Sukses

Bitcoin Menguat, Analis Ingatkan Harga Berpotensi Kembali Lesu

DiPasquale peringatkan kemungkinan Bitcoin jatuh dari tempat bertenggernya saat ini lebih besar daripada menerobos lebih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin dan altcoin teratas menghabiskan setengah hari pada Senin (6/6/2022) dengan baik di dalam lingkungan yang sama yang telah ditempati selama beberapa bulan terakhir.

Menurut data Coinmarketcap, cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, Bitcoin baru-baru ini diperdagangkan tepat di kisaran USD 31.000 atau setara Rp 447,6 juta, naik sedikit dari sehari lalu, tetapi secara keseluruhan masih lesu. 

Bitcoin telah berdetak sedikit di atas dan di bawah ambang batas ini sejak awal Mei, karena investor dengan gugup masih menunggu tanda-tanda yang jelas tentang arah inflasi dan ekonomi global.

CEO manajer dana kripto BitBull, Joe DiPasquale mengatakan Bitcoin masih tetap lemah sampai secara meyakinkan menembus kisaran USD 31.000 hingga USD 32.000. 

“Namun, kami terus melihat beberapa pembelian di bawah USD 30 ribu yang menjaga harga tetap bertahan,” ujar DiPasquale dikutip dari CoinDesk, Senin, 6 Juni 2022.

Namun, trader kripto masih berpegang teguh dengan tren bearish sebagaimana dibuktikan oleh penurunan minggu lalu di Fear and Greed Index. DiPasquale peringatkan kemungkinan Bitcoin jatuh dari tempat bertenggernya saat ini lebih besar daripada terobosan lebih tinggi. 

“Kami mengharapkan beberapa tindakan terarah dalam beberapa minggu mendatang, karena Bitcoin menembus kisaran saat ini atau turun untuk mencari titik terendah yang lebih rendah. Saat ini, kemungkinan penurunan muncul lebih tinggi daripada terobosan ke atas," ujar DiPasquale.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ethereum dan Kripto Lainnya

Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, baru-baru ini berpindah tangan tepat di atas USD 1.800, naik sedikit selama periode yang sama dan berada dalam kisaran yang dipertahankan selama dua dua minggu terakhir di bawah USD 2.000. 

Kripto besar lainnya hampir datar, meskipun sebagian besar di sisi hijau dengan Cardano (ADA) di antara pemenang terbesar yang naik di atas 5 persen. Perdagangan secara umum ringan, karena di AS saat ini berada pada akhir pekan. Perdagangan ringan seperti memang biasanya di sebagian besar akhir pekan waktu AS.

Pola penahanan akhir pekan kripto menyimpang sedikit dari indeks saham, yang ditutup pada Jumat dengan Nasdaq yang berfokus pada teknologi jatuh 2,4 persen dan S&P 500 jatuh 1,6 persen. Aset dan saham digital semakin berkorelasi dalam beberapa bulan terakhir.

Pada catatan yang lebih optimis, laporan pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan pada Jumat, menunjukkan nonfarm payrolls menambahkan sekitar 390.000 pekerjaan pada Mei, menunjukkan ekonomi masih jauh dari siap.

Analis telah khawatir kenaikan suku bunga bank sentral AS akan melemparkan ekonomi AS ke dalam resesi dan dalam sepotong kemungkinan kabar baik untuk kripto, saham ETF Inovasi ARK Cathie Wood, yang mencakup pertukaran kripto Coinbase, telah meningkat lebih dari 15 persen sejak minggu kedua Mei. Wood telah menjadi pendukung Bitcoin yang terkenal.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 6 Juni 2022

Sebelumnya, mengawali pekan kedua Juni 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau kembali alami pergerakan harga yang kompak pada Senin pagi, 6 Juni 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas berhasil menguat tipis dan bertahan di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin (6/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 0,44 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,66 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 29.976,70 per koin atau setara Rp 432.6 juta (asumsi kurs Rp 14.433 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH meroket tipis 1,37 persen dan 0,81 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.814,28 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin yang masih bertengger di zona hijau sejak kemarin. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 0,14 persen. Namun masih melemah 0,97 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 300,88 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) berhasil menguat setelah kemarin sempat melemah. Dalam satu hari terakhir ADA naik 1,44 persen dan 20,80 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5725 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga turut menguat pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat tipis 2,56 persen, tetapi masih melemah 11,03 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 39,62 per koin.

XRP kembali menguat hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP naik 1,05 persen dan 2,40 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3964 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9993. Sedangkan USDC  dihargai USD 1,00.

Binance USD (BUSD) melemah 0,05 persen dalam 24 jam terakhir. Namun harga BUSD masih bertahan di level USD 1,00.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.