Sukses

Politikus AS Sebut Perlu Ada Perlindungan Konsumen Kripto

Menurut Booker, kripto adalah ruang yang sangat penting jika bisa diatur dengan regulasi yang benar.

Liputan6.com, Jakarta - Setengah triliun dolar sudah terhapus dari kapitalisasi pasar sektor kripto karena terra USD (UST), salah satu stablecoin paling populer yang dipatok dolar AS, anjlok beberapa waktu lalu. 

Sementara itu, koin digital seperti Ethereum terus memukul grafik harga, karena aksi jual terus memukul industri.

Beberapa investor menyebut peristiwa bulan lalu sebagai momen Bear Stearns untuk kripto, membandingkan efek menular dari proyek stablecoin yang gagal dengan jatuhnya bank besar Wall Street yang pada akhirnya meramalkan utang hipotek 2008 dan krisis keuangan.

Politikus Amerika Serikat yang juga seorang senator untuk New Jersey, Cory Booker D-NJ, mengatakan perlu adanya aturan dalam industri kripto yang membuat harganya lebih mudah diprediksi. 

“Perlu ada aturan untuk permainan ini yang membuatnya lebih bisa diprediksi, transparan, di mana ada perlindungan konsumen yang dibutuhkan,” ujar Booker dikutip dari CNBC, Selasa (31/5/2022). 

"Yang tidak ingin kami lakukan adalah mencekik industri dan inovasi baru sehingga kami kehilangan peluang. Atau apa yang saya lihat sekarang, banyak peluang ini bergerak begitu saja, dan kita kehilangan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang menjadi bagian darinya,” lanjut dia. 

Jadi menurut Booker, kripto adalah ruang yang sangat penting jika bisa diatur dengan regulasi yang benar, yang sebenarnya dapat membantu industri dan melindungi konsumen.

Pada awal Mei, stablecoin populer yang dikenal sebagai terra USD, atau UST, jatuh nilainya, dalam apa yang oleh beberapa orang digambarkan sebagai “bank run”, karena investor bergegas menarik uang mereka. Pada puncaknya, luna dan UST memiliki nilai pasar gabungan hampir USD 60 miliar atau setara Rp 872,1 triliun. Sekarang, kedua kripto tersebut pada dasarnya tidak berharga.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Naik Hampir 7 Persen

Sebelumnya, pasar kripto alami kenaikan cukup tinggi pada perdagangan Selasa (31/5/2022). Pemantulan terjadi dalam aset digital, terutama karena sektor ini gagal untuk reli minggu lalu bersama dengan saham teknologi yang diperdagangkan secara publik.

Bitcoin (BTC) naik hampir 7 persen, menembus angka USD 31.000 atau sekitar Rp 451,9 juta yang didorong oleh investor global karena pasar saham Asia dan Eropa naik. Di sisi lain, pasar Amerika ditutup untuk liburan Memorial Day.

Analis di broker aset digital GlobalBlock, Marcus Sotiriou mengatakan Bitcoin menembus di atas USD 30.000, tetapi perlu mempertahankan level USD 29.300 pada pengujian ulang untuk melanjutkan kenaikan. 

"Kelegaan telah lama tertunda di pasar kripto, karena pasar saham AS telah reli minggu lalu, setelah pidato Jerome Powell yang memberikan kejelasan pasar tentang rencana mereka untuk melakukan pendaratan ekonomi yang lunak,” ujar Sotiriou dikutip dari CoinDesk, Selasa (31/5/2022). 

Di tempat lain dalam reli kripto terbaru, Ethereum (ETH) melonjak lebih dari 8 persen menjadi sekitar USD 1.940. Cardano (ADA) menonjol di antara alternatif Ethereum, melonjak sekitar 14 persen menjadi sekitar USD 0,54.

Reli dalam cryptocurrency pada Selasa datang di belakang lonjakan saham Asia di tengah laporan kota-kota besar China telah mulai melonggarkan pembatasan virus corona setelah berbulan-bulan dikunci secara ketat. 

Pedagang bertaruh pembukaan kembali ekonomi dapat memicu peningkatan belanja konsumen yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dalam beberapa minggu mendatang dan dapat menunjukkan titik terendah untuk saham di wilayah tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 31 Mei 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas sebagian besar berada di zona hijau pada Selasa pagi, 31 Mei 2022. Harga bitcoin dan ethereum kembali melanjutkan penguatan.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa pagi, 31 Mei 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) menguat signifikan dalam 24 jam terakhir. Harga bitcoin melambung 7,94 persen. Saat ini, harga bitcoin di posisi USD 31.772,77 atau sekitar Rp 462,19 juta (asumsi kurs Rp 14.547 per dolar AS). Dalam sepekan terakhir, harga bitcoin melambung 9,26 persen.

Ethereum (ETH) juga catat penguatan terbesar. Dalam 24 jam terakhir, harga ethereum melesat 10,25 persen. Selama sepekan terakhir, harga ethereum menguat tipis 1,56 persen. Saat ini, harga ETH ditransaksikan di posisi USD 1.999,84 atau sekitar Rp 29,07 juta.

Selanjutnya harga BNB juga berada di zona hijau. Harga BNB menguat 5,26 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga BNB menguat 1,56 persen. Harga BNB kini berada di posisi USD 322,71.

Selain itu, harga Cardano (ADA) juga melejit. Dalam 24 jam terakhir, harga Cardano meroket 19,05 persen. Selama sepekan, harga Cardano melesat 12,13 persen. Saat ini, harga ADA ditransaksikan di posisi USD 0,5727.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Di sisi lain, harga Solana (SOL) cenderung beragam. Selama 24 jam terakhir, harga Solana menguat 5,15 persen. Namun, dalam sepekan, harga Solana susut 3,94 persen. Kini, harga Solana ditransasikan di posisi USD 47,26.

Sementara itu, harga Dogecoin menguat 6,24 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga Dogecoin naik 5,51 persen. Saat ini, harga Dogecoin di posisi USD 0,08788.

Harga XRP juga berada di zona hijau. Selama 24 jam terakhir, harga XRP bertambah 7,38 persen. Dalam sepekan, harga XRP naik 3,14 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,4178.

Stablecoin seperti tether (USDT) juga menguat. Harga USDT naik tipis 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Harga USDT kini ditransasikan di posisi USD 0,9993. Selama sepekan, harga USDT menguat 0,03 persen.

Sementara itu, USD Coin (USDC) stagnan di zona hijau. Saat ini, USDC di posisi USD 1,00. Selama sepekan terakhir, harga USDC menguat terbatas 0,03 persen.

Harga Binance USD (BUSD) juga naik terbatas. Selama 24 jam terakhir, harga BUSD menguat 0,23 persen. Saat ini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00. Dalam sepekan terakhir, harga BUSD menguat terbatas 0,14 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.