Sukses

Disebut Pusat Kripto, Banyak Pendukung Global Kunjungi Bali

Bali telah menjadi tujuan utama bagi para penggemar kripto dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin banyak pendukung kripto yang datang berbondong-bondong ke resor pantai di Bali untuk mewujudkan fantasi mereka tentang utopia aset digital. 

Menurut laporan Financial Times (FT), Bali telah menjadi tujuan utama bagi para penggemar kripto dunia. Laporan tersebut menggambarkan pengalaman pengusaha blockchain Rusia berusia 33 tahun Ilia Maksimenka, yang pindah ke Indonesia pada 2020 setelah pecahnya Covid-19.

Maksimenka mengatakan mudah untuk bertemu dengan orang internasional yang berpikiran sama di Bali, menyebut wilayah itu sebagai “pusat kripto.” Dia juga mencatat gaya hidup murah dibandingkan dengan sarang teknologi lainnya.

“Ketika Anda datang ke Bali, Anda mungkin memiliki kehidupan 10 kali lebih murah daripada di California. Tetapi Anda memiliki tingkat kenyamanan yang sama dan kualitas makanan yang jauh lebih tinggi. Orang-orang lebih suka datang ke sini dan menjalani kehidupan tropis,” ujar Maksimenka dikutip dari Crypto Globe, Senin (30/5/202). 

Emilio Canessa, seorang warga Italia yang bekerja untuk bisnis blockchain Dfinity, mengatakan itu menjadi bagian normal dari kehidupan Bali untuk melihat Lamborghini diparkir. Dia mengatakan kepada FT orang-orang mulai menyebut pulau itu sebagai "Silicon Bali”. Merujuk pada wilayah Silicon Valley di Amerika Serikat. 

Mengutip data dari bursa kripto Indonesia Tokocrypto, laporan tersebut mengklaim pengguna kripto di Bali telah melonjak menjadi 37.660, naik dari hanya 808 pada awal 2021. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Begini Tanggapan Pelaku Industri Global Terkait Anjloknya Pasar Kripto

Sebelumnya, eksekutif dari industri blockchain dan cryptocurrency mengatakan kehancuran baru-baru ini di pasar koin digital akan membantu menyingkirkan “aktor jahat” dari industri kripto. 

Nilai miliaran dolar telah hilang dari pasar cryptocurrency dalam beberapa minggu terakhir didorong oleh aksi jual saham dan runtuhnya algoritme stablecoin terra USD dan token Luna.

CEO Yayasan Web3, Bertrand Perez mengatakan di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, saat ini kripto berada di pasar beruang dan itu baik karena menyingkirkan orang-orang dengan niat jahat. 

"Kami berada di pasar beruang. Dan saya pikir itu bagus. Itu bagus, karena itu akan membersihkan orang-orang yang ada di sana karena alasan yang buruk. Bagus juga, karena semua proyek itu hilang. Jadi yang sah akan dapat fokus hanya pada pengembangan membangun dan melupakan penilaian token karena semua orang sedang down,” ujar Perez dikutip dari CNBC, Senin, 30 Mei 2022.

Menurutnya, ketika pasar dalam keadaan hijau tidak ada orang yang berpikir untuk membangun, tetapi sebaliknya orang-orang hanya berpikir tentang menghasilkan banyak uang. 

Salah satu pendiri perusahaan blockchain Polygon, Mihailo Bjelic menggemakan sentimen tersebut, menyebut aksi jual cryptocurrency “diperlukan.”

“(Pasar), menurut pendapat pribadi saya, mungkin menjadi sedikit tidak rasional, atau mungkin sedikit ceroboh sampai batas tertentu. Dan ketika saat-saat seperti itu datang, koreksi biasanya diperlukan, dan pada akhirnya sehat,” kata Bjelic.

Aksi jual mata uang digital utama seperti bitcoin dan eter dipicu oleh penurunan yang lebih luas di pasar saham, khususnya sektor teknologi. Penurunan tersebut diperparah oleh stablecoin terra USD kehilangan pasak dolar-nya.

