Sukses

Nissan dan Toyota Jajaki Metaverse Pakai Dua Pendekatan Berbeda

Liputan6.com, Jakarta - Produsen mobil Asia, Nissan dan Toyota, memasuki metaverse, menciptakan kantor dan acara virtual baru untuk komunitas. Bermain-main dengan Metaverse telah menjadi tren di antara merek dan perusahaan besar. Kali ini, telah menarik perhatian dua produsen mobil terbesar di dunia, Nissan dan Toyota.

Pada akhir April, pembuat mobil Jepang Nissan dan Toyota mengumumkan masuknya mereka ke Metaverse untuk menawarkan pengalaman virtual baru kepada penggunanya, menyelenggarakan acara digital dan membangun kantor layanan pelanggan virtual.

Menurut surat kabar Jepang Nikkei Asia, kedua perusahaan berusaha berinovasi di Metaverse, menawarkan pameran imersif mobil mereka melalui penggunaan virtual reality (VR), semua ini berkat kemitraan mereka dengan startup pengembang video game VRChat.

Nissan akan fokus menciptakan ruang virtual reality untuk pelanggannya. Sebaliknya, Toyota akan fokus pada lingkungan kerja jarak jauh, menciptakan kantor untuk personelnya, di mana mereka dapat mendiskusikan perkembangan teknis melalui penggunaan avatar mereka.

Dengan kata lain, sekarang, beberapa rapat kerja Toyota tidak akan bersifat fisik tetapi di Metaverse. Menurut perwakilan perusahaan, pembukaan area kerja baru ini akibat masalah yang ditimbulkan oleh COVID-19.

"Karena semakin banyak orang yang bekerja dari rumah karena virus corona, kami menawarkan karyawan muda dan opsi komunikasi lainnya di dalam perusahaan," pernyataan Toyota, dikutip dari CryptoPotato, ditulis Kamis (5/5/2022). 

Untuk saat ini, Nissan dan Toyota tidak secara resmi menginformasikan di Metaverse mana mereka akan meluncurkan kantor baru mereka, sehingga orang harus menunggu untuk mengetahui apakah akan memilih yang terpusat seperti Meta atau yang terdesentralisasi seperti Decentraland.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Otomotif Berkembang ke Dunia Digital

Nissan dan Toyota bukanlah merek atau perusahaan otomotif pertama yang berinovasi dalam tren baru Metaverse ini. 

Perusahaan lain, seperti Volkswagen dan Mercedes Benz, meluncurkan kampanye pada awal April untuk mempromosikan entri mereka ke Metaverse, memberikan hadiah seperti PS5 terbaru dan pelajaran mengemudi lanjutan di salah satu akademi Volkswagen.

Direktur pemasaran untuk Kendaraan Penumpang Volkswagen, Bridget Harpur, mengatakan "alam semesta baru" yang ditawarkan oleh metaverse ini "membuat dampak luar biasa pada konsumen," sehingga mereka kemungkinan akan terus menciptakan acara dan pengalaman baru untuk pengguna dan basis penggemar mereka.

Selain itu, pembuat mobil mewah lainnya seperti Ferrari belum secara resmi memasuki Metaverse tetapi sudah berkecimpung dalam menciptakan NFT, bergandengan tangan dengan perusahaan blockchain seperti Velas Network.

Hal Ini berarti menunjukkan sedikit demi sedikit sebagian besar perusahaan otomotif besar bertaruh pada teknologi di balik cryptocurrency.

3 dari 4 halaman

Samsung Suntik Dana Startup Metaverse Korea Selatan Rp 362 Miliar

Sebelumnya, perusahaan pembuat elektronik dan smartphone Korea Selatan, Samsung dilaporkan telah berpartisipasi dalam pendanaan Seri A yang mengumpulkan USD 25 juta atau sekitar Rp 362,4 miliar untuk startup metaverse yang berbasis di Korea Selatan, Doubleme.

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu, 4 Mei 2022, putaran pendanaan ini dipimpin oleh Coentry Investment dan NH Investment. Menurut laporan Techinasia, startup, yang didirikan pada 2015 oleh Albert Kim, Michael Kuczynski, dan Heeyoung Kim, akan menggunakan dana yang terkumpul untuk pengembangan produk, pemasaran, dan tujuan perekrutan.

