Sukses

Bukan Bitcoin, Deretan Kripto Ini Berpotensi Menguat Selama Pekan Pertama Juni 2022

Berikut deretan kripto yang berpotensi menguat selama pekan pertama Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki Juni 2022, pasar kripto masih belum menunjukkan performa yang maksimal. Pergerakan harga Bitcoin dan altcoin teratas lainnya masih ragu-ragu untuk melakukan relli. 

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan pergerakan market masih dipengaruhi oleh investor yang sepertinya memanfaatkan momentum reli harga kripto untuk melakukan aksi ambil untung atau taking profit. 

“Mereka tidak mau lama menunggu untuk mendapatkan profit, ketika harga Bitcoin naik setelah sembilan minggu alami penurunan,” ujar Afid dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (4/6/2022).

Namun, di tengah pasar yang volatil ini, aset kripto Waves (WAVES) berhasil tumbuh 13 persen dalam 24 jam terakhir. Hal ini terjadi setelah Waves merilis peta jalan perbaikan ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang dijuluki Waves DeFi Revival Master Plan.

Selain WAVES, Afid juga memberikan rincian sejumlah aset kripto yang berpotensi menguat selama pekan pertama Juni 2022, adapun deretan kripto-nya sebagai berikut. 

1. Tezos (XTZ)

Pembuka daftar aset kripto berpotensi bullish awal Juni ini adalah Tezos (XTZ). Afid, mengatakan XTZ masih merasakan sentimen positif dari peluncuran protokol terbaru bernama Jakarta.

Afid melihat jaringan Jakarta Protocol berisi pembaruan besar pada protokol ekonomi Tezos, serta banyak perbaikan kecil. Seperti fitur Transaction Optimistic Rollup (TORU) yang memungkinkan pertukaran aset semakin mudah. Dan mekanisme Liquidity Baking Escape Hatch telah didesain ulang dan diganti namanya menjadi “Liquidity Baking Toggle Vote”.

2. Gitcoin (GTC)

Gitcoin adalah platform yang menggabungkan proyek pemrograman open source dengan sistem pembayaran kripto. GTC digunakan sebagai token tata kelola asli Gitcoin. GTC adalah token ERC-20 yang ditujukan untuk tata kelola platform komunitas.

Afid melihat sejak pekan lalu pergerakan GTC terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kemungkinan besar reli akan terus berlanjut dan bisa menguntungkan investor.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

TOKO Token-Kava

3. Toko Token (TKO)

Toko Token (TKO) adalah token native dari Tokocrypto yang menggabungkan utilitas CeFi dan DeFi. TKO masuk daftar kripto yang potensi bullish didorong dari pergerakan harganya yang mulai perlahan naik.

Afid mengatakan pergerakan ini bisa didorong oleh sentimen positifnya tentang launching T-Launchpad yang kabarnya akan hadir dalam waktu dekat di bulan Juni ini. TKO akan menjadi token utilitas yang bisa digunakan di platform T-Launchpad untuk mengikuti project DAO yang dirilis di sana.

4. Origin Protocol (OGN)

Origin Protocol (OGN) adalah token Ethereum yang mendukung platform Origin, yang bertujuan untuk memperkuat pasar yang terdesentralisasi dan peer-to-peer. OGN dapat digunakan untuk mempertaruhkan, mengatur, dan beriklan di platform Origin.

Menurut Afid, OGN bisa masuk ke fase bullish pada pekan ini. "OGN telah membentuk pola cup and handle yang membentuk lengkungan seperti huruf U. Pola handle ini terbentuk karena penurunan harga yang pendek, namun sebagai sinyal bullish."

5. Kava (KAVA)

Fase bullish pada aset kripto KAVA tampaknya terus berlanjut. Afid menjelaskan sentimen positif pasca peluncuran mainnet Kava 10 dan kabar Kava Network telah menambahkan protokol Sushi ke program insentif pengembangnya dengan mengalokasikan dana total USD 14 juta (Rp 202 miliar).

Melalui kemitraan ini, pengguna dan pengembang Sushi akan memiliki akses tanpa batas ke seluruh nilai pasar senilai USD 300 miliar dari blockchain Ethereum dan Cosmos dari satu jaringan, yang menurut Kava adalah untuk pertama kalinya.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 3 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau kembali alami pergerakan harga yang seragam pada Jumat pagi (3/6/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas berhasil kembali menguat dan bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat pagi, 3 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 2,60 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,63 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 30.337,19 per koin atau setara Rp 437,9 juta (asumsi kurs Rp 14.435 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH meroket tipis 1,63 persen, tetapi masih melemah 0,33 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.827,92 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin yang sebelumnya melemah, kini kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 2,54 persen. Namun masih melemah 2,01 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 306,49 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) juga turut menguat pagi ini. Dalam satu hari terakhir ADA naik 8,29 persen dan 21,04 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5876 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga berhasil kembali ke zona hijau. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat tipis 0,07 persen. Namun masih melemah 8,16 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 40,94 per koin.

XRP berhasil menguat hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP melesat 2,11 persen dan 1,21 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4034 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9993. Sedangkan USDC  dihargai USD 1,00.

Binance USD (BUSD) menguat 0,21 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini harga BUSD kembali ke level USD 1,00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.