Sukses

Pluang Perkuat Layanan Kripto

Dengan lisensi sebagai calon pedagang fisik aset kripto dari Bappebti, Pluang bersama BSC ingin memaksimalkan potensi keterbukaan akses digital.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bumi Santosa Cemerlang (BSC) mendapat kepercayaan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk melaksanakan kegiatan sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto melalui Keputusan Kepala BAPPEBTI dengan nomor 012/BAPPEBTI/CP-AK/4/2022. 

BSC merupakan mitra Pluang, platform investasi multi-aset di Indonesia, yang turut dalam memajukan sektor investasi aset digital dan perdagangan aset kripto di dalam negeri.

Pluang berkomitmen mengembangkan platform digital yang mampu memberikan akses perdagangan aset kripto yang aman, terpercaya, serta memudahkan masyarakat dalam berinvestasi di berbagai kelas aset, terutama aset digital.

Dalam siaran pers, Selasa (31/5/2022), Pluang berharap dapat terus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya di kalangan anak muda Indonesia, melihat semakin bertumbuhnya minat dan tren berinvestasi saat ini. 

Dengan ini, Pluang bersama BSC mengapresiasi atas arahan yang diberikan Bappebti dalam proses untuk mendapatkan lisensi sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto di Indonesia sehingga para pengguna saat ini dapat melakukan kegiatan perdagangan aset kripto yang sudah terdaftar di Bappebti. 

 

 

Disclaimer:  Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Laju Digitalisasi

Tanda daftar yang telah diperoleh BSC merupakan bentuk kepercayaan dan dukungan pemerintah untuk terus berinovasi dalam mempermudah akses investasi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

Bappebti mencatat, nilai transaksi aset kripto di Indonesia bertumbuh dari Rp 64,9 trilun pada 2020 hingga mencapai Rp 859,4 triliun pada 2021 dan kenaikan pertumbuhan transaksi aset kripto mencapai 16,2 persen per bulannya. 

Kenaikan nilai transaksi tersebut tak lepas dari meningkatnya jumlah investor aset kripto yang telah mencapai 12,4 juta investor pada Februari 2022. Pertumbuhan angka investor ini merupakan salah satu indikasi pesatnya peningkatan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi kripto.

Pertumbuhan laju digitalisasi yang terlihat dalam perdagangan aset kripto seiring dengan perkembangan Web 3.0, metaverse dan NFT, perlu diimbangi dengan edukasi finansial dan jaminan keamanan platform yang mumpuni. 

Dengan lisensi sebagai calon pedagang fisik aset kripto dari Bappebti, Pluang bersama BSC ingin memaksimalkan potensi keterbukaan akses digital ini untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi digital guna mencapai kemandirian ekonomi masyarakat di masa depan. 

 

3 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Investor

Sebelumnya, Pluang juga telah bermitra dengan PT Aset Digital Berkat (Tokocrypto) dan PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex) dalam menyediakan akses investasi aset kripto. 

Oleh karenanya, dengan kehadiran PT Bumi Santosa Cemerlang (BSC), para pengguna Pluang masih dan akan terus bisa berinvestasi aset kripto dengan aman, praktis dan terjangkau. Investasi aset kripto di Pluang bisa dilakukan mulai dari Rp 5.000 dan hanya dengan tiga kali klik saja di aplikasi. 

Diversifikasi portofolio investasi menjadi prioritas yang berkelanjutan bagi Pluang untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang semakin melek investasi dan dapat meraih kebebasan finansial. Baru-baru ini, Pluang juga telah mengantongi lisensi perdagangan emas digital dari Bappebti.

Pluang juga menekankan prinsip 2L untuk menjadi investor yang cerdas, yaitu memperhatikan aspek legal di mana perusahaan tersebut telah memiliki izin dari otoritas berwenang dan logis di mana keuntungan yang ditawarkan masuk akal. 

Terkait dengan investasi aset kripto, beberapa hal yang perlu diperhatikan investor antara lain pemahaman mengenai apa itu aset kripto, mekanisme perdagangannya, risiko yang mungkin timbul akibat volatilitas pasar, memastikan dana yang diinvestasikan bukan dana yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dan yang paling penting adalah untuk berinvestasi di jenis aset kripto yang telah ditetapkan oleh Bappebti.

 

4 dari 4 halaman

Token Luna Baru Turun 70 Persen Setelah Peluncuran

Sebelumnya, pada Sabtu, 28 Mei 2022, pemegang LUNA classic dan UST classic menerima airdrop yang terdiri dari token LUNA 2.0 baru berdasarkan dua snapshot blockchain. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin, 30 Mei 2022, nilai tercatat pertama untuk token baru tersebut adalah USD 14,31 atau sekitar Rp 207.821 per unit dan mencapai titik tertinggi sepanjang masa (ATH) kira-kira 20 menit kemudian pada USD 18,87 per LUNA. 

Tak lama setelah itu token LUNA baru turun lebih dari 70 persen dan diperdagangkan pada USD 4,20 per unit. Belum diketahui penyebab pasti penurunan token Luna baru ini tak lama setelah peluncurannya. 

Saat ini, ada persediaan maksimum 1.000.000.000 koin LUNA tetapi jumlah token yang beredar saat ini tidak diketahui. “Luna2” dan “Luna 2.0” telah menjadi perbincangan investor kripto karena pemegang telah menerima airdrop mereka. Sejumlah orang telah bertanya di mana mereka dapat menukar token LUNA yang baru.

Salah satu pendiri Terra, Do Kwon mengatakan dalam cuitannya “Untuk melihat saldo token LUNA (atau LUNA2 seperti yang disebut beberapa bursa), Anda hanya perlu masuk ke (Terra Station) dan menyegarkan halaman.”

Sejumlah bursa global juga telah menambahkan dukungan untuk LUNA baru seperti Kraken, Bitrue, Kucoin, Bybit, Nexo, Lbank, Bitfinex, dan Bitget. Data Cryptocompare menunjukkan tether USDT memerintahkan sebagian besar perdagangan LUNA diikuti oleh ETH. Aset kripto ini juga dipasangkan dengan mata uang fiat USD, CAD, EUR, PHP, INR, dan IDR.

Koin LUNA baru Terra telah menjadi perbincangan hangat di forum kripto dan media sosial. 

”Jika Anda suka kehilangan semua uang Anda dengan LUNA 1.0, Anda akan senang kehilangan semua uang Anda dengan LUNA 2.0,” cuit salah satu orang di Twitter mengatakan pada Sabtu mengejek peluncuran 2.0. 

"LUNA 2.0" adalah bahasa Mesir kuno untuk "kita masih membutuhkan makanan McNugget di meja #5," cuitan pengguna Twitter lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.