 

3 dari 5 halaman

Keterlibatan Investor Institusi

Investor institusional besar telah terlibat dalam pasar cryptocurrency, dan juga merupakan pendorong utama aksi jual terbaru, menurut presiden pertukaran cryptocurrency FTX AS, Brett Harrison.

Dia mengatakan, ada penurunan yang lebih luas untuk aset berisiko, seperti saham, tetapi itu lebih memengaruhi koin digital daripada di masa lalu karena ada lebih banyak uang institusional.

“Jika orang mencari aset untuk dijual, kripto akan ada dalam daftar,” kata Harrison. 

CEO Ripple, Brad Garlinghouse juga memberikan pandangannya atas runtuhnya pasar kripto. Garlinghouse meminta investor untuk mengambil pandangan jangka panjang.

“Bitcoin sekitar dua tahun yang lalu sekarang, bitcoin sekitar USD 8.000. Sekarang di 30.000. Jadi ya, ada kecelakaan dan satu triliun dolar keluar. Tetapi ketika Anda memperkecil sedikit lebih jauh dan melihat tren jangka panjang, saya pikir Anda melihat bahwa kripto akan tetap ada di sini,” kata Garlinghouse.

4 dari 5 halaman

Firma Hukum Korea Selatan Bakal Tuntut CEO Terraform Do Kwon

Sebelumnya, LKB & Partners, salah satu firma hukum terkemuka di Korea Selatan, telah memutuskan untuk menuntut pendiri dan CEO Terraform Labs Do Kwon setelah tragedi tiba-tiba runtuhnya Terra USD (UST) minggu lalu. 

Menurut sebuah laporan di surat kabar Munhwa Ilbo, menjelaskan LKB akan mengajukan kasus terhadap Do Kwon atas nama warga negara Korea dan investor biasa ke Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, 

Beberapa karyawan LKB juga dapat bergabung dalam kasus ini karena mereka termasuk investor Luna dan UST dan kehilangan uang dalam runtuhnya UST, kata laporan itu.

"Ada investor terkait di dalam firma hukum, dan kami akan mengajukan keluhan terhadap Kwon di Unit Investigasi Keuangan Badan Kepolisian Metropolitan Seoul," ujar mitra di LKB, Kim Hyeon-Kwon, mengatakan kepada Munhwa Ilbo, dikutip dari The Block Crypto, Jumat, 20 Mei 2022.

Selain mengajukan pengaduan polisi, LKB juga telah memutuskan untuk mengajukan perintah lampiran sementara dari properti Kwon untuk menyitanya di Kantor Kejaksaan Distrik Seoul Selatan, menurut laporan tersebut.

Sebuah laporan terpisah dari kantor berita lokal Yonhap mengatakan LKB juga mempertimbangkan untuk menuntut Daniel Shin, salah satu pendiri Terra lainnya. 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Stablecoin algoritmik UST turun tajam minggu lalu ke level di bawah 10 sen, jauh dari target harga USD 1,00. Token asli Terra, Luna, juga mogok dan saat ini diperdagangkan dengan harga sepersekian sen, kehilangan hampir semua nilainya.

Ledakan UST dan Luna telah menyebabkan kerugian puluhan miliar dolar bagi investor, baik ritel maupun institusional. Layanan Keuangan Korea Selatan (FSC) dan Layanan Pengawas Keuangan (FSS) dilaporkan telah meluncurkan "inspeksi darurat" ke bursa kripto lokal untuk meningkatkan perlindungan investor.

Politikus Korea, Yun Chang-Hyun juga dilaporkan menyerukan sidang parlemen di UST untuk memahami penyebab keruntuhan dan langkah-langkah untuk melindungi investor. Chang-Hyun ingin Kwon dan pertukaran kripto lokal menghadiri sidang.

Setelah kekacauan UST, tim hukum internal Terraform telah meninggalkan perusahaan. Perusahaan yang berbasis di Singapura telah beralih ke penasihat luar untuk membantu masalah hukum.

Sementara itu, Terraform berharap untuk mengubah situasi. Kwon telah mempromosikan rencana untuk melakukan fork Terra untuk membuat blockchain baru tetapi komunitas tampaknya menentang gagasan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.