Sukses

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde Sebut Kripto Tak Bernilai Sama Sekali

Hal itu dia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan acara bincang-bincang Belanda “College Tour”.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde baru-baru ini membagikan pandangannya terhadap cryptocurrency. Lagarde secara terbuka mengatakan, dirinya berpikir cryptocurrency tidak bernilai sepeser pun.

Hal itu Christine Lagardesampaikan dalam sebuah wawancara dengan acara bincang-bincang Belanda “College Tour” yang ditayangkan pada Minggu waktu setempat. 

"Penilaian saya yang sangat rendah hati adalah bahwa itu tidak ada artinya. Itu tidak didasarkan pada apa pun. Tidak ada aset yang mendasari untuk bertindak sebagai jangkar keamanan,” kata Lagarde dikutip dari CNBC, Selasa (24/5/2022). 

Lagarde meminta pembuat kebijakan global untuk menerapkan aturan untuk melindungi investor yang tidak berpengalaman yang membuat taruhan besar pada kripto. 

Cryptocurrency telah jatuh di seluruh papan tahun ini, dengan bitcoin, kripto terbesar di dunia menghapus lebih dari setengah nilainya sejak tertinggi sepanjang masa pada November tahun lalu. 

“Saya prihatin dengan orang-orang yang berpikir itu akan menjadi hadiah, yang tidak memahami risikonya, siapa yang akan kehilangan semuanya, dan siapa yang akan sangat kecewa, itulah sebabnya saya percaya itu harus diatur,” ujar Lagarde. 

Salah satu penonton acara mengatakan mereka kehilangan 7.000 euro (USD 7.469) atau sekitar Rp 109,4 juta setelah membeli token Cardano. Hal tersebut kemudian ditanggapi Lagarde dengan kalimat “Itu menyakitkan”.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Euro Digital

Skeptisisme mantan kepala Dana Moneter Internasional itu terhadap cryptocurrency bukanlah hal baru. Dia sebelumnya menyatakan keprihatinan tentang dampak lingkungan dari mata uang digital, serta potensi penggunaannya dalam pencucian uang dan penghindaran sanksi.

Komentar terbarunya tiba pada saat pengawasan ketat terhadap pasar kripto karena regulator bereaksi terhadap dampak dari runtuhnya Terra USD, yang disebut stablecoin kontroversial yang dimaksudkan untuk selalu bernilai USD 1,00.

Beberapa bank sentral sedang mengerjakan alternatif virtual mereka sendiri untuk uang tunai sebagai tanggapan terhadap pertumbuhan mata uang digital yang cepat. ECB menjadi salah satunya. Euro digital akan “sangat berbeda” dari cryptocurrency pribadi, kata Lagarde.

3 dari 4 halaman

Luna dan UST Jeblok, Penulis Ini Setuju Kebijakan China Larang Kripto

Sebelumnya, seorang penulis yang menulis untuk publikasi yang didukung negara China, Economic Daily, berpendapat jatuhnya LUNA dan de-pegging stablecoin UST membenarkan keputusan negaranya untuk memblokir atau melarang aktivitas terkait mata uang virtual.

Sang penulis, Li Hualin, juga mengklaim tindakan tegas dan tepat waktu China membantu "memadamkan api virtual' spekulasi mata uang virtual dan menempatkan perlindungan di dompet investor.

Dilansir Bitcoin.com, Rabu, 18 Mei 2022, masalah token asli Terra blockchain, LUNA dimulai setelah proyek jaringan lainnya, stablecoin algoritmik UST, kehilangan pasaknya terhadap dolar AS. 

Upaya awal untuk menyelamatkan stablecoin mempercepat penurunan token asli dari harga lebih dari USD 87,00 atau sekitar Rp 1,2 juta pada 4 Mei 2022, ke harga saat ini hanya di bawah USD 0,0003.

Sementara beberapa ahli kripto telah menyalahkan jatuhnya token pada tindakan pemimpin proyek, Do Kwon, dalam opininya, Hualin tampaknya mengaitkan penurunan token terutama dengan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS. Menjelaskan bagaimana kenaikan suku bunga menyebabkan token anjlok.

“Sejak awal tahun ini, Federal Reserve telah meluncurkan siklus kenaikan suku bunga, dan likuiditas global semakin ketat. Terutama pada awal Mei, Federal Reserve menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin sekaligus, yang berdampak negatif pada modal dan sentimen pasar, dan mata uang virtual adalah yang pertama menanggung beban,” tulis Hualin.

4 dari 4 halaman

Mata Uang Virtual dan Hukum Tiongkok

Setelah jatuhnya dua token Terra, beberapa di dalam komunitas kripto masih mencoba untuk mengumpulkan apa yang mungkin menyebabkan keruntuhan spektakuler ini.

Hualin mengklaim dalam artikel itu keterlibatan raksasa investasi di pasar kripto dapat menyebabkan fluktuasi nilai mata uang yang hebat, memicu sejumlah besar aksi jual.

Hualin juga menegaskan transaksi mata uang virtual tidak dilindungi oleh hukum Tiongkok. Komentar ini tampaknya bertentangan dengan keputusan Pengadilan Tinggi Shanghai baru-baru ini yang menegaskan Bitcoin sebagai aset virtual yang dilindungi oleh hukum Tiongkok.

Penulis mengakhiri artikel dengan mendesak investor untuk tetap rasional, segera menghilangkan keserakahan perburuan bawah dan menjadi kaya dalam semalam, dan menjauh dari spekulasi perdagangan terkait.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.