Sukses

Begini Tanggapan Pelaku Industri Global Soal Anjloknya Pasar Kripto

Seorang pelaku industri blockchain sebut turunnya pasar kripto mengusir aktor jahat.

Liputan6.com, Jakarta - Eksekutif dari industri blockchain dan cryptocurrency mengatakan kehancuran baru-baru ini di pasar koin digital akan membantu menyingkirkan “aktor jahat” dari industri kripto. 

Nilai miliaran dolar telah hilang dari pasar cryptocurrency dalam beberapa minggu terakhir didorong oleh aksi jual saham dan runtuhnya algoritme stablecoin terra USD dan token Luna.

CEO Yayasan Web3, Bertrand Perez mengatakan di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, saat ini kripto berada di pasar beruang dan itu baik karena menyingkirkan orang-orang dengan niat jahat. 

"Kami berada di pasar beruang. Dan saya pikir itu bagus. Itu bagus, karena itu akan membersihkan orang-orang yang ada di sana karena alasan yang buruk. Bagus juga, karena semua proyek itu hilang. Jadi yang sah akan dapat fokus hanya pada pengembangan membangun dan melupakan penilaian token karena semua orang sedang down,” ujar Perez dikutip dari CNBC, Senin (30/5/2022). 

Menurutnya, ketika pasar dalam keadaan hijau tidak ada orang yang berpikir untuk membangun, tetapi sebaliknya orang-orang hanya berpikir tentang menghasilkan banyak uang. 

Salah satu pendiri perusahaan blockchain Polygon, Mihailo Bjelic menggemakan sentimen tersebut, menyebut aksi jual cryptocurrency “diperlukan.”

“(Pasar), menurut pendapat pribadi saya, mungkin menjadi sedikit tidak rasional, atau mungkin sedikit ceroboh sampai batas tertentu. Dan ketika saat-saat seperti itu datang, koreksi biasanya diperlukan, dan pada akhirnya sehat,” kata Bjelic.

Aksi jual mata uang digital utama seperti bitcoin dan eter dipicu oleh penurunan yang lebih luas di pasar saham, khususnya sektor teknologi. Penurunan tersebut diperparah oleh stablecoin terra USD kehilangan pasak dolar-nya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keterlibatan Investor Institusi

Investor institusional besar telah terlibat dalam pasar cryptocurrency, dan juga merupakan pendorong utama aksi jual terbaru, menurut presiden pertukaran cryptocurrency FTX AS, Brett Harrison.

Dia mengatakan, ada penurunan yang lebih luas untuk aset berisiko, seperti saham, tetapi itu lebih memengaruhi koin digital daripada di masa lalu karena ada lebih banyak uang institusional.

“Jika orang mencari aset untuk dijual, kripto akan ada dalam daftar,” kata Harrison. 

CEO Ripple, Brad Garlinghouse juga memberikan pandangannya atas runtuhnya pasar kripto. Garlinghouse meminta investor untuk mengambil pandangan jangka panjang.

“Bitcoin sekitar dua tahun yang lalu sekarang, bitcoin sekitar USD 8.000. Sekarang di 30.000. Jadi ya, ada kecelakaan dan satu triliun dolar keluar. Tetapi ketika Anda memperkecil sedikit lebih jauh dan melihat tren jangka panjang, saya pikir Anda melihat bahwa kripto akan tetap ada di sini,” kata Garlinghouse.

3 dari 4 halaman

Mengenal PERP Coin, Kripto Milik Platform DEX Perpetual

Sebelumnya, Perpetual Protocol adalah pertukaran terdesentralisasi atau Decentralized Exchange (DEX) untuk futures di Ethereum dan xDai. Trader dapat melakukan long atau short dengan leverage hingga 10X pada aset yang jumlahnya terus bertambah seperti BTC, ETH, DOT, SNX, YFI, dan lainnya. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Rabu (25/5/2022), perdagangan pada Perpetual adalah non-penahanan, artinya pedagang selalu mempertahankan kepemilikan aset mereka, dan on-chain. Protokol Perpetual menggunakan pembuat pasar otomatis virtual (vAMM), yang menyediakan likuiditas on-chain dengan harga yang dapat diprediksi yang ditetapkan oleh kurva produk yang konstan. 

Lebih jauh lagi, Perpetual Protocol merancang vAMM-nya agar netral terhadap pasar dan dijamin sepenuhnya.

Jaringan Perpetual memiliki token kripto utilitasnya sendiri yang disebut PERP Coin. PERP adalah token utilitas yang memberi insentif dan memfasilitasi tata kelola protokol yang terdesentralisasi.

Visi Protokol Perpetual yang dinyatakan adalah untuk menciptakan platform perdagangan derivatif terdesentralisasi terbaik, paling mudah diakses, dan paling aman di dunia. Dengan membangun proyek DeFi kami dan mengizinkan proyek untuk dibangun di atas Protokol Perpetual, perusahaan menganut etos "DeFi money lego". 

Setelah mencapai sejumlah tonggak dalam peta jalannya, seperti meluncurkan staking pool dan menerapkan limit dan stop-order, Perpetual Protocol berencana untuk memperluas ke rantai lain, memperkenalkan token leverage, dan meluncurkan likuiditas dinamis di poolnya.

4 dari 4 halaman

Pendiri dan Keunikan

Protokol Perpetual diluncurkan oleh Yenfen Weng dan Shao-Kang Lee, dua pengusaha cryptocurrency Taiwan yang sebelumnya telah meluncurkan perusahaan penggajian dan akuntansi untuk startup kripto.

Sebagian besar tim berbasis di Taiwan. Protokol Perpetual didukung oleh banyak investor bereputasi tinggi, seperti Zee Prime Capital, Multiarrows Capital, CMS Holdings, Binance Labs dan Alameda Research, mitra strategis FTX. Dengan dukungan mereka, perusahaan menutup putaran benih yang dipimpin Multicoin Capital seharga USD 1,8 juta pada 2020.

Keunikan Perpetual

Tujuan Protokol Perpetual adalah untuk menciptakan platform perdagangan kontrak abadi yang dapat digunakan siapa saja. Untuk melakukan itu, pengguna harus dapat berdagang dengan likuiditas yang baik dan slippage yang rendah. 

Protokol Perpetual memecahkan ini dengan menggunakan solusi vAMM-nya. Protokol Perpetual tidak mengikuti model buku pesanan biasa dari pertukaran terpusat. Sebaliknya, pedagang berdagang melawan pembuat pasar otomatis virtual, yang likuiditas awalnya diatur oleh operator.

Harga PERP

Berdasarkan data Coinmarketcap, Rabu (25/5/2022), harga PERP adalah Rp 20.473,61 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 1.105.785.984.494.

PERP naik 0,62 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 265 dengan kapitalisasi pasar Rp 1.565.719.520.894. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 76.475.000 PERP dari maksimal suplai tidak tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.