Sukses

Kolaborasi Grup WIR dan NET Kembangkan Tayangan Inovatif Berteknologi AR dan VR

Rencana kolaborasi teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) Grup WIR untuk NETV diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sukses melakukan kolaborasi untuk menghadirkan beragam lini sektor industri di tanah air ke dalam metaverse, kini PT WIR Asia Tbk (Grup WIR) perusahaan berbasis teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), menjajaki kerjasamanya dengan PT Net Media Digital (NMD)  yang merupakan anak usaha dari PT Net Visi Media Tbk (NETV).

Kerja sama tersebut  dilakukan dalam menghadirkan hiburan berkonsep multi-platform, suguhan hiburan ini memiliki nilai yang inovatif dan unik sehingga memperkaya pengalaman menonton televisi

Kolaborasi yang memanfaatkan platform metaverse dan teknologi milik Grup WIR yang telah dipatenkan ini sempat  diperkenalkan dalam launching NET Verse pada 20 Mei 2022. 

Rencana kolaborasi teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) Grup WIR untuk NETV diharapkan  dapat  memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi lebih jauh dengan berbagai konten kreatif dan Intellectual Property (IP) yang dihadirkan oleh NET di layar kaca.

Chief Executive Officer Grup WIR, Michel Budi mengatakan, melihat NET sebagai stasiun televisi yang telah lama bergelut dalam dunia digital serta memiliki visi yang kuat dan selalu berusaha meningkatkan kualitas tayangan dan kepuasan pemirsanya. 

"Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem metaverse yang tengah dibangun dan bisa disejajarkan dengan penyedia konten berteknologi tinggi lainnya di dunia sehingga dapat menjadi awal mula bentuk hiburan dan media masa depan yang lebih inovatif dan imersif sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen di era modern,” ujar Michel dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (31/5/2022). 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Pengembangan Usaha

"Dengan keahlian dan pengalaman WIR Group yang telah merintis pengembangan platform metaverse sejak 2009 dan menyelesaikan proyek di sejumlah negara, kami optimis bisa membantu seluruh industri termasuk NETV," ujar dia.

 Ia menambahkan, dunia metaverse tanpa batas bukan saja akan membuat bisnis lebih efisien dan efektif, namun akan menghadirkan peluang baru dalam pengembangan usaha.

CEO NETV, Deddy Hariyanto mengatakan kolaborasi dengan teknologi Grup WIR diharapkan akan membantu pengembangan strategi usaha.

"Kami dalam menyajikan konten hiburan secara  lebih interaktif bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.  Melalui  platform  metaverse, konten kreatif kami  dapat diakses kapanpun, dan di manapun.  Bagi kami inovasi merupakan kata kunci yang menuntut untuk terus berinovasi di era digital tanpa batas,” kata Deddy. 

3 dari 4 halaman

Grup WIR dan Salim Bentuk Joint Venture untuk Metaverse

Sebelumnya, tantangan bisnis di era digital bukan hanya menuntut sumber daya manusia (SDM) yang unggul, namun juga dukungan teknologi tinggi untuk mampu bersaing di kancah domestik maupun global. 

Sebagai pelopor perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) di Asia Tenggara, PT WIR Asia, Tbk (WIR Group) menjawab tantangan tersebut dengan membentuk joint venture bersama Salim Group untuk mengembangkan platform metaverse guna memastikan jaringan bisnisnya tetap terdepan dan kompetitif.

Perusahaan joint venture ini dibentuk dengan tujuan untuk mendorong kemajuan platform metaverse di Indonesia. Nota kesepahaman kerja sama strategis ini ditandatangani oleh Direktur Utama WIR Group, Michel Budi Wirjatmo dan Executive Director Salim Group, Axton Salim.

Axton menilai kerja sama melalui joint venture dengan WIR Group akan memberikan kesempatan luar biasa bagi pengembangan bisnis korporasi di masa depan.

“Dengan mengadopsi platform metaverse, kami bisa menggali potensi dan peluang-peluang bisnis yang sebelumnya tidak terbayangkan,” ujar Axton dalam keterangan tertulis, Jumat, 20 Mei 2022.

4 dari 4 halaman

Hadirkan Solusi Teknologi Terdepan

Di sisi lain, Michel menyatakan terima kasih kepada grup Salim atas kepercayaannya untuk berkolaborasi dan membentuk joint venture dengan grup WIR dan akan menghadirkan solusi teknologi terdepan berdasarkan keahlian dan pengalaman perusahaan dalam pengembangan teknologi metaverse yang sudah diakui di banyak negara.

“Kami memiliki kemampuan membangun dan mengembangkan teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Artificial Intelligence (AI), yang dapat mendukung bisnis Salim Group memasuki era baru digital tanpa batas melalui teknologi metaverse yang kami kembangkan,” tutur Michel.

Michael menambahkan, dunia metaverse yang tanpa batas bukan saja akan membuat bisnis menjadi lebih efisien dan efektif, tetapi juga menghadirkan peluang-peluang baru. Namun demikian, diperlukan cara-cara khusus untuk menavigasi pengguna dalam berinteraksi dan memanfaatkan peluang yang tersedia di dunia metaverse.  

“Dengan keahlian dan pengalaman WIR Group yang telah merintis pengembangan teknologi metaverse sejak 2009 dan menyelesaikan ribuan proyek di sejumlah negara. Kami optimis bisa membantu industri termasuk Salim Group untuk masuk dan menjelajahi dunia metaverse guna menghadirkan inovasi dan terobosan baru serta memanfaatkan setiap peluang yang ada demi pengembangan usaha,” pungkas Michel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.