronto, dan inisiatif serupa di negara lain. 

"Ini soal melahirkan. Ini adalah awal dari industri yang baru lahir. Ide-ide buruk harus disingkirkan. Anda harus melepaskan plester luka. Ini semua baik-baik saja,” ujar O'Leary. 

Harga Cryptocurrency, masih berkorelasi dengan saham dalam beberapa bulan terakhir, kripto sekali lagi melacak indeks saham utama. Dow Jones Industrial Average, anjlok di bawah 30.000 untuk pertama kalinya dalam 18 bulan setelah ditutup turun 2,4 persen untuk hari itu. 

S&P 500, yang memasuki wilayah pasar bearish awal pekan ini turun 3,3 persen sementara Nasdaq yang sarat teknologi jatuh 4,1 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.