Jajaki Bisnis NFT, eBay Luncurkan 13 Koleksi Atlet Hoki Es Wayne Gretzky

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 25 Mei 2022, 16:07 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 16:07 WIB
Program Sekolah NFT untuk Pertama Kali Hadir di Indonesia, Tertarik Daftar?
Perbesar
Pertama di Indonesia, program sekolah NFT bernama IDNFT Academy hadir. (Unsplash/andrey metelev).

Liputan6.com, Jakarta - eBay mengumumkan pada Senin, 23 Mei 2022 untuk meluncurkan 13 koleksi digital edisi terbatas dalam kemitraan dengan platform Web3 OneOf, yang masing-masing berisi rendering animasi 3D dari atlet Hoki, Wayne Gretzky, yang membuat salah satu gerakan khasnya di atas es.

"Empat puluh tahun yang lalu, saya bersyukur berada di sampul Sports Illustrated, itu adalah momen monumental di hidupku," kata Gretzky dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNBC, Rabu (25/5/2022).

"Saya merasa terhormat untuk membawa pengalaman koleksi ini kepada penggemar hoki saya yang telah mengikuti karier saya selama beberapa dekade," lanjut dia. 

Wakil presiden koleksi, elektronik, dan rumah di eBay, Dawn Block mengatakan, NFT dan teknologi blockchain merevolusi ruang koleksi dan semakin dipandang sebagai peluang investasi bagi para penggemar. 

“Melalui kemitraan kami dengan OneOf, eBay kini membuat NFT yang didambakan lebih mudah diakses oleh kolektor generasi baru di mana pun,” kata Block 

OneOf mengklaim sebagai platform NFT “hijau” yang menggunakan teknologi blockchain hemat energi. Proses penambangan cryptocurrency dapat menggunakan sejumlah besar energi, dalam beberapa kasus energi sebanyak seluruh negara. 

OneOf, yang menggunakan jaringan blockchain “proof of stake”, mengklaim menggunakan lebih dari 2 juta kali lebih sedikit energi daripada yang dikenal sebagai jaringan “proof of work”. 

Selain itu, perusahaan yang hingga saat ini berfokus terutama pada bisnis musik mengatakan lebih dari 80 persen koleksi yang ditampilkan di platformnya berasal dari pencipta minoritas dan proyek yang dipimpin wanita.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pakai Aplikasi Belanja

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Perbesar
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Ada 142 juta pembeli eBay di seluruh dunia. eBay adalah pemain terbesar kedua dari Amazon dalam e-commerce. Elektronik dan aksesori adalah kategori perusahaan yang paling populer, yang menarik bagi demografi konsumen yang lebih muda.

Awal bulan ini, eBay membeli 25 persen saham, senilai USD 263 juta atau sekitar Rp 3,9 triliun, di pembuat mainan Funko bersama dengan konsorsium termasuk mantan CEO Disney Bob Iger, agen olahraga Rich Paul dan Chernin Group.

Sekitar sepertiga dari total basis pelanggan eBay menggunakan aplikasi belanja seluler setiap bulan, yang menjadikannya aplikasi belanja terpopuler ketiga di AS setelah Amazon dan Walmart.

Sebagai informasi tambahan, NFT adalah jenis aset digital yang dibuat untuk melacak kepemilikan barang virtual menggunakan teknologi blockchain. Barang-barang unik tersebut bisa berupa karya seni atau kartu perdagangan olahraga. 

Setiap NFT unik dan tidak dapat direplikasi dan menghasilkan nilai secara independen, disimpan dalam dompet digital sebagai barang kolektor.


Jajaki NFT dan Metaverse, David Beckham Daftarkan Merek Dagang

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)
Perbesar
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)

Sebelumnya, mengikuti jejak banyak selebriti, organisasi, dan perusahaan, David Beckham jadi nama terbaru yang membawa mereknya ke metaverse, setelah ia secara resmi mengajukan beberapa merek dagang terkait metaverse dan Non-fungible Token (NFT).

Pesepakbola legendaris itu mengajukan tiga aplikasi merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) pada 19 April, menurut tweet dari pengacara merek dagang, Mike Kondoudis.

“Bintang sepak bola internasional telah mengajukan 3 aplikasi merek dagang yang mengisyaratkan rencana untuk NFT, token digital, pakaian virtual, alas kaki dan tutup kepala, serta pertunjukan virtual dan acara hiburan,” tulis Kondoudis dalam cuitannya, dikutip dari Yahoo Finance, ditulis Minggu (22/5/2022). 

Secara resmi, merek dagang Beckham terdaftar dengan nomor seri 97369672, diajukan oleh DB Ventures Limited yang berbasis di California, perusahaan modal ventura yang dimiliki oleh Beckham. 

DB Ventures adalah perusahaan manajemen merek global David Beckham. Tahun ini, Beckham menjual 55 persen saham DB Ventures ke Authentic Brands Group (ABG), konglomerat ritel dan hiburan.

Authentic Brands Group memiliki Forever 21 dan Barneys New York dan juga hak atas Elvis Presley dan Shaquille O'Neal.

Pada Maret, David Beckham menjadi duta merek DigitalBits, protokol blockchain lapisan satu yang memungkinkan tokenisasi aset, termasuk NFT. Melalui Twitter, DigitalBits merilis video pendek untuk memperingati kepergian Beckham ke metaverse.

Beckham tidak sendirian dalam memasuki ruang digital sebagai brand ambassador. Berita bulan lalu bertepatan dengan juara grand slam tenis Naomi Osaka menjadi brand ambassador untuk FTX.

Kesepakatan sponsorship juga meningkat, dengan Binance menjadi sponsor tim sepak bola nasional Argentina dan Crypto.com mensponsori tim sepak bola wanita profesional AS Angel FC.


Spotify Uji Coba Galeri NFT pada Laman Artis

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Perbesar
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Selain lagu dan daftar putar terbaru, musisi dapat menggunakan halaman profil artis Spotify untuk mempromosikan merchandise dan tanggal konser. Tak hanya itu, mereka mungkin dapat menggunakan halaman tersebut untuk mempromosikan NFT juga. 

Seperti yang pertama kali dilaporkan oleh Music Ally, Spotify telah mulai menguji galeri NFT. Fitur ini tersedia untuk sekelompok pengguna AS tertentu di Android dan termasuk penggemar Web3 seperti Steve Aoki.

Jika memiliki akses dalam fase uji coba ini, pengguna dapat melihat galeri dengan mengunjungi salah satu halaman artis yang disertakan dan menggulir melewati daftar lagu. 

Ketika mengetuk NFT memungkinkan pengguna untuk melihat versi yang lebih besar dari foto NFT tersebut dan deskripsi singkat. Kemudian ada opsi “See More” mengarahkan pengguna ke halaman daftar OpenSea NFT tempat orang dapat membeli NFT. Menurut Music Ally, Spotify tidak mengumpulkan komisi penjualan yang membantu memfasilitasi selama pengujian.

"Spotify sedang menjalankan tes di mana itu akan membantu sekelompok kecil artis mempromosikan penawaran NFT pihak ketiga yang ada melalui profil artis mereka,” kata Spotify, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (17/5/2022). 

“Kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman artis dan penggemar. Beberapa dari tes tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran yang penting,” lanjut pengumuman Spotify.

Tes ini dilakukan saat platform utama lainnya seperti Instagram menggabungkan fitur NFT mereka sendiri.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya