Sukses

Perusahaan Kripto Gemini Berhentikan 100 Karyawan, Ada Apa?

Cameron dan Tyler Winklevoss memberhentikan 10 persen atau sekitar 100 orang tenaga kerja Gemini.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder kripto kembar Cameron dan Tyler Winklevoss memberhentikan 10 persen atau sekitar 100 orang dari tenaga kerja di Gemini, yang pertama untuk pertukaran dan penjaga cryptocurrency yang berbasis di AS.

Dilansir dari CNBC, Jumat (3/6/2022), si kembar mengumumkan dalam sebuah posting blog pada Kamis industri berada dalam "fase kontraksi" yang dikenal sebagai "musim dingin kripto," yang telah "diperparah lebih lanjut oleh gejolak makroekonomi dan geopolitik saat ini”.

"Kami tidak sendirian,” isi memo itu. Rekan pertukaran kripto Coinbase baru-baru ini melaporkan pendapatan telah turun 27 persen dari tahun lalu, seperti halnya penggunaan secara keseluruhan.

Sudah beberapa minggu menjadi brutal untuk pasar kripto. Setengah triliun dolar terhapus dari kapitalisasi pasar sektor ini karena terra USD, salah satu stablecoin paling populer yang dipatok dolar AS runtuh. 

Tidak jelas apakah kekalahan baru-baru ini menandai musim dingin kripto berikutnya (pasar beruang multi-tahun yang terjadi berdasarkan siklus untuk kelas aset kripto), meskipun penurunan volume perdagangan di bursa kripto adalah salah satu tanda mungkin menuju ke arah itu.

Musim dingin kripto terakhir yang disebut berlangsung dari 2018 hingga musim gugur 2020 karena nilai mata uang kripto anjlok dan banyak PHK untuk perusahaan kripto. 

Gemini yang telah ada sejak 2014 dan bernilai USD 7,1 miliar atau sekitar Rp 102,5 triliun pada putaran pendanaan terakhirnya memiliki 1.033 orang dalam daftar gajinya, menurut PitchBook, yang berarti sekitar 100 karyawan yang terkena PHK hari ini akibat pemberhentian ini.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Selanjutnya

Adapun langkah selanjutnya, Gemini telah menutup kantor fisiknya hari ini untuk melindungi privasi karyawan. Anggota tim yang terkena dampak akan menerima undangan kalender untuk percakapan individu tentang paket pemisahan dan manfaat perawatan kesehatan.

Pada Jumat, karyawan yang tersisa akan mengambil bagian dalam "pertemuan di seluruh perusahaan" untuk membicarakan masa depannya.

Memo tersebut mengatakan Gemini hanya ingin fokus pada produk yang sangat penting untuk misinya dan pemimpin tim akan menilai apakah tim mereka “berukuran tepat” untuk “kondisi pasar yang bergejolak saat ini yang kemungkinan akan bertahan selama beberapa waktu”.

“Hari ini adalah hari yang berat, tetapi hari yang akan membuat Gemini lebih baik dalam jangka panjang,” tulis para staf dalam memo tersebut. 

Startup fintech lainnya seperti Robinhood dan BitMEX baru-baru ini memangkas staf. Meskipun perusahaan kripto tengah kesulitan menghadapi situasi saat ini, pemodal ventura terus menuangkan uang ke dalam ekosistem kripto. 

Andreessen Horowitz baru-baru ini mengumumkan dana USD 4,5 miliar baru yang didedikasikan untuk mendukung perusahaan kripto dan blockchain, dan Binance Labs (cabang ventura perusahaan) telah mengumpulkan USD 500 juta untuk dana yang didedikasikan untuk berinvestasi di perusahaan rintisan Web3.

3 dari 4 halaman

Korea Selatan Siap Gelontorkan Investasi Rp 2,5 Triliun untuk Metaverse

Sebelumnya, saat ini banyak perusahaan dan perusahaan VC secara aktif berinvestasi pada teknologi masa depan yaitu metaverse, beberapa negara juga bersiap untuk berinvestasi di area baru ini demi mengamankan masa depan. 

Korea Selatan adalah salah satu negara yang baru-baru ini mengumumkan akan berinvestasi langsung di perusahaan dan inisiatif yang terkait dengan metaverse. 

Investasi yang akan berjumlah USD 177,1 juta atau sekitar Rp 2,5 triliun untuk memulai industri nasional. Hal itu diumumkan oleh menteri ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi Korea Selatan, Lim Hyesook. 

Dia menyatakan metaverse adalah "benua digital yang belum dipetakan dengan potensi tidak terbatas," menunjukkan kemungkinan yang dilihat pemerintah Korea Selatan dalam teknologi baru ini.

Investasi tersebut merupakan bagian dari fokus teknologi baru yang telah dimasukkan Korea Selatan ke dalam Digital New Deal-nya, serangkaian pedoman yang diikuti pemerintah untuk mendorong warga bertransisi ke masyarakat yang sepenuhnya digital.

Peraturan abu-abu

Meskipun ada berbagai perusahaan dan firma yang sudah berinvestasi di metaverse, tetapi tidak banyak negara yang melakukan investasi seperti itu secara langsung.

Ini mungkin karena ada banyak pertanyaan peraturan yang masih belum terjawab tentang pengoperasian perusahaan metaverse dan persimpangan teknologi Web3, yang dapat memasukkan elemen cryptocurrency ke dalamnya. 

4 dari 4 halaman

Dipengaruhi Regulasi

CEO startup NFT DNAverse, Javier Floren berpikir eksperimen metaverse dan kripto akan sangat dipengaruhi oleh regulasi. 

“Itu akan tergantung pada bagaimana berbagai negara mendekati sisi hukum. Dengan teknologi baru atau ekosistem yang mengganggu dan tempat-tempat baru untuk berinteraksi, akan ada masalah, tantangan, dan bahaya yang pasti,” ujar Floren dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (3/6/2022). 

Namun, dengan Korea Selatan yang secara aktif memasuki investasi metaverse, negara lain mungkin akan mengikuti. Tentang kemungkinan ini, mitra Everest Group Yugal Joshi mengatakan kepada CNBC. 

“Beberapa hal terjadi sedikit demi sedikit, tetapi saya yakin ini memberi tahu Anda bahwa pemerintah mulai menganggap ini lebih serius karena ini adalah platform tempat orang berkumpul. Apa pun yang membuat orang berkumpul, itu membuat pemerintah tertarik,” ujar Joshi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.