Sukses

Pasar Kripto Stagnan, Bitcoin Masih Bertahan di Kisaran Rp 437,2 Juta

Harga kripto sebagian besar masih berkorelasi dengan saham utama AS.

Liputan6.com, Jakarta - Pada perdagangan Kamis (9/6/2022), Bitcoin masih berada di kisaran harga yang telah ditempatinya selama beberapa bulan terakhir sejak runtuhnya stablecoin Terra USD (UST) dan token LUNA. 

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar itu baru-baru ini diperdagangkan pada USD 30.100 atau setara Rp 437,2 juta, turun sekitar 3,08 persen selama 24 jam terakhir. Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, berpindah tangan sekitar USD 1.800, hampir datar selama periode yang sama. 

Sebagian besar kripto  besar lainnya menghabiskan sebagian besar hari mereka di zona merah dengan Polkadot (DOT) dan Avalanche (AVAX) baru-baru ini turun lebih dari 3 persen serta Solana (SOL) menurun lebih dari 2 persen.

Kepala Riset Aset Digital 3iQ, Mark Connors menuturkan, fundamental Bitcoin masih utuh, tetapi tanpa kejelasan peraturan yang akan datang, mungkin kripto tetap berada dalam ketidakjelasan. 

"Kripto telah berjuang melawan latar belakang yang lebih luas dan karena ini menimbulkan ketidakpastian di ruang kripto, termasuk tidak hanya bencana Terra tetapi juga ketidakpastian peraturan dan masalah dengan sejumlah protokol lainnya," ujar Conor dikutip dari CoinDesk, Kamis, 9 Juni 2022.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Berkorelasi dengan Wall Street

Harga kripto sebagian besar masih berkorelasi dengan saham utama AS, kembali seperti indeks utama. S&P 500 yang juga turun sekitar 1 persen, sementara Dow Jones Industrial Average dan perusahaan teknologi Nasdaq turun sedikit karena investor terus menunggu indikasi yang lebih jelas tentang arah inflasi dan ekonomi.

Pekan ini telah menunjukkan tanda-tanda negatif dengan Bank Dunia memangkas perkiraannya untuk pertumbuhan ekonomi tahun ini dari 4,1 persen menjadi 2,9 persen di tengah kekhawatiran stagflasi.

Di sisi lain, komentar pesimistis tentang inflasi oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen di sidang Komite Keuangan Senat, dan peringatan keuntungan oleh Target yang membuat harga saham ritel di AS jatuh pada Rabu. 

Sementara itu, dampak dari invasi Rusia ke Ukraina berlanjut dengan harga minyak mentah Brent, ukuran pasar energi yang dianggap luas, melonjak di atas USD 122, naik hampir 60 persen sejak awal tahun.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 9 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang beragam pada Kamis pagi (9/6/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas yang berhasil menguat tipis kemarin kini kembali melemah begitupun sebaliknya.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis pagi, 9 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 3,31 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat  2,73 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 30.376,13 per koin atau setara Rp 440.8 juta (asumsi kurs Rp 14.513 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga harus kembali melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun tipis 2,00 persen. Namun masih menguat 0,47 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.805,42 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin yang masih melemah sejak kemarin. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 0,95 persen dan 3,07 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 289,78 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) masih menguat sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA naik 4,54 persen dan 20,03 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,6525 per koin.

Adapun Solana (SOL) harus melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 3,03 persen dan 3,87 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 39,24 per koin.

XRP yang sempat menguat beberapa hari, kini harus kembali melemah. XRP melemah 1,84 persen, tetapi masih menguat 1,94 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4028 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9993. Sedangkan USDC  dihargai USD 1,00.

Binance USD (BUSD) melemah 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Meskipun begitu, harga BUSD masih berada di level USD 1,00.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.