Sukses

Luna Coin Anjlok, Ini Tanggapan Pendiri Cardano Charles Hoskinson

Dalam jangka panjang, menurut Hoskinson, pendekatan yang lebih lambat akan menang.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak pengamat, runtuhnya dua kripto jaringan Terra yaitu Luna dan UST adalah bencana dan sisi buruk untuk cryptocurrency. Namun, bagi pendiri Cardano, Charles Hoskinson, itu adalah validasi dari pendekatannya yang lambat untuk mengembangkan blockchain.

"Jika Anda bergerak terlalu cepat, seperti yang telah kita lihat dengan Luna, dan kita telah melihat peretasan senilai USD 10,5 miliar (Rp 153, triliun) tahun lalu. Anda benar-benar dapat membuatnya bekerja sampai saat ini, itu adalah kegagalan bencana dan semua orang kehilangan uang mereka,” ujar Hoskinson dikutip dari CoinDesk, dikutip Minggu (5/6/2022).

Dalam jangka panjang, menurut Hoskinson, pendekatan yang lebih lambat akan menang. Proyek berorientasi jangka pendek akan "terus runtuh" dan pasar pada akhirnya akan bijaksana.

Sebaliknya, dia dan perusahaannya IOG (sebelumnya IOHK) bergerak dengan sengaja dalam membangun jaringan Cardano, memainkan "permainan busur panjang", yang dilihat tidak dalam beberapa minggu atau bulan, tetapi untuk jangka panjang beberapa tahun hingga beberapa dekade.

"Kami selalu mengatakan ini bukan yang pertama, yang terbaik adalah keluar dari gerbang" siapa yang berhasil. Orang-orang yang akan bertahan adalah mereka yang diuji di bawah tekanan dan menunjukkan ketahanan," ujar Hoskinson. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengembangan Cardano

Terlepas dari kecenderungan Hoskinson untuk kontroversi dan pengembangan Cardano yang berlarut-larut dan lama, proyek ini termasuk yang paling diawasi ketat di industri kripto, dengan ADA, mata uang asli jaringan, memimpin kapitalisasi pasar USD 15,9 miliar pada Jumat, terbesar ke delapan.

Hoskinson dengan mudah mengakui proses pengembangan Cardano "sedikit lebih lambat" daripada proyek lain. Memang, Cardano memperoleh kemampuan untuk menjalankan kontrak pintar hanya tahun lalu, empat tahun setelah jaringan ditayangkan, tertinggal jauh di belakang Ethereum dan blockchain tujuan umum lainnya.

Bulan ini, anjloknya UST, yang disebut stablecoin algoritmik yang dirancang untuk mempertahankan nilainya terhadap dolar tanpa jaminan dan token pendampingnya LUNA mengguncang pasar kripto global. 

Bagi Hoskinson, bencana tersebut menggarisbawahi bahaya dari “ruang di mana insentif keuangan dan pengaturan pasar terstruktur dengan cara yang lebih cepat daripada kualitas”.

3 dari 4 halaman

Mantan Jaksa Federal Sebut Do Kwon Bisa Kena Hukuman Akibat Runtuhnya Luna

Sebelumnya, CEO Terraform Labs, Do Kwon, belakangan ini menjadi sorotan karena proyek kripto yang dia kembangkan di jaringan Terra yaitu Luna dan Terra USD (UST) runtuh hingga hampir tak berharga beberapa pekan lalu. 

Meskipun Kwon telah membuat jalan keluar dengan membangun jaringan baru dengan token Luna baru, tampaknya cara tersebut belum berhasil karena token Luna baru belum berhasil meroket dan menghapuskan kerugian investor. 

Beberapa investor dan firma hukum di Korea Selatan, tempat asal Do Kwon menuntut Kwon dengan berbagi tuduhan. Lantas apakah runtuhnya Luna dan UST dapat membawa Kwon ke dalam penjara? 

Mantan jaksa dan regulator federal menjelaskan kepada CNBC dampak dari kekacauan stablecoin dapat berarti denda, hukuman atau, dalam skenario terburuk bagi Kwon, waktu di balik jeruji besi.

Di Amerika sendiri bukanlah kejahatan menjadi pengusaha yang buruk atau CEO yang ceroboh dengan penilaian yang buruk.

Dalam kasus Kwon, jaksa harus membuktikan tanpa keraguan Kwon atau rekan-rekannya melakukan penipuan kriminal dan itu membutuhkan bukti terdakwa dengan sengaja menipu investor.

“Ini tidak seperti pembunuhan di mana Anda membawa saksi untuk bersaksi siapa yang menarik pelatuknya,” jelas asisten pengacara AS untuk Distrik Columbia, Randall Eliason yang pernah menangani kasus kerah putih di pengadilan federal, dikutip dari CNBC, Jumat (3/6/2022). 

Bahkan jika jaksa dapat menunjukkan terdakwa membuat pernyataan palsu, mereka harus membuktikan keadaan pikiran terdakwa tanpa keraguan. 

Pendiri dana lindung nilai cryptocurrency senilai USD 90 juta di Australia Stefan Qin, dijatuhi hukuman lebih dari tujuh tahun penjara setelah dia mengaku bersalah atas satu tuduhan penipuan sekuritas. 

Roger Nils-Jonas Karlsson, warga negara Swedia yang dituduh oleh Amerika Serikat menipu lebih dari 3.500 korban lebih dari USD 16 juta dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena penipuan sekuritas, penipuan kawat, dan pencucian uang.

4 dari 4 halaman

Investor Ajukan Keluhan

Di luar AS, Kwon bisa menghadapi pukulan balik di Korea Selatan, tempat dia tinggal dan menghabiskan waktu menjalankan bisnisnya, dan Singapura, markas resmi Terraform Labs.

Sekelompok investor di Korea Selatan telah berkumpul untuk mengajukan keluhan terhadap Kwon dan salah satu pendiri Terraform Labs atas dua tuduhan termasuk penipuan, menurut laporan dari media lokal. 

Hukuman perdata juga dapat mencakup denda atau konsekuensi lain dari regulator seperti Securities and Exchange Commission atau Commodity Futures Trading Commission.

Penasihat senior di divisi penegakan SEC, Philip Moustakis menjelaskan SEC hanya perlu membuktikan kasusnya dengan bukti yang lebih banyak, yang berarti juri harus menemukan kemungkinan besar terdakwa terlibat perbuatan yang dituduhkan.

Sementara itu, Terraform Labs saat ini menurunkan beberapa pengacara, setelah tim hukum internalnya dilaporkan mengundurkan diri setelah kecelakaan itu. Ketiga tim hukum Terraform Labs menunjukkan di profil LinkedIn mereka meninggalkan perusahaan pada Mei 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.