Sukses

Harga Bitcoin Mulai Stabil, Investor Bereaksi Positif Setelah Pengumuman Rapat The Fed

Sebelumnya kripto sempat turun setelah pengumuman kenaikan suku bunga oleh The Fed.

Liputan6.com, Jakarta - Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar Bitcoin, pada Kamis pagi (16/6/2022) bergerak melewati USD 22.700 atau sekitar Rp 333,7 juta melonjak 3,6 persen dari posisinya 24 jam sebelumnya. Secara keseluruhan pasar kripto sedikit lebih stabil meski sempat turun sesaat.

Setelah mendengar berita bank sentral AS atau the Fed akan menaikkan suku bunga dengan kenaikan tertinggi dalam lebih dari seperempat abad, harga bitcoin turun menuju USD 20.000. Namun, harga pulih tak lama setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell membuat pengumumannya.

Investor saat ini bereaksi positif terhadap obat inflasi dari the Fed dan indikasi itu akan melanjutkan hawkishness moneternya. Emas, safe haven tradisional yang telah turun di hari-hari sebelumnya, naik 1,2 persen.

Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, juga turun terlebih dahulu sebelum naik sekitar 4 persen hingga melampaui USD 1.200. Altcoin utama lainnya berada di zona hijau dengan Solana (SOL) naik 20 persen pada satu titik, dan Polkadot (DOT) naik lebih dari 15 persen. 

Peningkatan tersebut memulihkan sebagian besar kerugian yang dialami oleh kripto utama selama enam hari terakhir setelah pertama-tama Indeks Harga Konsumen yang mengejutkan menunjukkan inflasi yang tidak terkendali dan kemudian keputusan platform pinjaman kripto Celsius untuk menghentikan penarikan.

CEO perusahaan kripto Elementus, Max Galka menuturkan ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan telah menguasai pasar kripto, berpindah dari satu pihak ke pihak lainnya. 

“Hari ini Celcius, besok kemungkinan akan menjadi entitas lain. Ketika siklus ini dimulai, aset eksotis seperti cryptocurrency adalah yang pertama dijual di antara investor institusional, dan kita semua akan tahu di mana jalannya berakhir,” ujar Galka dikutip dari CoinDesk, Kamis (16/6/2022). 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhitungkan Dampak Celsius

Sementara itu, industri kripto terus memperhitungkan dampak dari Celsius dan runtuhnya stablecoin terra USD (UST) dan token LUNA bulan lalu yang mendukungnya. Bitcoin diperdagangkan mendekati USD 40.000 sebelum UST kehilangan pasak dolarnya pada awal Mei, dan bencana ganda telah merusak kepercayaan investor kripto. 

Galka mencatat kesamaan dalam lingkungan saat ini dengan krisis keuangan 2008 ketika pasar ekuitas anjlok.

"Kondisi pasar saat ini di sekitar Terra dan Celsius, dan apa yang direpresentasikan oleh kedua belah pihak murni sebagai katalis psikologis, tampaknya memiliki peluang untuk jatuh lagi pada 2008," jelas Galka.

"Ada pembeda penting yang pasti, Terra USD adalah protokol cacat yang rentan terhadap serangan, sementara rumah yang dijual pada 2008 turun nilai fundamentalnya. Namun, dalam kedua kasus, ketakutan yang meluas adalah motivator utama, yang diperkenalkan oleh kemungkinan risiko menjadi realitas,: lanjut dia.

Harga kripto kembali selaras dengan kenaikan saham pada Rabu dengan Nasdaq naik 2,5 persen untuk membalikkan beberapa penurunan tajam dari awal minggu ini. S&P 500, naik 1,4 persen untuk mematahkan penurunan beruntun lima hari. 

Ketua The Fed, Jerome Powell mengatakan kejutan inflasi minggu lalu memerlukan "tindakan keras pada pertemuan ini" daripada menunggu enam minggu lagi untuk pertemuan berikutnya. 

“Kami memutuskan kami harus melanjutkan, dan kami melakukannya. Kami sampai pada pandangan bahwa kami ingin melakukan sedikit lebih banyak pemuatan front-end untuk itu,” kata Powell.

Powell mencatat peningkatan 50 basis poin atau 75 basis poin tampaknya paling mungkin terjadi pada pertemuan kami berikutnya.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 16 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang beragam pada Kamis (16/6/2022) pagi. Mayoritas kripto jajaran teratas berhasil menguat dan keluar dari zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis 16 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menuguat 3,86 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 26,05 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 22.429,99 per koin atau setara Rp 329.5 juta (asumsi kurs Rp 14.695 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 4,55 persen. Namun masih melemah 31,73 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.230,33 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 5,41 persen, tetapi masih anjlok 20,82 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 229,17 per koin. 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) masih menguat sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA naik 13,07 persen, tetapi masih melemah 18,18 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5311 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga berhasil menguat pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 20,36 persen. Namun masih melemah 12,70 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 34,15 per koin.

XRP juga turut menguat tipis. XRP naik 8,65 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 15,29 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3407 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9988. Sedangkan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih berada di level USD 1,00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.