Deretan Kripto Ini Berpotensi Menguat Selama Pekan Terakhir Mei 2022

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 28 Mei 2022, 11:12 WIB
Diperbarui 28 Mei 2022, 11:12 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan pasar kripto tampaknya masih tidak banyak perubahan selama beberapa waktu mendatang. Secara umum, dinamika pasar kripto belum menunjukan penguatan harga, lantaran belum ada sentimen kuat yang mampu mendongkrak nilai transaksi.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan sebagian besar investor masih belum terlalu optimistis terhadap pasar kripto, mengingat ancaman ketidakpastian makroekonomi yang masih membayangi. 

Alhasil pergerakan sejumlah aset kripto terutama yang berkapitalisasi besar atau big cap belum mampu menyentuh level resistance-nya.

"Pelaku pasar sebenarnya belum all out di pasar kripto karena sentimen pasar belum membaik. Mereka tampaknya ragu meramaikan market, setelah melihat nilai indeks Nasdaq yang juga terjun," kata Afid dalam keterangan tertulis dikutip Sabtu (28/5/2022). 

Di tengah kondisi tersebut, Afid menjelaskan ada beberapa kripto yang berpotensi menguat selama pekan terakhir Mei 2022. Adapun deretan kripto-nya sebagai berikut.

1. Kava (KAVA)

Membuka daftar aset kripto berpotensi bullish di pekan terakhir Mei 2022 ini adalah KAVA. Kripto ini sudah lama nyaman dalam daftar bullish, namun apakah akan terus berlanjut? 

Afid, yakin potensi kenaikan harga KAVA masih terus berlanjut. Alasannya, KAVA masih tetap akan meluncurkan mainnet Kava 10 yang digelar 25 Mei ini.

"Sentimen positif KAVA terus menguat. Kemungkinan besar level support KAVA akan meningkat dari USD 2,3 (Rp 33.527) menjadi USD 2,8. KAVA masih dapat bergerak menuju harga sekitar USD 4 atau naik 76 persen dalam beberapa hari ke depan," kata Afid.

2. THORChain (RUNE)

Selanjutnya adalah THORChain yang berpotensi bullish. Token RUNE masih dipengaruhi oleh sentimen positif dari perilisan mainnet yang kemungkinan terjadi pada 31 Mei mendatang.

Berdasarkan analisis teknikalnya, Afid melihat RUNE memang sempat terjadi koreksi harga, tapi, saat ini perlahan bergerak naik. Kemungkinan besar RUNE dapat terus bergerak menuju harga USD 4 atau naik sekitar 50 persen dari harga bawah USD 2,9 dalam beberapa hari ke depan. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


IOTEX hingga FANTOM

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

3. IoTeX (IOTX)

IoTeX (IOTX) sudah dikenal luas di dunia kripto dengan status sebagai aset yang sangat menjanjikan. IoTeX (IOTX) adalah sebuah platform yang menggabungkan teknologi blockchain yang aman dengan Internet of Things (IoT).

Afid menjelaskan IOTX bisa menjadi kripto yang berpotensi bullish pekan ini. Sentimen positif IOTX datang dari perilisan mainnet pada 30 Mei mendatang. Mainnet ini bisa meningkat kecepatan dan transaksi, staking yang didukung melalui protokol web3 hingga peningkatan ketahanan koneksi p2p.

4. Loopring (LRC)

LRC Coin adalah token kripto Loopring berbasis Ethereum, protokol terbuka yang dirancang untuk membangun pertukaran kripto terdesentralisasi. Tujuan Loopring adalah untuk menggabungkan jaringan terpusat dengan penyelesaian pesanan on-blockchain yang terdesentralisasi menjadi produk hybrid.

Afid mengungkap LRC kemungkinan besar akan bullish pada pekan ini. Alasannya kabar GameStop, perusahaan game ritel terbesar di dunia meluncurkan versi beta dompet kripto dan NFT yang menggunakan jaringan Loopring Layer 2. 

5. Fantom (FTM)

Fantom adalah platform smart contract berbasis directed acyclic graph (DAG) dengan kinerja yang tinggi, aman serta skalabilitas tinggi. Sayangnya, dalam dua pekan terakhir ini nilai FTM terus merosot.

Afid melihat nilai FTM yang reli bergerak naik diakibatkan oleh spekulasi tokoh penting dalam Fantom dan Yearn Finance, Andre Cronje yang merupakan arsitek di Fantom Foundation akan kembali aktif proyek DeFi tersebut.


Harga Kripto Sabtu Pagi 28 Mei 2022

Crypto Bitcoin
Perbesar
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya kembali berada di zona merah pada Sabtu pagi (28/5/2022).

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi, 28 Mei 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin  (BTC) merosot 0,66 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga bitcoin masih berada di zona merah dengan susut 1,39 persen. Saat ini, harga bitcoin ditransaksikan di posisi USD 28.787,54 atau setara Rp 418,41 juta (asumsi kurs Rp 14.534 per dolar AS).

Selain bitcoin, ethereum (ETH) juga bergerak di zona merah. Harga ethereum melemah 1,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga ethereum anjlok 10,63 persen. Harga ethereum kini di posisi USD 1.747,15 atau sekitar Rp 25,39 juta.

Kemudian harga BNB menguat 0,72 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BNB naik 0,52 persen. Saat ini, harga BNB di posisi USD 303,59.

Di sisi lain, harga Cardano (ADA) merosot 2,48 persen dalam 24 jam terakhir. Harga Cardano susut 10,32 persen. Harga Cardano berada di posisi USD 0,4613.

 

 


Harga Kripto Lainnya

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sementara itu, Solana juga berada di zona merah. Harga Solana turun 2,24 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga Solana terperosok 14,07 persen. Harga solana kini ditransaksikan di posisi USD 42,29.

Sedangkan harga dogecoin berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga dogecoin melambung 5,57 persen. Dalam sepekan, harga dogecoin merosot 1,09 persen. Kini harga dogecoin ditransaksikan di posisi USD 0,08271.

Di sisi lain, harga XRP berada di zona merah dengan susut 0,83 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga XRP merosot 5,17 persen. Harga XRP kini ditransaksikan di posisi USD 0,3861.

Harga Binance USD (BUSD) melemah tipis 0,13 persen dalam 24 jam terakhir.Dalam sepekan, harga BUSD turun 0,15 persen. Kini harga BUSD berada di posisi USD 0,9991.

Selain itu, harga Tether melemah tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga tether turun 0,01 persen. Saat ini harga tether ditransaksikan di posisi USD 0,9988.

Harga USD Coin menguat 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga USD Coin naik 0,04 persen. Saat ini, harga USD Coin berada di posisi USD 1.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya