Sejumlah Eksekutif Sektor Kripto Hadiri Acara di Davos

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 25 Mei 2022, 13:12 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 13:12 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai eksekutif dari sektor kripto telah menghadiri pertemuan tahunan para pemimpin bisnis dan politisi di resor Alpen Swiss, berusaha untuk mendorong adopsi lebih cepat dari teknologi mereka, yang sebagian besar tidak diatur.

Kios pizza bitcoin gratis dan "Liquidity Lounge" termasuk di antara suguhan yang ditawarkan untuk peserta pada pertemuan tahun ini di Davos, di mana perusahaan blockchain dan cryptocurrency telah mengambil alih jalan utamanya, meskipun ada penurunan nilai koin digital baru-baru ini.

Penonjolan kerumunan kripto di Davos, di sela-sela acara utama, datang ketika cryptocurrency kehilangan nilai pasar USD 800 miliar atau sekitar Rp 11.718 triliun awal bulan ini.

Trader kecil telah berbondong-bondong masuk ke kripto dengan harapan pengembalian cepat, meskipun ada peringatan dari regulator aset yang muncul bisa berisiko tinggi. Luna, hingga saat ini koin digital terbesar kedelapan dan didukung oleh investor kripto institusional, telah kehilangan hampir semua nilainya.

CEO dan salah satu pendiri Circle Internet Financial, Jeremy Allaire yang stablecoin USDC-nya dipatok ke dolar AS juga turut mengomentari tentang runtuhnya Luna dan UST.

"Yang mengejutkan saya adalah seberapa cepat itu benar-benar meledak menjadi tidak ada. Untuk melihat sesuatu yang tampak seperti persaingan pertumbuhan tinggi yang nyata benar-benar meledak menjadi nol dalam 72 jam, saya belum pernah melihat yang seperti itu," ujar Allaire dikutip dari Channel News Asia, Rabu (25/5/2022). 

Tetapi kerugian baru-baru ini tidak menghalangi rencana perusahaan kripto untuk memamerkan produk dan layanan mereka. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bangun Hubungan dan Jaringan

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Securrency Inc, infrastruktur pasar digital yang didukung oleh Abu Dhabi, datang ke Davos untuk pertama kalinya tahun ini "untuk membangun hubungan dan jaringan" dan menunjukkan bagaimana hal itu dapat menjembatani teknologi baru dan keuangan tradisional.

Perusahaan telah menyiapkan agenda panel mata uang digitalnya sendiri, dengan gaya Forum Ekonomi Dunia, tepat di luar barisan keamanan untuk pusat konferensi utama.

World Economy Forum (WEF), yang biasanya melayani elit keuangan termasuk bank-bank besar seperti Citigroup hingga Credit Suisse, memegang panel tentang jejak karbon dan masa depan mata uang kripto dan satu panel tentang keuangan terdesentralisasi.

Kepala strategi di jejaring sosial Hub Culture, Stan Stalnacker yang juga mengoperasikan mata uang digital, merujuk pada kehadiran kripto di konferensi dan di sela-selanya. Stalnacker memperkirakan sekitar 50 persen dari etalase kota telah ditempati oleh perusahaan blockchain atau cryptocurrency selama acara berlangsung.


Harga Kripto Rabu Pagi 25 Mei 2022

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang beragam pada Rabu pagi, 25 Mei 2022. Namun, mayoritas kripto jajaran teratas masih berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (25/5/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 0,68 persen dalam 24 jam tetapi masih melemah 3,00 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 29.573,57 per koin atau setara Rp 432,8 juta (asumsi kurs Rp 14.635 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 1,02 persen dan 4,97 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.977,19 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin masih menguat sejak kemarin. Dalam 24 jam terakhir BNB meroket tipis 0,95 persen dan 7,65 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 328,14 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) juga masih melemah pagi ini. Dalam satu hari terakhir ADA merosot 1,13 persen dan 9,89 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5198 per koin.

 


Harga Kripto Lainnya

Aset Kripto
Perbesar
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Adapun Solana (SOL) juga masih berada di zona merah. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 1,68 persen dan 11,95 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 49,68 per koin.

XRP juga masih merosot hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP ambles 1,12 persen dan 6,36 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4098 per koin. 

Nasib Terra (LUNA) masih mengkhawatirkan. LUNA masih melemah setelah beberapa hari sebelumnya sempat menguat. LUNA merosot 4,54 persen dalam 24 jam terakhir dan 12,68  persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 0,0001605 per koin.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat, 0,01 persen dan 0,03 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9991. Sedangkan USDC  dihargai USD 1,00.

Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini harga BUSD turun sedikit di level USD 0,9992 per koinnya. 

Sedangkan Stablecoin Terra, Terra USD (UST) menguat 0,24 persen dalam 24 jam terakhir. Membuat harganya berada di level USD 0,06584.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya