Sukses

Pendukung Kripto Ini Optimistis Bitcoin Dapat Sentuh Rp 14,6 Miliar pada 2030

Pendukung kripto, CEO Valkyrie, Leah Wald menyampaikan tiga faktor yang mendukung harga bitcoin.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pendukung kripto, CEO Valkyrie, Leah Wald baru-baru ini membagikan pandangan optimisnya untuk Bitcoin meskipun kondisi pasar masih tertekan. 

Wald menuturkan, Bitcoin bisa menembus USD 1 juta atau sekitar Rp 14,6 miliar pada 2030. Menurut dia, hal itu karena kapitalisasi pasar Bitcoin masih mewakili sebagian kecil dari aset global dan kemungkinan akan meningkat seiring negara-bangsa mengadopsi sebagai alat pembayaran yang sah.

"Ada 3 faktor yang mendukung itu. Pertama, basis investor bitcoin yang matang yang berfokus pada jangka panjang. Kedua, bitcoin mengambil pangsa pasar sebagai jaringan penyelesaian global, dan ketiga investor institusi tertarik ke ruang tersebut," ujar Wald dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (16/6/2022). 

Menurut Wald, target USD 1 juta adalah semacam seruan bagi para setia bitcoin, terutama selama serangan turbulensi di klrpto benchmark, seperti yang terjadi saat ini.

"Saya pikir kita harus melihat apakah kita mencapai angka USD 1 juta atau terus turun selama bertahun-tahun ke depan. Tetapi pada akhirnya, satu bitcoin masih sama dengan satu bitcoin jadi perdagangkan sesuai dan lindung nilai dengan tepat,” kata Wald

Harga Bitcoin turun di bawah USD 22.000 minggu ini dalam penerbangan yang lebih luas menuju keamanan di pasar. Nilai total pasar kripto juga telah anjlok hingga di bawah USD 1 triliun, dari sekitar USD 3 triliun pada akhir 2021. 

Penurunan yang terjadi di pasar kripto tak hanya berdampak pada harga tetapi juga bagi perusahaan yang berfokus pada industri kripto. Misalnya saham Coinbase yang turun dan rencana PHK sebanyak 1.100 karyawannya. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 16 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang beragam pada Kamis pagi, 16 Juni 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas berhasil menguat dan keluar dari zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (16/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menuguat 3,86 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 26,05 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 22.429,99 per koin atau setara Rp 329.5 juta (asumsi kurs Rp 14.695 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 4,55 persen. Namun masih melemah 31,73 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.230,33 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 5,41 persen, tetapi masih anjlok 20,82 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 229,17 per koin. 

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) masih menguat sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA naik 13,07 persen, tetapi masih melemah 18,18 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5311 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga berhasil menguat pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 20,36 persen. Namun masih melemah 12,70 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 34,15 per koin.

XRP juga turut menguat tipis. XRP naik 8,65 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 15,29 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3407 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9988. Sedangkan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih berada di level USD 1,00.

 

4 dari 4 halaman

Gubernur Bank Sentral Inggris: Investor Harus Siap Kehilangan Uang Jika Investasi Kripto

Sebelumnya, Gubernur Bank of England (BoE), Andrew Bailey kembali membagikan kekhawatirannya tentang investasi cryptocurrency kepada para investor. Hal tersebut ia sampaikan kepada Komite Akun Publik parlemen Inggris pada Senin (13/6/2022).

Menanggapi pertanyaan tentang bagaimana tugas regulator untuk melindungi konsumen dapat berbenturan dengan rencana pemerintah untuk mempromosikan inovasi keuangan, Bailey mengatakan jika ingin investasi dalam aset ini, boleh saja, tetapi bersiaplah untuk kehilangan semua uang.

"Orang mungkin masih ingin membelinya karena memiliki nilai ekstrinsik. Orang menilai sesuatu karena alasan pribadi. Tetapi mereka tidak memiliki nilai intrinsik. Pagi ini kita telah melihat ledakan lain dalam pertukaran kripto,” ujar Bailey dikutip dari Bitcoin.com, Rabu, 15 Juni 2022.

Bailey mengacu pada pemberi pinjaman kripto Celsius yang tiba-tiba membekukan penarikan. Setelah aksi jual selama akhir pekan, pasar kripto berada dalam pertumpahan darah pada Senin.

Gubernur bank sentral Inggris telah memperingatkan pada beberapa kesempatan bitcoin tidak memiliki nilai intrinsik. Pada Mei, dia juga mengatakan BTC bukanlah alat pembayaran yang praktis. 

Pada April, ia mengklaim kripto menciptakan “peluang bagi penjahat sejati.” Tahun lalu, dia juga memperingatkan cryptocurrency berbahaya. Sementara itu, Bank of England mengatakan pada Maret aset kripto menghadirkan risiko stabilitas keuangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.