Doubleme juga bertujuan untuk meluncurkan platform metaverse Twin World secara komersial yang mendukung perangkat realitas buatan di akhir tahun, tambah laporan itu.

Twin World, yang diluncurkan pada November 2020, memungkinkan pengguna untuk menciptakan pengalaman realitas buatan di lokasi fisik mana pun. Sejak diluncurkan, platform ini telah menghasilkan pendapatan sekitar USD 4,5 juta dari pelanggan berbayarnya yang tersebar di 17 kota.

Sebelum putaran pendanaan terakhir, Doubleme sebelumnya telah mengumpulkan USD 1 juta dalam pendanaan awal. Selain itu, startup tersebut juga telah menerima hibah sebesar USD 16 juta dari pemerintah Korea Selatan dan Inggris.

Samsung sendiri telah menggandakan konsep metaverse dan NFT selama beberapa waktu. Pada akhir Maret, Samsung bermitra dengan Nifty Gateway untuk mengintegrasikan teknologi NFT ke dalam jajaran produk televisi pintar perusahaan.

Selama minggu pertama Januari, Samsung meluncurkan versi virtual toko elektronik perusahaan di dunia metaverse Decentraland.

 

4 dari 4 halaman

Optik Seis Beli Tanah di Metaverse Sandbox

Sebelumnya, Metaverse menjadi salah satu pembahasan yang menarik di berbagai belahan dunia, bahkan banyak perusahaan besar di dunia mulai melangkah untuk memasuki dunia metaverse.

Metaverse adalah realitas campuran yang terdiri dari kombinasi teknologi dan tren seperti Virtual Reality (VR), head-mounted display (HMDs), Internet of Things (IoT), cloud augmented reality (AR), kecerdasan buatan (AI), dan teknologi lainnya.

Saat ini bertambah satu lagi merek ternama yang terkenal di Indonesia yaitu Optik Seis yang ikut mengembangkan sayap bisnisnya ke dunia metaverse.

Berdasarkan pengumuman di situs resmi perusahaan, Optik Seis telah membeli tanah atau land di salah satu metaverse populer global yaitu SandBox.

Sandbox memberikan pengalaman bermain dalam dunia virtual di mana individu bebas memasuki aktivitas yang diinginkan. Dalam Sandbox, setiap petak dari petanya dibagi menjadi kotak-kotak bernama LAND. Setiap LAND berisikan aktivitas dan mode permainan yang dibentuk sesuai yang membuatnya. The Sandbox juga telah bermitra dengan lebih dari 165 brand.

Director Optik Seis, Rudhy Buntaram mengatakan Optik Seis ingin memberikan pengalaman kepada masyarakat Indonesia dan memberikan inspirasi kepada perusahaan retail Indonesia.

“Optik Seis ingin memberikan pengalaman kepada khususnya masyarakat Indonesia dan memberikan inspirasi kepada perusahaan retail Indonesia lainnya untuk bisa hadir di Sandbox dan bisa berpartisipasi untuk memberikan konten kreatif serta melakukan transaksi digital di metaverse seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan lain seperti Adidas,” ujar Rudhy dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu, 23 April 2022.

Salah satu alasan, Optik Seis memutuskan untuk membeli land di SandBox karena masa depan Sandbox cukup menjanjikan untuk brand Lifestyle, terbukti dengan masuknya brand besar seperti GUCCI, Adidas, The Smurf, Care Bears dan para artis global seperti Snoop Dogg.

Tak dipungkiri, metaverse sangat menarik minat merek besar untuk mengembangkan bisnisnya. Pemerhati Budaya dan Komunikasi Digital, Firman Kurniawan menjelaskan, metaverse akan memiliki perkembangan ekonomi yang tinggi sehingga menarik minat perusahaan untuk masuk ke dunia metaverse.

"Menurut lembaga survei Bloomberg, nilai ekonomi Metaverse pada 2030 bisa sampai USD 800 milar dan akan berkembang mencapai USD 2.500 triliun di 2045,” kata Firman kepada Liputan6.com, 18 Februari 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.