Sukses

Bitcoin Anjlok Lagi, Ternyata Ini Penyebabnya

Pemicu langsung penurunan kripto tampaknya adalah aksi jual oleh investor di tengah kekhawatiran inflasi yang meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar cryptocurrency telah jatuh ke titik terendah baru tahun ini hari ini. Kapitalisasi pasar global telah menyusut menjadi USD 1,02 triliun atau sekitar Rp 14.976 triliun dari USD 1,10 triliun yang tercatat kemarin. 

Kapitalisasi pasar cryptocurrency global telah turun sekitar USD 1 triliun tahun ini sementara hampir setiap koin teratas sekarang bernilai setengah atau bahkan kurang dari nilai tertinggi sepanjang masa.

Pemicu langsung untuk penurunan kripto tampaknya adalah aksi jual besar-besaran oleh investor di tengah kekhawatiran inflasi yang meningkat. Investor juga terus menjauh dari aset berisiko, yang juga mencerminkan pasar saham.

Bitcoin, cryptocurrency terbesar dan terpopuler, telah jatuh ke USD 25.586 sementara hampir setiap altcoin, mulai dari Ethereum, mengalami penurunan harga sejak akhir pekan.

Ethereum telah jatuh ke level terendah dalam lebih dari 14 bulan, diperdagangkan saat ini di sekitar USD 1.350 pada saat penulisan. Solana telah turun hampir 30 persen dan berada di sekitar USD 29,00.

Para ahli mengatakan penurunan harga kripto menunjukkan selera risiko investor yang menurun. Mereka jelas waspada terhadap aset berisiko. Dengan segala ketidakpastian dan volatilitasnya, kripto dianggap sebagai salah satu instrumen yang paling fluktuatif untuk tujuan investasi.

Co-Founder dan CEO platform investasi kripto Mudrex, Edul Patel mengatakan pasar kripto telah berada di bawah tekanan dari Federal Reserve, menaikkan suku bunga untuk memerangi inflasi selama beberapa bulan terakhir. 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor yang Bayangi Harga Bitcoin

 

“Bitcoin, Ethereum, dan sebagian besar cryptocurrency menderita kerugian selama akhir pekan setelah aksi jual luas menyusul data yang menunjukkan inflasi AS mencapai level tertinggi 40 tahun,” kata Patel, dikutip dari Financial Express, Senin (13/6/2022).

“Karena investor tampaknya panik, jumlah likuidasi kripto telah tinggi sejak Jumat. Bitcoin dan Ethereum masing-masing anjlok sebanyak 7 persen dan saat ini diperdagangkan pada level terendah nya di USD 25.000 dan USD 1.300. Tren bearish kemungkinan akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, altcoin secara historis berkinerja buruk terhadap Bitcoin, kali ini mereka memiliki tekanan tambahan dari hambatan regulasi potensial. Sebuah laporan oleh CoinDesk mengutip seorang ahli yang mengatakan hanya sejumlah kecil altcoin yang mungkin bertahan dari pergerakan pasar seperti itu.

CEO pertukaran kripto BuyUcoin, Shivam Thakral mengatakan kenaikan harga makanan, gas, dan energi memberikan tekanan luar biasa pada pasar kripto karena Bitcoin dan Ether telah mengalami kerugian dua digit dalam 24 jam terakhir.

 

 

3 dari 4 halaman

Di Zona Oversold

"Setelah indeks harga konsumen melaporkan inflasi tertinggi sejak 1981, pasar keuangan di seluruh dunia mengalami penurunan tajam," ujar Thakral.

“Pasar diperkirakan akan tetap berombak dalam beberapa minggu mendatang dan negara-negara di seluruh dunia terus melaporkan angka inflasi yang tinggi. Penurunan harga kripto saat ini memungkinkan investor untuk membeli kripto pada harga 2021 dan kami berharap investor berpengalaman mengambil keuntungan dari penurunan tersebut,” ujar Thakral.

Bitcoin di Zona Oversold

Analis di WazirX Trade Desk menjelaskan, Bitcoin menghadapi koreksi signifikan lainnya, turun lebih dari 10 persen dan turun menjadi hampir USD 25.000, terendah dalam lebih dari 5 bulan. Menariknya, Indeks Dolar (DXY) juga berada di level tertinggi enam bulan, naik 2 persen di hari terakhir saja yang menyebabkan penurunan di pasar saham dan kripto. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Ethereum

Pada kerangka waktu harian, tren BTC telah menembus di bawah pola segitiga panjang yang terbentuk. Dukungan langsung dan kunci diharapkan pada USD 24,000. Indeks RSI turun di bawah 30 saat Bitcoin memasuki zona oversold. 

Sementara itu, Ethereum terkoreksi lebih dari 20 persen selama seminggu terakhir. Ethereum terhadap Bitcoin turun lebih dari 11 persen pada periode yang sama ketika Dominasi Bitcoin menembus di atas 48 persen untuk pertama kalinya dalam hampir satu tahun.

“Grafik harian untuk ETH-BTC telah menembus di bawah pola saluran turun dan jatuh di bawah support sebelumnya di 0,055. Dukungan berikutnya untuk ETH-BTC diharapkan pada level 0,038,” pungkas seorang analis di WazirX Trade Desk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.