Sukses

Harga Kripto Hari Ini Rabu 1 Juni 2022: Bitcoin di Zona Hijau, Cardano Pimpin Penguatan

Sebagian besar kripto jajaran teratas berada di zona merah pada Rabu pagi, 1 Juni 2022. Sementara itu, bitcoin menguat.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bitcoin dan sebagian besar kripto jajaran teratas kembali bergerak di zona merah pada perdagangan Rabu, 1 Juni 2022. Harga Solana pimpin koreksi di antara kripto jajaran teratas.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (1/6/2022), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) menguat 1,04 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga bitcoin melonjak 7,73 persen.

Saat ini, harga bitcoin di posisi USD 31.929,41 atau sekitar Rp 464,82 juta (asumsi kurs Rp 14.558 per dolar AS).

Sedangkan ethereum (ETH) bergerak di zona merah. Selama 24 jam terakhir, harga ethereum merosot 2,1 persen. Demikian juga dalam sepekan, harga ethereum susut 1,45 persen. Saat ini, harga ETH ditransaksikan di posisi USD 1.948,68 atau sekitar Rp 28,36 juta.

Kemudian, harga BNB menguat 0,61 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB turun 2,02 persen. Kini harga BNB ditransaksikan di posisi USD 323,07.

Sementara itu, harga Cardano (ADA) melonjak signifikan. Harga Cardano melambung 8,6 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga Cardano meroket 19,77 persen. Kini harga ADA di posisi USD 0,6237.

Harga XRP juga cenderung menguat. Harga XRP naik 1 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga XRP bertambah 3,24 persen. Harga XRP kini ditransaksikan di posisi USD 0,422.

Harga Solana (SOL) justru melemah. Harga Solana merosot 2,85 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga Solana melemah 7,16 persen. Harga Solana berada di posisi USD 45,77.

Harga Dogecoin turun 1,53 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga Dogecoin naik 3,46 persen. Saat ini, harga Dogecoin ditransaksikan di USD 0,08632.

Stablecoin Tether stagnan di posisi USD 0,9995 dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga tether naik 0,04 persen. Harga USD Coin (USDC) melemah tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Kini harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Harga Binance USD (BUSD) bergerak di zona merah. Harga BUSD melemah terbatas 0,05 persen dalam 24 jam terakhir. Harga BUSD turun tipis 0,12 persen selama sepekan. Saat ini, harga BUSD di posisi USD 0,997.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PayPal Bakal Integrasikan Blockchain dan Kripto

Sebelumnya, raksasa pembayaran global PayPal melakukan yang terbaik untuk membawa semua kemungkinan integrasi blockchain dan cryptocurrency ke layanannya, menurut seorang eksekutif senior di perusahaan tersebut.

Wakil presiden PayPal Richard Nash dalam sebuah pernyataan eksklusif kepada Cointelegraph di Forum Ekonomi Dunia pada 23 Mei mengatakan, PayPal bekerja keras untuk mendukung semua kemungkinan layanan digital, termasuk mata uang digital dan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Setelah meluncurkan layanan beli, tahan, dan jual untuk Bitcoin (BTC) di seluruh Amerika Serikat pada 2020, PayPal terus memperluas penawaran terkait mata uang digitalnya. 

“Hanya berjalan perlahan di perisai kripto dengan pembelian atau penahanan di yurisdiksi tertentu. Kami masih mencari untuk bekerja dengan orang lain untuk merangkul semua yang kita bisa, apakah itu koin yang kita miliki hari ini di dompet digital PayPal, mata uang digital pribadi atau CBDC di masa depan,” ujar Nash dikutip dari Cointelegraph, ditulis Rabu (1/6/2022). 

Nash juga mengisyaratkan dia adalah pemilik cryptocurrency, yang sangat selaras dengan posisinya di PayPal. 

3 dari 4 halaman

Pertimbangkan Luncurkan Stablecoin

Ketika ditanya apakah dia memegang kripto sendiri, wakil presiden menjawab, "Saya memiliki banyak hal yang sedang saya kerjakan di PayPal dan saya suka mengalami layanan sendiri jadi saya pikir itu wajar."

CEO PayPal, Dan Schulman sebelumnya mengungkapkan Bitcoin adalah satu-satunya cryptocurrency yang ia pegang per November 2019.

PayPal adalah salah satu perusahaan pembayaran terbesar di dunia yang telah memasuki dunia kripto dan blockchain dalam beberapa tahun terakhir. 

Selain memperkenalkan opsi beli dan jual BTC di negara-negara tertentu, PayPal juga mengumumkan layanan check-out kripto sendiri pada Maret 2021 untuk memungkinkan pembayaran kripto bagi pedagang. 

Perusahaan tersebut dilaporkan juga mempertimbangkan untuk meluncurkan stablecoinnya sendiri, bernama PayPal Coin.

4 dari 4 halaman

Analis Skeptis Soal Peluang Jaringan Baru Terra

Sebelumnya, baru dari kripto Luna yang runtuh beberapa pekan lalu kini sudah tersedia dan diperdagangkan di berbagai bursa utama, Namun, koin Luna tersebut memulai debut dengan awal yang buruk.

Setelah mencapai puncak USD 19,53 atau sekitar Rp 284.626 pada Sabtu, token Luna baru turun serendah USD 4,39 hanya beberapa jam kemudian. Menurut data CoinMarketCap, sejak itu menetap dengan harga sekitar USD 5,90.

Kepala internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar mengatakan, banyak investor yang terbakar oleh bencana tidak mungkin mempercayai Terra untuk kedua kalinya.

"Ada kehilangan kepercayaan besar-besaran dalam proyek tersebut,” ujar Ayyar dikutip dari CNBC, Selasa (31/5/2022). 

Di sisi lain, para analis juga sangat skeptis tentang peluang keberhasilan blockchain Terra yang dihidupkan kembali. Blockchain itu harus bersaing dengan sejumlah jaringan lain yang disebut “Lapisan 1” infrastruktur yang menopang cryptocurrency seperti ethereum, solana, dan cardano.

Pekan lalu, pendukung proyek blockchain Terra memilih untuk menghidupkan kembali luna tetapi tidak dengan stablecoin terra USD (UST), yang jatuh di bawah pasak dolar. Hal itu menyebabkan kepanikan di pasar kripto. Akibat insiden itu, token Luna sebelumnya (Luna Classic) juga kehilangan nilainya karena UST dan Luna saling terkait. 

Sekarang, luna memiliki iterasi baru, yang oleh investor disebut Terra 2.0. Itu sudah diperdagangkan di bursa termasuk Bybit, Kucoin dan Huobi. Binance, pertukaran kripto terbesar di dunia, mengatakan akan mendaftarkan Luna pada Selasa.

Terra mendistribusikan token luna melalui apa yang disebut "airdrop". Sebagian besar akan diberikan kepada mereka yang memegang luna classic dan UST sebelum runtuh, dalam upaya untuk mengkompensasi investor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.