Sukses

Token Celsius Turun 70 Persen Setelah Bekukan Penarikan

Penurunan CEL Coin terjadi di tengah aksi jual yang membuat kapitalisasi pasar kripto turun menjadi kurang dari USD 1 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kehancuran pasar kripto yang lebih luas, platform pinjaman kripto Celsius mengumumkan beberapa hari lalu mereka menangguhkan semua penarikan pada platform pinjamannya, dengan alasan “kondisi pasar yang ekstrem” dan kebutuhan untuk “menstabilkan likuiditas”.

Beberapa jam setelah pengumuman, token asli Celsius, CEL, anjlok 70 persen dalam satu jam pada hari berikutnya itu diperdagangkan di lebih dari 40 persen turun. 

Penurunan CEL Coin terjadi di tengah aksi jual raksasa yang membuat total kapitalisasi pasar kripto turun menjadi kurang dari USD 1 triliun sekitar Rp 14.731 triliun, atau lebih dari dua pertiga dari level tertinggi sepanjang masa sebesar USD 3 triliun. 

Dilansir dari Decrypt, Rabu (15/6/2022), penyebab jangka pendek dari masalah Celsius tampaknya disebabkan oleh Lido's Staked Ether (stETH), sebuah token yang dipatok ke ETH Ethereum. 

stETH mewakili ETH yang terkunci pada rantai suar Ethereum 2.0, rantai yang berjalan paralel dengan blockchain Ethereum utama yang pada akhirnya akan bergabung dengan mainnet Ethereum dalam peristiwa yang dikenal sebagai Penggabungan, mentransisikan jaringan dari mekanisme konsensus bukti kerja ke bukti mempertaruhkan.

Pada platform DeFi, stETH sering digunakan sebagai jaminan untuk meminjam ETH. Masalahnya, stETH baru-baru ini kehilangan pasaknya ke ethereum, mengancam posisi tersebut. Dengan penjualan pemegang saham dan tanggal Penggabungan yang terperosok dalam ketidakpastian, sekarang ada tekanan jual yang besar pada stETH.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan Defi dan Celsius

Jadi apa hubungannya dengan Celcius? Platform DeFi telah mengunci dana pelanggan ke dalam stETH, dan depegging stETH dapat memicu gelombang penebusan, memicu krisis likuiditas.

Celsius cukup umum di antara platform pinjaman keuangan terdesentralisasi (DeFi). Siapa pun dapat naik dan meminjamkan dan meminjam uang, tetapi jika mereka tertarik pada yang terakhir, pinjaman tersebut perlu dijaminkan secara berlebihan, yang berarti peminjam harus menyetor lebih banyak daripada yang mereka pinjam. 

Ini berlawanan dengan intuisi kebanyakan orang, tetapi ingat, kripto saat ini tidak diatur, jadi tidak ada penagih utang untuk menjaga peminjam agar tidak gagal bayar. Jadi, sementara DeFi menawarkan janji sistem keuangan alternatif dengan menawarkan hasil yang lebih kompetitif daripada rekening tabungan, masih ada hambatan modal dan teknologi untuk masuk.

Setelah pengguna mengambil risiko dan menaruh sejumlah uang pada protokol, mereka dapat memperoleh hasil yang menarik. Menurut situs webnya, Celsius menawarkan pengembalian lebih dari 7 persen pada stablecoin seperti USDC dan Tether, 7,25 persen untuk Polygon, 6 persen untuk Ethereum, dan 6,25 persen untuk Bitcoin.

Token CEL Celsius terjun bebas tak lama setelah pengumuman mereka menangguhkan penarikan pada 13 Juni. Pasar kripto lainnya tampaknya mengikuti, meskipun dengan kerugian yang tidak terlalu mencolok.

3 dari 4 halaman

Kondisi Pasar Ekstrem, Platform Pinjaman Kripto Celsius Bekukan Penarikan

Sebelumnya, platform pinjaman cryptocurrency, Celsius mengungkapkan pada Senin (13/6/2022), pihaknya menghentikan semua penarikan.

Celsius adalah salah satu pemain terbesar di ruang pinjaman kripto yang baru lahir, dengan lebih dari USD 8 miliar atau sekitar Rp 117,5 triliun dipinjamkan kepada klien dan hampir USD 12 miliar aset yang dikelola pada Mei. 

Grup ini menawarkan kepada pengguna tingkat bunga yang lebih tinggi dari rata-rata untuk simpanan mereka.

"Karena kondisi pasar yang ekstrem, hari ini kami mengumumkan Celsius menghentikan semua penarikan, Swap, dan transfer antar akun,” kata perusahaan itu dalam memo kepada klien, dikutip dari CNBC, Senin, 13 Juni 2022.

Langkah ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang solvabilitas Celsius. Perusahaan telah melihat nilai asetnya berkurang lebih dari setengahnya sejak Oktober, ketika menangani dana klien senilai USD 26 miliar. Token kripto Celsius, yaitu CEL juga telah kehilangan 97 persen nilainya dalam jangka waktu yang sama. 

"Bertindak demi kepentingan komunitas kami adalah prioritas utama kami. Untuk memenuhi komitmen itu dan untuk mematuhi kerangka kerja manajemen risiko kami, kami telah mengaktifkan klausul dalam Ketentuan Penggunaan kami yang memungkinkan proses ini berlangsung.

Celsius memiliki aset berharga dan kami bekerja dengan rajin untuk memenuhi kewajiban kami,” lanjut pengumuman perusahaan. 

Pelaku pasar banyak menyebut Celsius memiliki eksposur ke stablecoin terra USD yang sekarang runtuh. Namun, pihak Celsius membantahnya.

4 dari 4 halaman

Sentimen Negatif Bayangi Kripto

Baru minggu lalu, perusahaan mengatakan tidak memiliki masalah dalam memenuhi permintaan penarikan. Celsius mengatakan memiliki cadangan dan "lebih dari cukup" cryptocurrency Ethereum, untuk memenuhi kewajiban.

Pada April lalu, bos Celsius Alex Mashinsky mengatakan kepada CNBC perusahaannya memegang agunan rata-rata 300 persen untuk setiap pinjaman yang ditawarkannya kepada investor ritel, sedangkan untuk investor institusional menerbitkan pinjaman tanpa jaminan.

Beberapa jam sebelum mengumumkan pembekuan penarikan akun, Mashinsky mengecam investor kripto yang meningkatkan kekhawatiran dengan Celsius.

"Apakah Anda tahu bahkan satu orang yang memiliki masalah menarik diri dari Celsius?" Mashinsky bertanya, sebelum menuduh investor menyebarkan "informasi yang salah."

Pinjaman kripto masih merupakan area abu-abu dalam regulasi saat ini. Regulator pasar AS. percaya banyak produk harus diperlakukan sebagai sekuritas yang tunduk pada aturan ketat untuk memastikan investor dilindungi.

Kepala internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar mengatakan keputusan Celsius untuk menghentikan penarikan telah memperburuk aksi jual cryptocurrency, yang telah berada di bawah tekanan karena kekhawatiran seputar kenaikan inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi.

"Bencana Luna/Terra berpotensi memiliki banyak kerangka tersembunyi di lemari, yang sekarang berpotensi kita lihat keluar. Kepercayaan pada produk hasil panen ini pasti terpengaruh dan kita mungkin akan melihat regulasi luas tentang produk semacam itu dalam waktu dekat,” ujar Ayyar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.