Terkuak Alasan Miliarder Bill Gates Ogah Investasi Kripto

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 26 Mei 2022, 18:12 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 18:13 WIB
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Perbesar
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pendiri Microsoft Bill Gates telah menjelaskan mengapa dia tidak memiliki bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Bill Gates berbagi pendapatnya tentang bitcoin dan cryptocurrency dalam sesi Reddit AMA (Ask Me Anything) pada Kamis pekan lalu. 

Salah satu pertanyaan yang diajukan kepadanya adalah “Apa pendapat Anda tentang bitcoin dan cryptocurrency?” 

“Saya tidak memiliki apapun. Saya suka berinvestasi dalam hal-hal yang memiliki hasil yang berharga,” Jawab Gates dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (26/5/2022). 

“Nilai perusahaan didasarkan pada bagaimana mereka membuat produk hebat. Nilai kripto hanyalah apa yang diputuskan oleh orang lain oleh orang lain sehingga tidak menambah masyarakat seperti investasi lainnya,” lanjut Gates. 

Sikap Gates terhadap cryptocurrency menggemakan sikap CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett. Buffet menjelaskan secara rinci mengapa dia tidak akan berinvestasi dalam bitcoin atau cryptocurrency dalam sebuah wawancara awal bulan ini. 

“Itu tidak menghasilkan apa-apa. Apa yang akan saya lakukan dengan itu? Saya harus menjualnya kembali kepada Anda dengan satu atau lain cara. Itu tidak akan melakukan apa-apa,” kata Buffet waktu itu. 

Gates telah lama dikenal menjadi sosok kritikus terhadap Bitcoin dan cryptocurrency. Pada Februari tahun lalu, dia mengatakan dia tidak memiliki bitcoin, menambahkan dia telah mengambil “pandangan netral.” 

 


Dunia Lebih Baik

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Namun, dia juga mengatakan kripto adalah salah satu inovasi teknologi yang dunia akan lebih baik tanpanya. 

“Cara cryptocurrency bekerja hari ini memungkinkan untuk kegiatan kriminal tertentu. Akan lebih baik untuk menyingkirkan itu,” ujar Gates tahun lalu.

Gates juga mengomentari CEO Tesla Elon Musk yang memiliki Bitcoin pada Februari tahun lalu. 

“Elon punya banyak uang, dan dia sangat canggih, jadi saya tidak khawatir bitcoin-nya akan naik atau turun secara acak. Jika Anda memiliki uang lebih sedikit daripada Elon, Anda mungkin harus berhati-hati,” jelas Gates.

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya