Sukses

Bitcoin Merosot Selama Sembilan Minggu Berturut-turut

Sejauh ini, Bitcoin tidak pernah melewati penurunan lebih dari enam minggu berturut-turut.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin dan kripto teratas lainnya mengawali pekan pada waktu Asia dengan penguatan tipis. Namun secara keseluruhan, kripto masih memperpanjang penurunan beruntun khususnya Bitcoin ke rekor sembilan minggu. 

Sejauh ini, Bitcoin tidak pernah melewati penurunan lebih dari enam minggu berturut-turut tanpa pengembalian positif, dalam sejarah perdagangan kembali ke awal 2010-an.

Sentimen juga cenderung suram di tengah perdagangan ringan pada liburan akhir pekan di AS. Tepat pada awal Mei, bitcoin telah turun menjadi sekitar USD 29.400 atau sekitar Rp 428,5 juta dari sekitar USD 37.600.

Pada perdagangan Senin (30/5/2022), bitcoin diperdagangkan di kisaran USD 29.300, naik sekitar 1,27 persen dalam 24 jam terakhir. Ethereum diperdagangkan pada harga USD 1.800, naik 0,95 persen dalam kurun waktu yang sama. 

Altcoin lainnya mayoritas menunjukkan penguatan tipis, meskipun dalam sepekan masih berada di zona merah. 

CEO manajer dana kripto BitBull Capital, DiPasquale mengatakan jika Bitcoin bisa menembus level USD 30.000, kemungkinan harga bisa sedikit melonjak. 

"Tapi, jika terus tertekan oleh sentimen bearish, itu bisa jatuh ke garis support berikutnya di sekitar USD 25.000," ujar DiPasquale dikutip dari CoinDesk, Senin, 30 Mei 2022.

Berita kripto lainnya berasal dari apa yang disebut oleh proyek Terra yang rusak parah sebagai "kebangkitan" tampak lebih seperti redux selama akhir pekan karena token LUNA baru dikeluarkan dan nilainya langsung turun.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Token Lama Diubah

Elemen kunci dari rencana Terra adalah mengirimkan token LUNA baru kepada pemegang stablecoin UST yang sekarang sangat terdepresiasi serta kepada pemegang token LUNA classic. 

Token lama kini telah diubah menjadi "LUNA classic" di bawah ticker perdagangan LUNC. Kapitalisasi pasar untuk token warisan itu sekitar USD 700 juta, turun dari sekitar USD 40 miliar kurang dari dua bulan lalu.

Tidak sepenuhnya jelas untuk apa token LUNC akan digunakan, karena sebagian besar pengembang Terra sekarang diharapkan untuk memindahkan aktivitas ke rantai pengganti yang baru diluncurkan. 

Token LUNA baru awalnya diperdagangkan pada 28 Mei sekitar USD 17 tetapi jatuh segera setelah itu dan pada Minggu malam berpindah tangan sekitar USD 5,28, menurut situs web CoinGecko.

Di Twitter, muncul beberapa komentar mengeluh bingung dengan itu semua sementara yang lain bersumpah untuk segera menguangkan setiap dan semua token terkait Terra.

3 dari 4 halaman

Begini Tanggapan Pelaku Industri Global Soal Anjloknya Pasar Kripto

Sebelumnya, eksekutif dari industri blockchain dan cryptocurrency mengatakan kehancuran baru-baru ini di pasar koin digital akan membantu menyingkirkan “aktor jahat” dari industri kripto. 

Nilai miliaran dolar telah hilang dari pasar cryptocurrency dalam beberapa minggu terakhir didorong oleh aksi jual saham dan runtuhnya algoritme stablecoin terra USD dan token Luna.

CEO Yayasan Web3, Bertrand Perez mengatakan di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, saat ini kripto berada di pasar beruang dan itu baik karena menyingkirkan orang-orang dengan niat jahat. 

"Kami berada di pasar beruang. Dan saya pikir itu bagus. Itu bagus, karena itu akan membersihkan orang-orang yang ada di sana karena alasan yang buruk. Bagus juga, karena semua proyek itu hilang. Jadi yang sah akan dapat fokus hanya pada pengembangan membangun dan melupakan penilaian token karena semua orang sedang down,” ujar Perez dikutip dari CNBC, Senin (30/5/2022). 

Menurutnya, ketika pasar dalam keadaan hijau tidak ada orang yang berpikir untuk membangun, tetapi sebaliknya orang-orang hanya berpikir tentang menghasilkan banyak uang. 

Salah satu pendiri perusahaan blockchain Polygon, Mihailo Bjelic menggemakan sentimen tersebut, menyebut aksi jual cryptocurrency “diperlukan.”

“(Pasar), menurut pendapat pribadi saya, mungkin menjadi sedikit tidak rasional, atau mungkin sedikit ceroboh sampai batas tertentu. Dan ketika saat-saat seperti itu datang, koreksi biasanya diperlukan, dan pada akhirnya sehat,” kata Bjelic.

Aksi jual mata uang digital utama seperti bitcoin dan eter dipicu oleh penurunan yang lebih luas di pasar saham, khususnya sektor teknologi. Penurunan tersebut diperparah oleh stablecoin terra USD kehilangan pasak dolar-nya.

4 dari 4 halaman

Keterlibatan Investor Institusi

Investor institusional besar telah terlibat dalam pasar cryptocurrency, dan juga merupakan pendorong utama aksi jual terbaru, menurut presiden pertukaran cryptocurrency FTX AS, Brett Harrison.

Dia mengatakan, ada penurunan yang lebih luas untuk aset berisiko, seperti saham, tetapi itu lebih memengaruhi koin digital daripada di masa lalu karena ada lebih banyak uang institusional.

“Jika orang mencari aset untuk dijual, kripto akan ada dalam daftar,” kata Harrison. 

CEO Ripple, Brad Garlinghouse juga memberikan pandangannya atas runtuhnya pasar kripto. Garlinghouse meminta investor untuk mengambil pandangan jangka panjang.

“Bitcoin sekitar dua tahun yang lalu sekarang, bitcoin sekitar USD 8.000. Sekarang di 30.000. Jadi ya, ada kecelakaan dan satu triliun dolar keluar. Tetapi ketika Anda memperkecil sedikit lebih jauh dan melihat tren jangka panjang, saya pikir Anda melihat bahwa kripto akan tetap ada di sini,” kata Garlinghouse.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.