Sukses

The Fed Sebut Regulasi Kripto Tak Hanya Lindungi Investor

Tujuan regulasi adalah untuk melindungi masyarakat dari tekanan yang seringkali tak tertahankan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Federal Reserve Christopher Waller, mengatakan regulasi yang lebih baik dari dunia aset kripto yang tumbuh cepat sangat diperlukan bukan untuk mencegah orang kaya kehilangan uang tetapi demi orang lain.

"Masalah utama dalam regulasi aset kripto bukanlah bagaimana melindungi investor kripto yang canggih, ini bagaimana melindungi kita semua," kata Waller dalam sambutannya yang disiapkan untuk disampaikan ke Konferensi SNB-CIF tentang aset kripto dan Inovasi Keuangan di Zurich, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (7/6/2022).

Secara khusus, menurut dia, tujuan regulasi adalah untuk melindungi masyarakat dari tekanan yang seringkali tak tertahankan untuk mensosialisasikan kerugian investor dengan sumber daya terbatas, dan untuk membatasi penyebaran tekanan keuangan.

Dalam lima tahun terakhir aset kripto telah berkembang biak dari kapitalisasi pasar senilai sekitar USD 14 miliar atau sekitar Rp 202 triliun menjadi industri sebesar USD 3 triliun.

Beberapa keruntuhan profil tinggi di dunia kripto baru-baru ini telah mendorong seruan untuk pagar pembatas yang lebih baik untuk pasar yang pada dasarnya tidak diatur.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Survei The Fed

Survei Fed baru-baru ini menunjukkan sekitar 12 persen orang dewasa AS menggunakan atau memegang cryptocurrency pada tahun lalu, sebagian besar untuk tujuan investasi. Survei lain menunjukkan jumlah pengguna kripto bahkan lebih tinggi.

Pada Maret, Presiden AS, Joe Biden mengarahkan Departemen Keuangan dan lembaga lainnya untuk mulai mencari cara terbaik untuk mengatur industri, bahkan ketika bank sentral di seluruh dunia termasuk The Fed melihat kemungkinan menciptakan mata uang digital yang didukung bank sentral.

Waller termasuk di antara mereka di The Fed yang mengatakan mereka tidak melihat alasan untuk mengeluarkan mata uang digital bank sentral yang akan bersaing dengan mata uang digital yang didukung secara pribadi. 

Pada Jumat lalu Waller juga memaparkan alasannya mengapa mata uang yang didukung secara pribadi itu membutuhkan pengawasan yang lebih baik, meskipun ada argumen dari dalam industri pasar lebih baik diserahkan kepada perangkat mereka sendiri untuk mendorong lebih banyak inovasi.

3 dari 4 halaman

Anggota Kongres AS Minta EPA Selidiki Dampak Lingkungan Penambangan Kripto

Sebelumnya, Anggota Kongres DPR Amerika Serikat (AS) ingin Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) melihat dampak lingkungan dari penambangan kripto, dengan alasan “keprihatinan serius” tentang polusi dan emisi gas rumah kaca.

Dua lusin legislator, yang dipimpin oleh Rep Jared Huffman (D-Calif.), mengirim surat kepada EPA meminta badan pengawas untuk memastikan perusahaan pertambangan mematuhi Clean Air Act dan Clean Water Act.

"Kami memiliki keprihatinan serius mengenai laporan bahwa fasilitas cryptocurrency di seluruh negeri mencemari komunitas dan memiliki kontribusi besar terhadap emisi gas rumah kaca,” bunyi surat itu, dikutip dari CNBC, ditulis Senin, 6 Juni 2022.

Anggota parlemen mengatakan industri kripto yang “berkembang pesat” harus dipantau, dan mengkritik token digital yang memerlukan sistem Proof of Work (PoW) untuk mengotorisasi transaksi, yang melibatkan penambang yang menggunakan komputer intensif daya untuk memecahkan teka-teki kompleks.

Surat itu mengeluhkan tentang "pertambangan server besar-besaran" yang digunakan dalam penambangan PoW, mengatakan penggunaan perangkat keras komputasi khusus menciptakan tantangan limbah elektronik utama.

“Jutaan perangkat dengan cepat menjadi usang, yang mengarah ke sejumlah besar limbah elektronik,” kata surat itu, mengutip perkiraan penambangan Bitcoin saja menghasilkan 30.700 ton limbah elektronik setiap tahun. 

“Industri harus bertanggung jawab atas limbah ini dan tidak disarankan untuk membuatnya,” lanjut isi surat itu.

Selain mengevaluasi perusahaan pertambangan untuk memastikan mereka mematuhi undang-undang lingkungan, surat tersebut meminta agar EPA terlibat dengan masyarakat di mana server penambangan berada saat meninjau izin untuk memastikan masyarakat tidak ditinggalkan dengan beban beracun yang terkait dengan teknologi ini. 

 

4 dari 4 halaman

Microstrategy Tak Bakal Jual Cadangan Bitcoin

Sebelumnya, CEO dari perusahaan perangkat lunak yang terdaftar di Nasdaq, Microstrategy, Michael Saylor, membagikan pandangan Bitcoin-nya dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Finance Live.

Saylor masih bullish pada Bitcoin meskipun aksi jual baru-baru ini. Dia ditanya apakah ada target harga di mana Microstrategy akan mulai melikuidasi beberapa Bitcoin-nya. Seperti diketahui saat ini, perusahaan tersebut memegang 129.218 BTC.

"Tidak, kami berada di dalamnya untuk jangka panjang. Strategi kami adalah membeli bitcoin dan menahan bitcoin, jadi tidak ada target harga. Saya berharap kita akan membeli bitcoin di top lokal selamanya,” jawab Saylor, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis, 2 Juni 2022.

"Saya berharap bitcoin akan mencapai jutaan. Jadi, kami sangat sabar. Kami pikir ini adalah masa depan uang,” lanjut dia. 

CEO Microstrategy itu juga memberikan pendapatnya mengenai fenomena yang terjadi baru-baru ini pada kripto jaringan Terra, Luna coin dan Terra USD (UST). 

“Saya pikir kehancuran LUNA, UST ini, yang akan mempercepat regulasi stablecoin dan token keamanan, yang akan menjadi hal yang baik untuk industri ini,” ujar Saylor. 

“Seiring waktu, saya pikir ketika orang-orang terdidik dan mereka merasa lebih nyaman, saya pikir kami akan pulih dari penurunan ini,” ujar dia.

Saylor telah lama bullish pada bitcoin. Pada Februari  lalu, dia mengatakan ada bukti lebih banyak adopsi institusional. Kemudian pada November tahun lalu, dia mengatakan bitcoin akan muncul sebagai kelas aset senilai USD 100 triliun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.